Trend YouTube Terbesar di 2023 yang Perlu Creator Tahu!

youtube trend 2023

YouTube adalah platform media sosial yang hampir semua orang gunakan. YouTube juga menjadi wadah seseorang untuk berkarya dan mengembangkan karyanya. 

Hampir tidak pernah sepi peminat, apakah kamu tahu, trend apa saja yang akan berlangsung di YouTube di tahun 2023 ini?

Untuk menemukan jawabannya, Socilaights telah merangkum serba serbi trend YouTube di tahun 2023. Simak sampai akhir, ya!

1. YouTube Shorts

YouTube meluncurkan fitur Shorts untuk bersaing dengan kepopuleran aplikasi TikTok dan fitur Instagram Reels. Sejak kehadiran keduanya, YouTube mendorong format video vertikal bentuk pendek ini dengan engagement yang cukup bagus.

Pada tahun 2022 silam, video YouTube Shorts mencapai 15 miliar penayangan setiap hari.

Bagi kreator, Shorts telah menjadi peluang yang solid untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dan sepanjang tahun 2020 hingga 2021, YouTube mempertahankan pendanaan di fitur Shorts senilai 100 Juta Dolar, yang memberi penghargaan kepada pembuat video Shorts yang viral.

2. Travel Vlog

Travel vlog adalah konten yang selalu populer di YouTube. Banyak pengguna yang menjadikan travel vlog sebagai sarana ‘jalan-jalan virtual’. 

Di Indonesia sendiri, ada banyak YouTuber yang terkenal dengan konten jalan-jalannya. Salah satunya adalah Arief Muhammad. Konten TRAVEL VLOGGG Arief yang terbaru adalah series jalan-jalannya ke Swiss. Kamu sudah nonton belum?

3. YouTube Live

Pendekatan kreator yang bisa dilakukan untuk membangun interaksi dengan followersnya adalah melakukan siaran langsung. Platform YouTube juga memiliki fitur siaran langsung bernama YouTube Live Streaming.

Selain berinteraksi dengan subscriber, fitur Live Streaming dari YouTube juga sering dimanfaatkan sebagai media diselenggarakannya konser online dan konser akhir tahun. Belum lama ini, boyband, girlband serta solois asal SM Entertainment melakukan konser online yang disiarkan di YouTube Live Streaming bertajuk SM Town Live 2022: SMCU Express at Kwangya.

SM Town Live 2022: SMCU Express at Kwangya

4. YouTube Search Engine 

YouTube adalah situs web terbesar kedua di dunia, setelah perusahaan induknya, Google. Oleh karena itu, ada lebih banyak perusahaan dan konten kreator profesional melihatnya sebagai ‘search engine’, atau mengoptimalkan video YouTube untuk SEO.

Di situlah letak uangnya, dimana 45% pemasar membelanjakan lebih banyak di YouTube daripada saluran lainnya. Teknologi ini biasanya dimanfaatkan untuk sarana periklanan.

5. Konten Gaming

Topik gaming menjadi salah satu tema yang banyak dicari oleh pengguna YouTube. Kepopuleran streaming gaming juga sudah terjadi sejak tahun 2017-an.

Pengguna YouTube biasanya mencari konten gaming untuk mengetahui ulasan mengenai game atau mencari tahu elemen untuk pertandingan. 

Baca Juga: Ide Konten YouTube Populer

6. Konten ASMR  

Perlu diketahui, YouTube telah menjadi tempat bagi banyak orang untuk mencari hiburan karena praktis dan bisa diakses dimana saja.

Salah konten yang bisa bikin kamu relax saat penat adalah konten ASMR. Konten ini akan menyajikan kamu suara dengan desibel tertentu yang dapat menenangkan pikiran melalui variasi suara yang tenang.

Dan yang menarik, beberapa konten ASMR bisa dibuat tanpa menunjukkan wajah, sehingga cocok untuk kamu yang ingin membuat konten di YouTube namun malu untuk menunjukkan diri. Tertarik mencoba?

7. Menyambungkan YouTube dengan TV

Menyambungkan konten YouTube dengan TV adalah tren YouTube yang sudah lama terjadi. Namun, streaming video YouTube di layar besar diprediksi akan meningkat pada tahun 2023. 

Di tahun 2022, penayangan YouTube di saluran TV tercatat sebesar 36,4%. Dan selama 2023 ini, penayangan streaming YouTube yang terhubung di TV akan meningkat menjadi 40% menurut Tubefilter.

Itulah 7 trend YouTube di tahun 2023 yang bisa kamu manfaatkan. Sudah coba?

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts