Youtube Shorts, Fitur Video Pendek Terbaru dari Youtube

Sukses dengan platform video berdurasi panjang, Youtube mengeluarkan fitur terbaru yang memungkinkan kreator membuat video pendek. Fitur tersebut bernama Youtube Shorts.

Video kini menjadi sebuah sumber media hiburan favorit masyarakat. Melalui tayangan pada video, kita tak hanya terhibur secara visual, tetapi juga melalui suara dan pergerakan. Perpaduan di antara ketiga hal itu lah yang kemudian membuat hiburan dalam bentuk video semakin menarik di kalangan para netizen.

Tingginya minat masyarakat pada hiburan dalam bentuk video, khususnya video pendek, membuat media sosial kini berlomba-lomba menyajikan fitur video pendek dalam platform mereka.

Mulai dari TikTok, kemudian Reels milik Instagram, dan kini yang terbaru dari si merah YouTube, dengan nama YouTube Shorts. 

Hmm.. tapi kira-kira apa sih itu YouTube Shorts, apa saja keunggulan dan perbedaan dari YouTube Shorts dengan fitur video pendek milik platform lain, dan bagaimana cara penggunaannya? Ayo temukan jawabannya di artikel berikut!

Apa itu YouTube Shorts?

Yup, YouTube Shorts adalah sebuah fitur video pendek berdurasi 15-60 detik milik Youtube. Melalui YouTube Shorts, Youtube memudahkan kreator dalam membuat konten serta berkreasi melalui fitur video yang mobile friendly.  

Sama halnya seperti Reels dan TikTok, YouTube Shorts memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek menggunakan latar, filter, teks, dan caption dalam format vertikal. Tambah lagi, di Shorts YouTube sudah menyediakan satu laman sendiri seperti beranda FYP di TikTok untuk memudahkan para pengguna menikmati berbagai tayangan video yang diunggah dari seluruh penjuru dunia. 

Beauty Creator on TikTok

Pada YouTube Shorts, pengguna tak hanya bisa menonton tayangan video yang tersedia, tetapi juga memberikan reaksi pada video tersebut, seperti like, dislike, comment, share, dan subscribe

Menarik sekali bukan? Dengan menjadi kreator di YouTube Shorts, kamu bisa sekaligus meningkatkan traffic dan subscribers baru di YouTube-mu, lho! 100% worth to try nih, Socialty!

Untuk Socialty pengguna Android, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi YouTube versi 16.28.36 untuk dapat menikmati fitur ini di smartphone-mu.

Fitur-fitur di YouTube Shorts

Hampir serupa dengan TikTok dan Reels, berikut adalah sejumlah fitur utama yang tersedia di YouTube Shorts:

1. Timer

Terkadang kamu membutuhkan waktu untuk bersiap sebelum memulai take pada video, oleh karena itu Shorts menyajikan fitur timer yang memberikan kamu jeda 3-20 detik sebelum proses perekaman video dimulai.

2. Kecepatan Video 

Untuk memaksimalkan kreasi pengguna dalam membuat video, Shorts menyajikan fitur yang dapat mengatur kecepatan video, baik itu dipercepat ataupun diperlambat. 

Untuk mode diperlambat, pengguna dapat merubah kecepatan hingga 0,3x lipat dari ritme awal. Sedangkan untuk mode dipercepat, pengguna dapat merubah kecepatan video hingga 3x lipat dari ritme tayangan normal.

3. Undo & Redo

Unik! Di YouTube Shorts kamu dapat merubah hasil edit sebelumnya atau mengembalikan hasil edit yang telah hilang dengan menggunakan fitur Undo dan Redo seperti yang tersedia saat kamu mengetik di laptop. Penting banget nih!

4. Filter

Untuk meningkatkan daya tarik pada video yang dibuat, kamu dapat memanfaatkan fitur filter yang tersedia lebih dari 10 jenis untuk diaplikasikan pada video yang kamu buat. Menarik sekali ya!

5. Teks

Terkadang kita memerlukan tambahan teks untuk disematkan ke dalam video guna mempermudah pengguna memahami isi atau deskripsi tambahan terkait konten yang kita buat. Selain itu, melalui fitur ini kamu juga dapat mengatur waktu kapan teks tersebut akan muncul atau hilang. 

6. Sound/Music

Keunggulan utama dari sebuah video adalah kamu bisa mendengar suara dari perangkatmu. Dengan menggunakan fitur ini, Socialty dapat meningkatkan keunikan dan daya tarik video dengan menambahkan lagu atau suara tertentu ke dalam video sesuai dengan kebutuhan dan isi konten. 

Cara Menggunakan YouTube Shorts

Nah, setelah membaca penjelasan seputar YouTube Shorts tadi, kamu pasti tertarik untuk mencobanya kan? Langsung ikuti langkah-langkah berikut untuk hasilkan video Shorts pertamamu!

  1. Buka aplikasi YouTube yang tersedia di handphone
  2. Klik menu ‘Shorts’ yang tersedia di sisi tengah bawah layar yang berada di antara menu ‘Home’ dan ikon ‘+’.
  3. Tiba di beranda, kamu dapat scroll ke bawah untuk menyaksikan sejumlah video dari kreator lain
  4. Apabila ingin membuat video, kamu bisa klik gambar kamera yang tersedia di sudut kanan atas layar
  5. Tekan tombol merah untuk mulai merekam secara langsung
  6. Tekan gambar galeri yang tersedia di sisi kiri bawah layar untuk mengunggah video yang berasal dari galeri handphone-mu
  7. Klik tanda centang apabila kamu merasa sudah cukup puas dengan video yang akan kamu unggah
  8. Masuk ke proses editing, kamu dapat menggunakan sejumlah pilihan yang tersedia untuk mengedit video yang telah kamu buat, mulai dari menambahkan lagu, teks, dan deskripsi video
  9. Pilih opsi upload untuk segera mengunggah video Shorts pertama mu
  10. All done!

Menghasilkan Uang dari Youtube Shorts

Seperti video Youtube biasa, melalui fitur ini kamu tetap bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Menarik, bukan? Youtube Shorts memfasilitasi pendanaan bagi para kreator tanpa harus mengikuti partnet Youtube.

Pendanaan ini merupakan pendanaan sebesar US$100 kepada kreator yang telah memenuhi syarat. Program ini berlaku mulai dari tahun 2021 – 2022. Setiap bulannya, kamu bisa mendapatkan bonus Shorts dari US$100 – US$10.000, loh!

Besaran uang yang dari program ini berdasarkan metrik performa, seperti jumlah penayangan video dan wilayah penonton video Shorts kamu berasal. Kreator yang membuat video secara otentik bisa menerima bonus pendanaan ini, meski tidak tergabung dalam program Partner Youtube.

Nantinya, Youtube akan melihat semua performa Shorts kamu setiap bulannya. Jadi, bukan saat video tersebut diupload ya!

Persyaratan Mendapat Pendanaan Shorts

Nah, untuk mendapatkan pendanaan dari fitu Shorts ini, kamu perlu memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Syarat-syarat tersebut dapat kamu simak berikut ini:

  1. Sudah pernah mengupload video Shorts ke platform Youtube dalam 180 hari terakhir.
  2. Konten harus mematuhi pedoman komunitas, hak cipta, dan monetisasi.
  3. Konten yang memiliki watermark atau konten yang diupload ulang tidak akan mendapatkan hitungan pendanaan.
  4. Kamu harus berada di negara yang memenuhi syarat untuk mengupload konten Shorts.
  5. Berusia di atas usia minimum untuk mengelola akun Google sendiri.

Apabila syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa memperhatikan langkah berikutnya untuk mendapatkan bonus pendanaan dari video Shorts.

  1. Melakukan klaim bonus Shorts. Kamu akan mendapatkan email dan notifikasi Youtube setiap tanggal 8-10 setiap bulannya. Bonus akan hangus pada tanggal 25 kalau tidak di klaim.
  2. Untuk mendapat bonus, kamu perlu menerima persyaratan dan menautkan AdSense ke channel Youtube.
  3. Terdapat email konfirmasi yang akan dikirimkan apakah bonus sudah di klaim atau belum. Pembayaran dilakukan pada tanggal 21 – 26 di bulan berikutnya.

Nah, itu dia semua hal yang sudah kamu ketahui tentang YouTube Shorts. Gimana, menarik kan? Ayo tunggu apa lagi, coba pakai YouTube Shorts sekarang untuk terus tingkatkan performa akun YouTube-mu!

Kalau kamu tertarik mengetahui informasi lebih banyak seputar media sosial, konten, dan hal-hal lain di antaranya, kamu wajib download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Coba sekarang!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!