Youtube Kreator Studio, Aplikasi Kelola Channel Youtube!

Menjadi seorang konten kreator dan berkarya lewat Youtube bukanlah hanya sekadar membuat video dan mengunggahnya. Selain memanfaatkan kreativitas dalam berkarya, seorang kreator Youtube perlu memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Salah satunya beradaptasi dalam menggunakan platform kelola channel dari Youtube. Platform ini bernama Youtube Kreator Studio.

Memahami berbagai tool yang digunakan dalam produksi video atau pemantauan channel sangat penting. Pasalnya, dengan memahami tool tersebut akan memudahkan kamu dalam mengelola channel Youtube. Oleh karena itu, yuk kenali Youtube Kreator Studio atau Youtube Studio untuk memudahkan kamu dalam berkarya di Youtube.

Apa Itu Youtube Kreator Studio?

Youtube Kreator Studio atau Youtube Studio merupakan platform yang disediakan oleh Youtube untuk membantu kreator atau Youtuber dalam mengelola channelnya. Tidak sekadar mengelola channel, Youtube Studio pun membantu kreator dalam mengembangkan channel, berinteraksi dengan audiens, hingga menambah penghasilan di platform Youtube.

Fungsi Fitur Youtube Studio bagi Kreator

menu bar youtube studio

Fungsi utama dari Youtube Studio ialah membantu kreator dalam mengelola channel Youtubenya. Di dalamnya terdapat beberapa fitur yang bisa kamu fungsikan untuk mengembangkan channel menjadi lebih menarik di mata penonton.

Berikut beberapa fitur Youtube Studio beserta fungsinya yang perlu kamu ketahui:

1. Dashboard

Dashboard merupakan beranda dalam Youtube Studio. Lewat fitur ini kamu bisa melihat beberapa informasi singkat sekaligus mulai dari metriks, performa, views, jumlah subscribers, dan aktivitas terbaru yang ada di channel kamu.

2. Content

Content menampilkan seluruh video yang terdapat di channelmu. Melalui fitur ini, baik video yang sudah diupload, private, atau unlisted pun terdaftar. 

Pada fitur Content kamu juga bisa mengatur dan mengoptimasi video agar mampu berada di halaman utama. Optimasi video sangat penting untuk meningkatkan engagement rate serta viewers Youtube kamu. Oleh karena itu, fitur Content mampu mengedit judul, mengedit deskripsi video, mengubah thumbnail, menambahkan tags, atau membuat kategori video.

3. Playlist

Kamu pasti sudah familiar dengan fitur Playlist yang terdapat di akun Youtube biasa? Nah, pada Youtube Studio pun terdapat fitur serupa. Perbedaannya hanya terdapat pada daftar video yang kamu masukkan. 

Di fitur Playlist pada Youtube Studio ini, kamu bisa menyusun video berdasarkan nama kontennya. Sehingga penonton jadi lebih mudah untuk mencari video tersebut. Eitss, tak hanya sebatas itu, menyusun playlist dengan rapi menjadi salah satu strategi agar viewers dan performa Youtube kamu naik, loh!

4. Analytics

Seperti namanya, fitur Analytics ini akan memudahkan kamu dalam menganalisis setiap performa pada channel. Dalam Analytics akan tertera laporan lengkap mengenai channel Youtube, salah satunya berapa lama penonton menghabiskan waktu untuk menonton konten kamu.

5. Comments

Comments menandakan adanya interaksi antara kamu dan penonton. Youtube Studio memiliki fitur Comments yang memudahkan kamu membalas komentar secara cepat tanpa harus pergi ke video yang dimaksud.

6. Subtitles

Menurut studi dari Verizon, 80% penonton lebih suka menonton video dengan caption atau subtitles di dalamnya. Adanya subtitle atau terjemahan akan memudahkan orang dalam memahami isi konten. Youtube Kreator Studio pun memiliki fitur untuk menambahkan Subtittles ke dalam video kamu. 

7. Copyright

Copryright membantu kamu mempertahankan orisinalitas konten. Melalui fitur ini, kamu dapat mendaftarkan hak cipta konten agar tidak diplagiasi atau diunggah ulang oleh channel Youtube lain. 

8. Monetization

Monetisasi bisa kamu atur melalui Youtube Kreator Studio. Jadi, kamu bisa menambah penghasilan melalui konten Youtube. Sebelum berhasil memonetisasi channel Youtube, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Subscriber di atas 1.000
  • Memiliki waktu tayang/penayangan lebih dari 4.000 jam dalam satu tahun terakhir
  • Tidak melanggar aturan komunitas Youtube
  • Sudah terhubung dengan AdSense

9. Customization

Kamu bebas menyesuaikan channel Youtube dengan branding yang diinginkan. Penyesuaian ini mulai dari layout, branding, hingga informasi channel.

10. Audio Library

Penggunaan audio bisa melanggar hak cipta. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan musik no copyright yang telah tersedia di Audio Library Youtube. Seluruh musik yang tersedia di Audio Library ini bisa kamu gunakan secara gratis, termasuk pada video yang sudah dimonetisasi.

Cara Login ke Youtube Studio

login youtube studio

Mirip dengan platform media sosial lain, untuk menggunakan Youtube Kreator Studio kamu tetap harus login terlebih dahulu. Caranya juga mudah hanya menggunakan akun Youtube. Untuk lebih lengkap, yuk ikuti langkah berikut.

  1. Buka Youtube melalui PC atau HP
  2. Klik laman “Profil” di pojok kanan atas
  3. Pilih menu Youtube Studio

Itulah dia pemahaman soal Youtube Creator Studio atau Youtube Studio. Kamu bisa memanfaatkannya dengan baik untuk mengelola channel Youtube agar mendapatkan banyak viewers. Yuk mulai buat konten sekarang dan kreasikan ide kreatif kamu lewat Youtube!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!