Pengertian Workshop, Manfaat, dan Jenisnya

Pernahkah kamu mendengar soal workshop? Kebanyakan orang menyangka workshop itu sama dengan training. Pada kenyataannya, workshop punya arti berbeda dari training, loh! 

Sebenarnya, workshop dan training sama-sama berguna untuk menambah skills yang kamu miliki. Di dalam prosesnya, kamu akan mempelajari hal baru. Nah, tanpa basa-basi, yuk langsung aja Socialights akan bahas tentang workshop buat kamu, Sociality!

Arti dari Workshop

workshop indoor

Menurut Cambrigde Dictionary, workshop adalah sebuah pertemuan yang mana pesertanya saling berdiskusi mengenai suatu pekerjaan agar bisa menjadi bahan pembelajaran. Selain itu, menurut kamus Cambrigde, workshop dapat diartikan sebagai tempat untuk membuat barang-barang menggunakan berbagai mesin dan alat.

Lalu sebenarnya apa arti dari workshop? Baik sebagai tempat diskusi ataupun tempat kerja (bengkel) sama-sama benar. Workshop sebagai sebuah pertemuan memiliki bentuk aktivitas yang beragam. Di dalam workshop, peserta akan terlibat secara aktif, bahkan beberapa menyediakan alat agar bisa praktik. 

Acara ini secara umum melibatkan topik-topik yang lebih spesifik bagi para pesertanya. Kemudian, workshop memiliki durasi sendiri bervariasi, mulai dari hitungan jam ataupun hingga berhari-hari. 

Manfaat Workshop

Kalau mengikuti kegiatan satu ini, banyak manfaat yang bisa kamu terima sebagai peserta, loh! Berikut ini manfaatnya.

1. Menambah Skills

Salah satu manfaat utama kalau mengikuti workshop adalah skills kamu bertambah. Kamu akan mendapatkan perspektif baru terkait topik diskusi. Lewat perspektif baru tersebut, kamu dapat menambah wawasan atau mengubah pola pikir.

2. Mencari Networking Baru

menambah networking

Salah satu tempat untuk kamu yang hobi menebar jaring pertemanan ialah dengan mengikuti workshop. Kamu punya potensi besar bertemu dengan banyak orang baru dari berbagai latar belakang. Apalagi karena kamu mengikuti acara yang sama, itu berarti kamu dan teman barumu memiliki minat serupa. Sehingga ngobrol bisa lebih nyambung, deh!

3. Mencoba Hal Baru

Keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru lewat workshop itu bisa banget kamu lakukan. Plusnya, kamu bisa membuka kesempatan baru. Terutama jika ingin mengubah jalur karier. Kamu jadi bisa belajar dan memiliki keterampilan tersebut dari adanya workshop. Misalnya, kamu mengikuti workshop membuat keramik atau membatik. Kalau di dunia digital, kamu bisa mengikuti ragam kelas untuk digital marketing sampai dengan menjadi influencer.

Jenis-Jenis Workshop

contoh kegiatan workshop

Kegiatan ini bisa dibagi menjadi beberapa jenis berbeda, loh! Yuk, ketahui jenis workshop apa yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. Berdasarkan Sifat

Sifat dalam hal ini ialah mengikat dan tidak mengikat. Workshop yang bersifat mengikat biasanya diadakan oleh lembaga tertentu. Di mana keterikatan ini mengharuskan para peserta untuk mengikuti hasilnya. Sementara itu, kegiatan yang tidak terikat dilakukan oleh individu. Sehingga para peserta tidak memiliki kewajiban untuk mengikuti hasilnya.

2. Berdasarkan Waktu

Durasi dapat menjadi pembeda berdasarkan waktunya. Berdasarkan waktu ini, terdapat workshop beruntun dan tidak beruntun. Apa bedanya? Workshop beruntun ialah kegiatan yang berjalan selama kurun waktu tertentu secara terus-menerus. Berbeda dengan waktu tidak beruntun, kegiatan bisa berjalan sekali dalam waktu berbeda. Misalnya, satu tahun sekali atau satu bulan sekali.
Nah, itulah hal mengenai kegiatan workshop yang perlu kamu ketahui. Mulai sekarang, tak ada salahnya mengikuti kegiatan ini untuk menambah pengalaman serta skills baru. Kalau mau jadi influencer, kamu bisa loh mengikuti kelas workshop menjadi influencer bareng Socialights. Penasaran? Cek website Socialights, yuk!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!