Cara Mudah Pakai WhatsApp Bisnis, Coba Sekarang?

Seiring berjalannya waktu, bisnis online dan online shopping menjadi kegiatan sehari-hari yang digandrungi oleh hampir seluruh masyarakat. Oleh karena itu, sungguh tak heran ketika mengetahui fakta bahwa saat ini hampir semua platform komunikasi dan jejaring sosial berusaha fit in dengan kebutuhan masyarakat dengan menawarkan fitur yang bisa dibilang, ‘online shoppingfriendly.

Setelah sebelumnya kita sudah mengetahui banyak seputar Instagram Bisnis dan TikTok Shop, kini Socialty akan diberi informasi baru seputar aplikasi ramah online shopping, yaitu WhatsApp Bisnis. 

Menjadi platform komunikasi favorit warga Indonesia saat melakukan transaksi jual beli secara daring, WhatsApp kemudian berusaha menjawab kebutuhan dan demand dari para pengguna dengan mengeluarkan aplikasi WA dengan mode bisnis. Hmm menarik sekali ya?

whatsapp messenger

Jadi, apa itu sebenarnya WhatsApp Bisnis, dan bagaimana cara penggunaannya? Mari kita simak bersama di artikel ini!

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Bisnis (WA Bisnis) merupakan aplikasi WhatsApp dengan mode yang didesain khusus untuk para pemilik bisnis. 

Dapat diunduh secara gratis di iOS dan Android, WA Bisnis membantu proses komunikasi dan transaksi antara penjual dan pembeli, promosi produk, serta berbagai kebutuhan berbelanja online lainnya.  

Diluncurkan pada tahun 2018, aplikasi WA Bisnis ini menawarkan beberapa manfaat kepada para penggunanya, seperti memudahkan proses komunikasi antara penjual dan pembeli, meningkatkan kepercayaan calon pembeli, dan memudahkan penjual dalam mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan.

Fitur-fitur Menarik dari WhatsApp Bisnis

chatting on phone

1. Dapat Mencantumkan Nama Toko

Unik, di WA Bisnis kamu bisa menggunakan nama toko/merek produk sebagai tampilan identitas utama. Bukan sembarangan, untuk mencantumkan nama toko di WA Bisnis, WA memiliki beberapa ketentuan sebagai berikut:

  1. Huruf kapital hanya dapat disematkan pada setiap kata pertama
  2. Spasi hanya dapat digunakan di setiap potongan kata, bukan huruf
  3. Kamu tidak dapat mencantumkan emoji, simbol, dan karakter unik lainnya di nama toko 

2. Profil WA Bisnis

Selain dapat mencantumkan nama toko, kamu juga dapat mengatur sendiri profil WA dari bisnismu. Misal, nama dan jenis bisnis, alamat toko, deskripsi dari toko atau produk yang kamu jual, hingga alamat e-mail dan website.

Untuk dapat mulai mengatur profil WA secara lengkap, kamu dapat terlebih dahulu masuk ke menu ‘Setting/Pengaturan’ yang tersedia di pojok kanan atas layar. Lalu, klik ‘Opsi Lainnya’, kemudian klik ‘Setelan’ dan mulai atur nama bisnismu. Setelahnya, kamu dapat meng-klik pilihan ‘Edit’, lalu klik ‘Simpan’ setelah selesai menyunting profil WA.

3. Pesan Otomatis

Salah satu kelebihan utama dari WA Bisnis, adalah si fitur pesan otomatis. Dengan menggunakan fitur pesan otomatis, kamu dapat membalas pelanggan secara cepat menggunakan template yang sudah kamu buat sebelumnya.

Fitur pesan otomatis di WA Bisnis memiliki beberapa mode, pertama adalah Away Message, yang dapat kamu gunakan untuk membalas pesan secara otomatis di waktu libur atau di luar jam operasional. Kedua, Greeting Message yang bisa kamu gunakan untuk membalas pesan secara otomatis pada pelanggan baru. Dan terakhir, Quick Reply untuk membalas pesan secara otomatis berdasarkan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

Untuk mulai menggunakan fitur pesan otomatis kamu perlu pergi ke ‘Settings/Pengaturan’, lalu pilih salah satu opsi dari mode pesan otomatis. Kemudian, atur isi pesan yang hendak kamu kirimkan secara otomatis dan waktu pengiriman pesan otomatis dilakukan.

whatsapp on phone

4. Katalog Produk

Seperti halnya etalase toko di dunia nyata, melalui fitur katalog produk kamu dapat mengunggah sejumlah foto produk yang ditawarkan, beserta deskripsi dari produk tersebut, mulai dari nama, harga, dan keterangan tambahan lainnya.

Sama seperti beberapa fitur sebelumnya, untuk mulai menggunakan katalog produk, kamu perlu datang ke pengaturan lalu klik menu ‘Pengaturan Bisnis’, kemudian klik Katalog. Mudah kan?

5. Performa Bisnis

Hampir serupa dengan Insight Instagram, melalui WA Bisnis kamu juga dapat memperoleh laporan statistik penjualan, seperti jumlah pesan yang masuk, jumlah pesan yang dibaca, dan lainnya. 

Untuk melihat statistik penjualan ini, kamu perlu pergi ke pengaturan lalu klik menu ‘Setelan Bisnis’, dan klik ‘Statistik’.

6. Label Pesan

Fitur menarik terakhir dari WA Bisnis adalah label pesan. Dengan fitur ini, kamu dapat mengelompokkan pesan berdasarkan label yang telah ditentukan, seperti ‘Pesan  Baru’, ‘Pesan Belum Terbaca’, ‘Komplain’, dan lainnya. 

Fitur ini tentu sangat bermanfaat apabila bisnis yang kamu jalankan memiliki jangkauan yang cukup besar, sehingga kamu dapat menjawab pesan dengan cepat dan tepat.

Untuk dapat mulai menggunakan label pesan, pertama kamu perlu mengetuk dan menahan salah satu chat yang hendak diberi label, lalu klik menu ‘Label’. Setelahnya kamu dapat memilih salah satu label yang sudah ada atau menambahkan label baru.

Bagaimana Cara Mulai Menggunakan WhatsApp Bisnis?

online bisnis

Tertarik dan ingin mulai menggunakan WhatsApp Bisnis? Ayo unduh segera aplikasinya di iOS dan Android, dan segera rasakan manfaatnya.

Apa? Kamu sebelumnya sudah memiliki aplikasi WhatsApp Messenger tetapi ingin mengubahnya ke mode bisnis? Bisa juga kok! Ayo ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulainya:

  1. Buka aplikasi WA Messenger di handphone-mu
  2. Pilih menu ‘Settings/Pengaturan’ yang tersedia di pojok kanan atas
  3. Pilih’Chat/Pesan’
  4. Klik ‘Chat Back-Up/Cadangkan Pesan’ untuk melakukan back-up pada seluruh pesan yang kamu miliki di WA Messenger
  5. Klik ‘Back-Up/Cadangkan’, lalu tunggu hingga proses back-up selesai
  6. Unduh aplikasi WA Bisnis di iOS atau Android
  7. Masuk ke aplikasi WA Bisnis
  8. Lalu, input nomor telepon yang kamu miliki sebelumnya di WA Messenger
  9. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  10. Setelah masuk, kamu dapat memilih untuk memulihkan riwayat percakapan dari WA Messenger-mu yang sebelumnya
  11. Tunggu hingga proses back-up selesai
  12. Setelah selesai kamu dapat segera mengatur profil toko, and then you’re all set! WA Bisnis langsung siap kamu gunakan

Nah, jadi itu dia WhatsApp Bisnis, fitur-fitur menarik yang ditawarkan, serta cara mengubah WA-mu ke mode bisnis. Coba sekarang untuk maksimalkan bisnis mu, yuk!

Ingin mengetahui informasi lebih seputar media sosial dan platform online shopping friendly lainnya? Ayo langsung saja download aplikasi Socialights yang tersedia secara gratis di iOS dan Android. Klik sekarang ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!