Waktu Terbaik untuk Posting Blog, Ini Bocoran Primetime-nya!

Jika kamu seorang blogger, waktu terbaik ketika memposting tulisanmu di website menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui. 

Apalagi jika kamu menjalin kerja sama dengan sebuah brand atau membuka jasa pemasaran untuk pengiklan memasarkan produknya melalui Google AdSense pada websitemu. Tentunya jumlah pengunjung blog sangat dipertimbangkan, ya.

Lantas, kapan sih waktu yang tepat untuk mengunggah konten di blog? Simak bocoran primetime-nya pada artikel berikut ini!

Pembagian Primetime Posting Blog

Berikut ini adalah pembagian waktu yang Socialights rekomendasikan ketika kamu ingin mengunggah konten di website berdasarkan kebutuhan yang kamu inginkan. 

Primetime Posting Blog

1. Waktu Terbaik Posting Blog untuk Jumlah Viewers

Jumlah views per halaman merupakan jumlah halaman pada blog milikmu yang users buka. Perhitungan jumlah pageviews ini cukup sederhana.

Contoh, users membuka halaman blog milikmu satu kali, maka jumlah pageviews yang kamu dapatkan adalah satu. Begitupun seterusnya.

Nah, untuk meningkatkan jumlah pageviews ini kamu membutuhkan mempertimbangkan, “kapan waktu terbaik untuk posting konten di website, ya?”.

Menurut Dan Zarrella, waktu terbaik mengunggah konten di website agar mendapatkan jumlah pageviews yang banyak adalah jam 9 pagi.

Alasannya. karena orang-orang masih belum terlalu sibuk dengan rutinitasnya saat bekerja. Beberapa orang dianggap cenderung membuka media online sembari menunggu pekerjaan yang masuk. Oleh karena itu, jam 9 pagi dinilai ideal untuk mengunggah konten di website.

Dan yang terpenting, usahakan kamu mengunggah konten di website ketika weekdays atau hari-hari sibuk, seperti Senin sampai hari Jumat. Bocoran nih, untuk meningkatkan traffic pada website kamu bisa mengunggah konten pada hari Senin. Karena Selasa hingga Jumat orang-orang cenderung fokus menyelesaikan pekerjaan agar bisa menikmati weekend.

Pastikan juga kamu membuat headline atau judul yang menarik agar memancing users untuk mengklik websitemu. Contoh judul yang bisa kamu buat adalah “5 Tips Turun Berat Badan Hanya dalam 1 Minggu!”.

Jika permasalahan judul atau headline sudah menarik, maka buatlah time schedule untuk mengunggah kontenmu ke website. Usahakan juga untuk konsisten dalam mengunggah konten, ya!

2. Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Banyak Komentar

Jika waktu terbaik untuk mengunggah konten ke website untuk mendapatkan jumlah pageviews yang banyak adalah pukul 9 pagi. Kini mari bahas waktu terbaik untuk mendapatkan banyak komentar di blog milikmu. Idealnya primetime agar banyak yang berkomentar di postingan blogmu adalah pukul 8 sampai pukul 11 pagi.

Dan unggahlah konten di hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Biasanya di hari libut orang-orang akan lebih santai dan memiliki waktu lebih untuk membuka media online sekaligus memberikan respon atau tanggapan mereka terhadap konten yang mereka lihat.

Sebaiknya, hindari mengunggah konten lebih dari jam 11 siang. Itu karena hari libur di siang hari akan dimanfaatkan banyak orang untuk melakukan kegiatan di luar sehingga mempengaruhi jumlah komentar yang kamu dapatkan nantinya.

3. Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Backlink

Backlink merupakan sebuah link yang berada website pihak ketiga dan akan mengarah pada website milikmu jika ada users yang mengklik link tersebut.

Memasukkan backlink juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pengunjung sekaligus komentar di blog milikmu, lho! 

Tidak hanya memberi backlink pada website yang sudah populer, kamu juga bisa memberi backlink pada website kecil. Karena biasanya, website website yang kecil itu lah yang memberimu backlink imbal balik pada websitenya.

Sementara itu, cara memasukan backlink pada konten di tulisan website adalah dengan mengutip sebuah kalimat dan memberinya link dari website lain sebagai ‘source’.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk memposting konten di website agar mendapatkan banyak backlink? Jawabannya adalah saat hari kerja, yaitu dimulai pada Senin hingga Kamis sekiatr pukul 7 pagi. 

Mengapa harus pagi hari? Karena ketika pagi sesama content creator website akan sama sama bekerja dan merevisi pekerjaan mereka. Untuk itu, website website yang kamu beri backlink berkemungkinan besar memberi kamu backlink juga.

Itu adalah bocoran waktu primetime untuk mengunggah konten ke website. Selamat mencoba!        

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!