Vlogger Adalah: Definisi, Tips Menjadi Vlogger, Jenis Vlog

Profesi vlogger bukan lagi hal asing di era digital ini. Sejak YouTube mendapat kejayaam beberapa tahun ke belakang, sudah banyak orang yang banting setir untuk menjadi seorang vlogger. Dan seiring berjalannya waktu, profesi sebagai vlogger pun makin banyak diminati di berbagai platform.

Kalau kamu masih pemula yang ingin belajar menjadi seorang vlogger, maka simak beberapa hal penting berikut ini!

woman vlogging

Apa Itu Vlogger?

Vlog merupakan kepanjangan dari video blogging yang menggunakan medium video dengan penggunaan teks dan audio yang bisa diakses secara online. Orang yang melakukan aktivitas video blogging yang tengah menjamur ini disebut sebagai vlogger

Fenomena vlogger dimulai di tahun 2005-2006 saat YouTube mulai menjadi salah satu platform video yang mudah diakses dan gratis. Pada tahun 2006-2008, seorang pengguna YouTube bernama LonelyGirl15 rajin membagikan cerita hidupnya setiap hari melalui vlog.

Video-video yang terlihat “no effort” ini menginspirasi banyak orang untuk membuat vlog juga yang berisi kehidupan sehari-hari. Sejak saat itu, vlogging menjadi sebuah kegiatan yang digandrungi bahkan dijadikan sebuah profesi yang disebut sebagai vlogger.

Seiring berjalannya waktu, vlogger memiliki pasar di seluruh dunia. Isi dari video yang dibuat oleh vlogger juga semakin beragam dan kreatif.

Persaingan antara vlogger juga semakin ketat sehingga kegiatan vlogging bukan lagi sekadar hobi, melainkan pekerjaan utama. Penyebutan vlogger juga semakin lama semakin bergeser karena semakin banyak genre video yang beredar. Saat ini, lebih dikenal dengan sebutan creator.

Contoh Vlogger Sukses di Indonesia

Di Indonesia, ada banyak nama-nama vlogger terkenal yang memiliki pengikut mencapai belasan juta. Tentu akan sulit memilih siapa yang paling populer atau yang memiliki pendapatan tertinggi.

Tapi, ada konten kreator yang fokus dan konsisten mengunggah vlog dengan bidang masing-masing. Berikut beberapa nama top vlogger di Indonesia sesuai bidang masing-masing yaitu:

Raditya Dika 

Penulis dan aktor komedi ini menjadi salah satu vlogger ternama di Indonesia yang rutin mengunggah vlog. Para pengikut Raditya Dika setia menunggu unggahan video yang memiliki sebutan khas yaitu RVLOG. 

Tasya Farasya

Ada nama Tasya Farasya sebagai top vlogger di Indonesia, khususnya beauty vlogger yang aktif mengunggah video tutorial make up. Ciri khas si dokter gigi ini ada pada riasan yang bold dan memakai foundation tebal, tetapi make up ala Tasya sangat disukai banyak pengikutnya. 

Tanboy Kun 

Di channel Tanboy Kun, kamu pasti tahu ada banyak vlog mukbang yang bikin selera makan langsung meningkat. Ya, food vlogger satu ini cukup terkenal di Indonesia dengan jumlah pengikut mencapai belasan juta. 

Tentu masih ada banyak nama-nama yang masuk dalam kategori top vlogger di Indonesia, mungkin kamu akan menjadi the next vlogger terkenal lainnya. 

a woman vlogging

Jenis Konten Vlog

Vlogger adalah seseorang yang dituntut untuk selalu kreatif dan berinovasi. Seorang vlogger juga tidak dibatasi dalam membuat konten.

Namun, seorang vlogger biasanya akan konsisten dalam memilih genre atau jenis video yang mereka buat. Di antaranya adalah:

  • Daily Vlog
  • Food and Cook
  • Beauty and Lifestyle
  • ASMR
  • DIY
  • Fashion
  • Make up
  • Travel
  • Komedi
  • Kesehatan
  • Gaming
  • Teknologi

5 Tips untuk Menjadi Vlogger 

Ingin menjadi vlogger yang bisa mendapatkan pundi rupiah dari vlog yang diunggah ke platform digital, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips penting berikut :

1. Memahami Cara Membuat Vlog yang Benar

Pahami cara membuat vlog bukan sekadar membuat dan mengedit video saja, tetapi kamu harus melakukan riset lebih dulu. Buat perencanaan matang terkait jenis platform yang digunakan, jenis vlog yang akan dibuat misalnya kuliner, kecantikan, life style, gaming, dan lain-lain, kemudian kamu harus menentukan tujuan vlog tersebut.

Tujuan vlog sangat berpengaruh dalam keseluruhan isi konten mulai edukasi, hiburan, promosi, dan lain-lain.

2. Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan dalam membuat vlog yang baik tidak lepas dari pengaruh kecanggihan teknologi. Kamu harus memiliki akomodasi yang memadai mulai ponsel, kamera, tripod, mic eksternal, pencahayaan, laptop, drone, dan lain-lain tergantung bagaimana kamu menginginkan hasil akhir video tersebut.

3. Paham dengan Niche Konten 

Niche konten harus kamu ketahui sebaik mungkin agar hasil video tidak setengah-setengah. Perbanyak membaca literasi tentang jenis video kamu, misalnya review tentang game, maka kamu memang harus menguasai gaming tersebut.

Perbanyak wawasan dan selalu update dengan tren terbaru menjadi kunci sukses pembuatan videomu.

4. Bekal Public Speaking

Kamu harus melatih kemampuan komunikasi agar bisa berbicara di depan kamera dengan lancar, tidak kaku, bisa memikat audiens untuk terus mengikuti vlog. 

5. Memiliki Strategi Pemasaran

Selain pembuatan video yang berkualitas, kamu juga harus menerapkan strategi pemasaran yang apik. Gunakan media sosial yang punya efek paling ampuh, gunakan niche relevan, selalu membuat video marketing yang bisa menarik audiens atau kerja sama dengan vlogger lain yang punya pasar potensial. 

Cara Mendapatkan Uang dari Ngevlog

Mendapatkan uang dari aktivitas ngevlog bisa dari sistem monetize akun di Youtube, TikTok atau platform digital lain. Selain itu, kamu juga punya peluang gajian dari endorsement, menjual merchandise atau produk, dan Google AdSense. 

Kisaran pendapatan seorang vlogger bervariasi mulai jutaan hingga milyaran rupiah per bulan tergantung dengan berapa banyak viewers, jumlah subscriber, total iklan yang ditonton, penawaran endorsement dengan nominal besar, dan lain-lain.

Sebut saja nama-nama vlogger terkenal yang berpenghasilan hingga milyaran rupiah per bulan memulai dari nol.

Kamu yang ingin sukses menjadi seorang vlogger atau content creator di era digital, kenapa tidak?

Ikuti 30 Hari Menjadi Influencer agar kamu bisa mendapatkan creator gear gratis bila ingin menjadi conten creator yang sukses. Download aplikasi Socialights untuk bisa ikut ya!

Play Store Download Button
App Store Download Button
0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!