Berapa Ukuran Video TikTok Paling Ideal? Cek Di Sini!

Jaman sekarang, semua pengguna media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi video pendek, TikTok

Kemudahan pemakaian dan hiburan tanpa batas dari TikTok membuat pengguna dari berbagai kalangan usia menjadi tersihir untuk betah menggunakan aplikasi ini. Sebagai seorang TikTokers, penting bagi kita untuk mengetahui seluk beluk tampilan, fitur, hingga ukuran video TikTok guna mengoptimalkan engagement dari video TikTok. 

Di beberapa artikel sebelumnya, Socialights telah membahas beberapa hal mengenai fitur TikTok. Kali ini, Socialights ingin membagikan informasi lanjutan terkait ukuran video TikTok yang ideal. Let’s check this out!

Resolusi Video 

women on tiktok

Meningkatnya jumlah pengguna TikTok setiap menitnya, membuat developer aplikasi TikTok tak habis-habisnya memperbaharui fitur dan tampilan untuk para pengguna, misal resolusi video. 

Saat ini, TikTok memperbaharui resolusi video hingga menjadi berukuran High Definition (HD), yakni 1080p. Hmm, bisa dibayangkan betapa jernihnya tampilan gambar pada video yang disajikan ya?

Tampilan video yang jernih dan memanjakan mata tentu akan membuat pengguna yang menonton video kamu menjadi tertarik untuk menonton video hingga akhir. Untuk Socialty yang tertarik mengunggah video TikTok dengan resolusi tinggi, kamu hanya perlu meng-klik opsi “more options” kemudian “upload HD” yang tersedia di halaman upload. Mudah sekali bukan?

Durasi Video TikTok

Selain dari segi resolusi, ukuran video Tiktok yang ideal pun terlihat dari durasi video. Berbeda dengan Youtube yang memiliki durasi lama, Tiktok khusus menyajikan video-video singkat yang menarik audiens.

Pada awal peluncurannya, TikTok hanya membatasi durasi video hingga 15 detik. Tingginya demand dari para pengguna akan durasi yang lebih panjang dari video TikTok kemudian membuat pihak TikTok memperpanjang durasi video hingga 3 menit. Wow! Panjangnya durasi video TikTok saat ini membuat Socialty memiliki kesempatan untuk berkreasi lebih leluasa dan menciptakan konten yang lebih kompleks dan menarik.

Ukuran Video TikTok yang Ideal

ukuran video tiktok

Selain masalah durasi, ada beberapa hal lain yang juga menjadi standar video untuk TikTok, seperti :

  • Ukuran file video maksimal. Untuk Android ukuran maksimalnya 72 MB sementara untuk iOS, maksimal berukuran 287,6 MB. Jika video yang kamu buat berukuran lebih dari itu,maka sebaiknya kamu compress terlebih dahulu.
  • Video di TikTok bisa kamu buat dengan orientasi vertikal ataupun horizontal. Namun format yang terbaik adalah vertikal video.
  • Berbicara masalah ukuran video TikTok, maka dimensi video terbaik adalah 1080 x 1920
  • Aspek rasio terbaik ketika kamu membuat video untuk TikTok adalah 9:6. Ratio ini mengikuti ukuran layar dari smartphone.
  • Jenis file yang didukung oleh TikTok adalah .mp4, .mov, .avi dan juga .gif

Masalah standar dan ukuran video TikTok ini tentunya perlu benar-benar kamu perhatikan.

Jangan sampai video yang sudah kamu buat menjadi tidak maksimal karena layar terpotong, durasi kepanjangan, video pecah, atau hal yang lainnya.

Ingin mengetahui informasi lebih banyak terkait media sosial dan konten untuk tingkatkan engagement di media sosial kamu? Ayo download aplikasi Socialights yang tersedia secara gratis di iOS dan Android sekarang. Let’s go!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!