Ukuran Feeds Instagram yang Ideal Untuk Konten Influencers

Apakah kalian pengguna aktif media sosial Instagram? Tentu kamu sudah awam dengan keberadaan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram untuk mendukung kamu dalam membagikan konten berupa foto dan video dengan ketentuannya yang beragam. Ragam karakteristik yang dimiliki oleh Instagram pun hadir dengan fungsi dan tujuannya masing-masing dari setiap fitur tersebut. Hal ini pun menyebabkan setiap fitur memiliki perbedaan ukuran, rasio, dan resolusi yang efektif yang perlu kamu perhatikan ketika mengunggah foto dan video. Apakah kamu berminat untuk menampilkan konten yang estetika dan mempesona? Yuk, simak ketentuan yang tepat untuk unggahan feed Instagram kamu!

1. Ukuran foto untuk Instagram Feed

Foto pada feeds Instagram

Ukuran foto untuk Instagram Feed pun terbagi menjadi tiga, antara lain: square, landscape, dan portrait. Pada ukuran Pengunggahan konten melalui Instagram Feed seringkali dimanfaatkan oleh influencers untuk membagikan konten promosi dan personal branding. Guna memaksimalkan konten tersebut, kamu dapat memulai dengan mencari tahu terlebih dahulu tentang format, rasio, dan resolusi foto. Pada format foto pun terbagi menjadi tiga, antara lain: square, landscape, dan portrait. Pertama, format foto square, rasio dan resolusi yang terbaik dipakai ialah rasio 1:1 dan resolusi 1080 x 1080 piksel. Kedua, format foto landscape, sebaiknya memilih rasio 1.91:1 yang disertai dengan resolusi 1080 x 608 piksel. Terakhir, format foto portrait, pemilihan foto yang disarankan ialah foto dengan rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 piksel. 

2. Ukuran Video untuk Instagram Feed

SaPada unggahan berbentuk video, influencer seringkali memberikan video dengan konten yang lebih terperinci semacam tutorial, sesi tanya jawab, dan pemberian ulasan. Serupa dengan format foto yang diunggah untuk Instagram Feed, format video pun terbagi menjadi square, landscape, dan portrait. Pada format square, ukuran foto yang dianjurkan ialah sebesar 1080 x 1080 piksel. Pada format landscape, sebaik rasio yang dianjurkan ialah rasio sebesar 1.91:1 yang dilengkapi dengan ukuran foto 1080 x 608 piksel. Terakhir, pada format portrait sebaiknya menggunakan rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 piksel. Saran yang diberikan pun bertujuan untuk menghindari resiko terjadinya penurunan kualitas pada foto dan video.

3. Ukuran Feed untuk IGTV

Pengambilan video untuk IGTV

IGTV seringkali dimanfaatkan oleh influencers untuk memberikan video dengan krkun waktu yang lebih panjang. Bentuk IGTV pun terdiri dari landscape dan portrait. Pada format landscape, kami menyarankan konten video yang diberikan menggunakan rasio sebesar 16:9 dan dilengkapi dengan resolusi sebesar 1920 x 1080 piksel. Pada portrait, sebaiknya kamu menampilkan video dengan rasio 9:16 yang dilengkapi penggunaan resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel.

4. Ukuran untuk Instagram Reels

Pada fitur Reels, pengguna dapat mengunggah video singkat berdurasi 15 detik dan disertai dengan keleluasaan untuk menambahkan audio, efek, dan tools kreatif. Reels juga memiliki fitur yang dapat menggabungkan beberapa klip video Influencers seringkali memanfaatkan reels untuk menghadirkan video singkat yang memikat untuk dilihat sekilas oleh pengikutnya. Video inipun biasanya memiliki durasi selama sepuluh sampai lima belas detik, yang dapat diedit melalui Instagram dengan menambahkan suara, efek, fitur kreatif, dan menggabungkan klip-klip video menjadi satu kesatuan. Pada fitur ini, ada baiknya untuk mengunggah ataupun mengambil video dengan rasio 9:16 yang disertai dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. 

5. Ukuran untuk Instagram Story dan Instagram Live

Konten pada Instagram Story pun terbagi menjadi foto dan video dalam bentuk portrait. Pada pengunggahan foto, Tidak seperti sebelumnya, konten pada Instagram Story dan Instagram Live awam dimanfaatkan dalam format portrait. Instagram Story dianggap sebagai wadah yang tepat untuk membagikan konten visual seperti foto maupun video yang memiliki tujuan dalam mendekatkan diri kepada pengikutnya. Konten pada Instagram Story pun cenderung mengandung komunikasi dalam bentuk dua arah. Pada pengunggahan foto, kami menyarankan untuk menggunakan rasio 1.9 x 1 yang dilengkapi dengan resolusi 1080 x 608 piksel. Sedangkan untuk konten dengan bentuk video, alangkah baiknya menggunakan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Pemanfaatan Instagram Live, fitur ini dimanfaatkan oleh influencers dalam melaksanakan kolaborasi dengan influencers lain ataupun merek, juga melakukan sesuatu yang bersifat impromptu. Mirip dengan penggunaan Instagram Story, komunikasi yang dilaksanakan pun cenderung bersifat dua arah. Format Instagram Live pun terbagi menjadi vertikal dan horizontal. Pada format vertikal sebaiknya menggunakan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 piksel. Sedangkan pada format horizontal dianjurkan untuk menggunakan rasio 16:9.

Setelah mengetahui ukuran dan resolusi gambar maupun video yang sesuai untuk diunggah di Instagram, apakah Itu dia ragam format dari foto dan video yang sebaiknya kamu ikuti bagi kamu yang memiliki ketertarikan dalam memulai membuat dan memberikan konten melalui media sosial Instagram. Setelah mengetahui format yang dianjurkan untuk gambar maupun video yang sesuai untuk dibagikan melalui Instagram, apakah kamu tertarik untuk menampilkan konten visual dengan kualitas tinggi? Jangan lupa untuk mengikuti saran dari kami ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!