Lengkap! Ukuran Feed Instagram untuk Semua Jenis Konten

Foto pada feeds Instagram

Apakah kamu pengguna aktif media sosial Instagram? Tentu kamu tidak asing dengan keberadaan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram untuk mendukungmu dalam membagikan konten berupa foto dan video dengan ketentuannya yang beragam.

Jika kamu berminat untuk menampilkan konten yang estetika dan mempesona, yuk simak ketentuan yang tepat untuk unggahan feed Instagram kamu!

Ukuran Feed untuk Foto Instagram 

Ukuran Foto untuk Instagram 

Ukuran foto untuk Instagram Feed pun terbagi menjadi tiga, antara lain: square, landscape, dan portrait. Pada ukuran pengunggahan konten melalui Instagram Feed seringkali dimanfaatkan oleh influencers untuk membagikan konten promosi dan personal branding.

Guna memaksimalkan konten tersebut, kamu dapat memulai dengan mencari tahu terlebih dahulu tentang format, rasio, dan resolusi foto. Pada format foto pun terbagi menjadi tiga, antara lain: square, landscape, dan portrait.

Pertama, format foto square, rasio dan resolusi yang terbaik dipakai ialah rasio 1:1 dan resolusi 1080 x 1080 piksel. Kedua, format foto landscape, sebaiknya memilih rasio 1.91:1 yang disertai dengan resolusi 1080 x 608 piksel. Terakhir, format foto portrait, pemilihan foto yang disarankan ialah foto dengan rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 piksel. 

Ukuran Video untuk Instagram 

Ukuran Video untuk Instagram 

Pada unggahan berbentuk video, influencer seringkali memberikan video dengan konten yang lebih terperinci semacam tutorial, sesi tanya jawab, dan pemberian ulasan. Serupa dengan format foto yang diunggah untuk Instagram Feed, format video pun terbagi menjadi square, landscape, dan portrait.

Pada format square, ukuran foto yang dianjurkan ialah sebesar 1080 x 1080 piksel. Pada format landscape, sebaik rasio yang dianjurkan ialah rasio sebesar 1.91:1 yang dilengkapi dengan ukuran foto 1080 x 608 piksel. Terakhir, pada format portrait sebaiknya menggunakan rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 piksel.

Saran yang diberikan pun bertujuan untuk menghindari resiko terjadinya penurunan kualitas pada foto dan video.

Ukuran IGTV

IGTV seringkali dimanfaatkan oleh influencers untuk memberikan video dengan krkun waktu yang lebih panjang. Bentuk IGTV pun terdiri dari landscape dan portrait.

Pada format landscape, kami menyarankan konten video yang diberikan menggunakan rasio sebesar 16:9 dan dilengkapi dengan resolusi sebesar 1920 x 1080 piksel. Pada portrait, sebaiknya kamu menampilkan video dengan rasio 9:16 yang dilengkapi penggunaan resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel.

Ukuran Instagram Reels

Ukuran Instagram Reels

Pada fitur Reels, pengguna dapat mengunggah video singkat berdurasi 15 detik dan disertai dengan keleluasaan untuk menambahkan audio, efek, dan tools kreatif. Reels juga memiliki fitur yang dapat menggabungkan beberapa klip video Influencers seringkali memanfaatkan reels untuk menghadirkan video singkat yang memikat untuk dilihat sekilas oleh pengikutnya.

Video tersebut biasanya memiliki durasi selama sepuluh sampai lima belas detik, yang dapat diedit melalui Instagram dengan menambahkan suara, efek, fitur kreatif, dan menggabungkan klip-klip video menjadi satu kesatuan. Pada fitur ini, ada baiknya untuk mengunggah ataupun mengambil video dengan rasio 9:16 yang disertai dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. 

Ukuran InstaStory dan Live

Konten pada Instagram Story pun terbagi menjadi foto dan video dalam bentuk portrait. Pada pengunggahan foto, tidak seperti sebelumnya, konten pada Instagram Story dan Instagram Live awam dimanfaatkan dalam format portrait.

Instagram Story dianggap sebagai wadah yang tepat untuk membagikan konten visual seperti foto maupun video yang memiliki tujuan dalam mendekatkan diri kepada pengikutnya. Konten pada Instagram Story pun cenderung mengandung komunikasi dalam bentuk dua arah. Pada pengunggahan foto, Socialihts menyarankan untuk menggunakan rasio 1.9 x 1 yang dilengkapi dengan resolusi 1080 x 608 piksel. Sedangkan untuk konten dengan bentuk video, alangkah baiknya menggunakan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Pemanfaatan Instagram Live, fitur ini dimanfaatkan oleh influencers dalam melaksanakan kolaborasi dengan influencers lain ataupun merek, juga melakukan sesuatu yang bersifat impromptu. Mirip dengan penggunaan Instagram Story, komunikasi yang dilaksanakan pun cenderung bersifat dua arah.

Format Instagram Live pun terbagi menjadi vertikal dan horizontal. Pada format vertikal sebaiknya menggunakan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 piksel. Sedangkan pada format horizontal dianjurkan untuk menggunakan rasio 16:9.

Itu dia ukuran feed Instagram yang dianjurkan untuk format gambar maupun video. Semoga bermanfaat !

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!