Ukuran Banner YouTube yang Benar dan Cara Mengunggahnya


Banner YouTube merupakan desain yang terletak di atas akun YouTube. Banner tersebut berfungsi untuk menunjukkan identitas channel kamu kepada pengguna YouTube yang lain.

Selain itu, banner pada channel juga bisa memberikan kesan unik bagi setiap channel. Kamu bisa mengunggahnya dengan desain atau foto semenarik mungkin, namun tentunya memerlukan ukuran yang pas agar gambar tersebut tidak terpotong.

Kalau kamu belum tahu berapa ukuran yang sesuai untuk banner YouTube, simak panduan ukuran dan cara mengunggahnya di bawah ini!

Panduan Ukuran Banner YouTube yang Benar

Ukuran Banner YouTube

YouTube memiliki pengaturannya sendiri, termasuk soal ukuran banner. Setiap ukuran banner juga berbeda-beda, tergantung dari mana kamu membukanya. Mulai dari layar desktop, TV, dan HP semuanya memiliki ukurannya tersendiri. 

Hal ini menunjukkan, banner yang terlihat full dan pas di TV akan memiliki ukuran terpotong jika kamu lihat dari HP atau desktop. Maka dari itu, silakan simak pedoman ukuran banner YouTube berikut yang Socialights rangkum langsung dari Google Support.

1. Ukuran dalam Piksel

Untuk ukuran dalam piksel, YouTube menyarankan satu gambar berukuran 2560 x 1440 piksel. Adapun dimensi minimum upload adalah 2048 x 1152 piksel.

2. Area Minimum

Sementara untuk area minimum yang aman untuk teks dan logo adalah 1546 x 423 piksel. 

3. Lebar Maksimum

Untuk lebar maksimum adalah 2560 x 423 piksel. Dengan lebar ini, “area aman” akan selalu terlihat full dan pas baik dari TV, desktop, maupun HP>

4. Ukuran File

YouTube menyarankan ukuran file yang diunggah memiliki ukuran maksimal 6 MB. Jika lebih besar dari itu, maka YouTube tidak akan menerima file tersebut.

Cara Mengubah Banner ke YouTube

contoh banner youtube

Setelah kamu mengetahui dan memahami ukuran yang pas untuk banner YouTube, informasi yang tak kalah penting adalah kamu harus tahu cara menambah atau mengubah banner tersebut di channel YouTube kamu.

Namun perlu kamu ingat, cara ini hanya bisa dilakukan di desktop PC atau laptop saja, ya! Dan berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1. Silakan login ke channel YouTube mu melalui laptop.

Langkah 2. Pada menu di kanan atas, pilih “Channel Saya” atau “My Channel”.

Langkah 3. Setelah itu, klik “Customize Channel”.

Jika kamu ingin menambah banner YouTube baru, kamu bisa klik “Add Channel Art”, posisinya ada di dekat bagian layar atas YouTube.

Namun jika kamu ingin mengubah banner Youtube, arahkan kursor ke banner yang ada dan klik Edit > Edit Channel Art.

Langkah 4. Setelah menemukan desain banner yang tepat dan mengunggahnya, kamu bisa melihat pratinjau atau preview tampilan banner tersebut di berbagai perangkat. Untuk membuat perubahan, pilih “Sesuaikan cropping”. Setelah kamu anggap cukup, klik Pilih dan Selesai! 

Langkah Tambahan. Lalu, bagaimana jika kamu belum memiliki desain untuk dijadikan banner? Kamu juga bisa klik tab Galeri untuk memilih gambar dari YouTube Photo Gallery yang sudah YouTube sediakan.

Itulah panduan membuat ukuran banner YouTube agar tidak terpotong. Selamat mencoba, ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!