7 Trik Fotografi untuk Pemula dengan Hasil Seperti Profesional 

Walaupun hanya cekrak cekrek doang, namun untuk dapat menghasilkan foto yang bagus ternyata bukanlah hal yang gampang, lho! Orang dengan kemampuan fotografi yang baik dapat membuat objek yang biasa menjadi luar biasa melalui foto yang mereka ambil. Oleh karena itu diperlukan trik fotografi.

Dengan trik fotografi yang baik, kamu tidak telalu memerlukan peralatan yang canggih. Dengan berbekal  kamera biasa atau bahkan smartphone, sebenarnya kamu juga dapat menghasilkan foto yang bagus.

Nah, untuk socialty yang baru memulai mempelajari teknik fotografi, yuk simak trik berikut ini untuk memperoleh hasil foto yang bagus ala fotografer!

trik fotografi

1. Trik Fotografi Rule Of Third

Salah satu teknik yang harus socialty pelajari adalah prinsip Rule of Third. Prinsip ini berguna untuk menyeimbangan objek-objek yang ada dalam foto sehingga menghasilkan komposisi foto yang menarik.

Rule Of Third membagi layar kamera atau smartphone menjadi 9 bagian, kamu harus menempatkan posisi objek utama mengenai garis bagian dalam gambar. Dengan cara ini, foto jepretanmu akan seimbang dan menimbulkan kesan bagus.

Saat ini, beberapa kamera dan smartphone telah memilki fitur tersebut (yang membagi layar menjadi 9 bagian kotak sehingga socialty lebih mudah untuk menjalankan prinsip Rule of Third).

trik fotografi

2. Usahakan Tangan Tidak Goyang

Tangan yang tidak goyang tentu dibutuhkan semua fotografer, karena akan menghasilkan foto yang diambil tidak blur. Oleh karena itu, apabila tangan socialty sering goyang maka trik yang dapat dilakukan adalah mendekatkan kedua tangan ke badan sehingga tangan menjadi lebih kokoh.

Atau trik fotografi lainnya adalah dengan memasang kamera atau smartphone pada tripod sehingga hasil foto tidak goyang dan jernih.

3. Ganti Perspektif

Secara tidak sadar, seringkali socialty akan mengambil foto dari posisi yang sama terus menerus sehingga akan membosankan.

Cobalah gunakan sudut pandang yang berbeda dan bervariasi. Terus bereksperimen dalam hal persepektif foto. Ambil foto dari angle yang berbeda-beda, seperti foto dari atas, miring dari samping, atau dengan posisi kamera dari bawah dan lebih dekat ke tanah. Angle kamera yang ekstrem dari atas familiar dengan sebutan bird’s eye view, sedangkan angle ekstrem dari bawah familiar sebagai worm’s eye view.

Kamu dapat bereksperimen dengan mencoba berbagai angle tersebut dan perhatikan kesan yang berbeda pada setiap hasil foto.

trik fotografi

4. Kontrol Eksposure

Salah satu aspek penting dalam dunia fotografi adalah mengatur cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera yang dikenal dengan eksposure. Pengaturan eksposure yang tepat dapat membuat foto socialty menjadi lebih bagus. Apabila terlalu banyak cahaya yang masuk akan membuat foto menjadi sangat terang atau dikenal dengan over eksposure, dan sebaliknya bila terlalu sedikit cahaya yang masuk, akan menjadi under eksposure yang menghasilkan foto yang gelap

Saat ini sudah banyak kamera yang mengatur eksposure secara auto, namun apabila socialty ingin bereksperimen, gunakan mode manual. Pengaturan eksposure ini dapat menjadi salah satu teknik yang dapat diperdalam untuk menghasilkan foto sesuai keinginan socialty.

5. Pahami Aperture

Dalam fotografi, seberapa besar bukaan lensa atau aperture, adalah teknik yang juga socialty perlu pelajari. Angka aperture biasanya dilihat dari nilai f/number yang berfungsi untuk menunjukkan seberapa besar lensa terbuka. Semakin kecil f/number maka lensa akan terbuka lebih lebar. Sehingga bukaan lensa f/1.4 akan lebih besar daripada f/1.8

Semakin besar lensa terbuka, maka cahaya yang masuk akan semakin banyak ke dalam sensor kamera. Cara gampang mebayangkannya adalah kamu bisa mengibaratkan seperti jendela, semakin besar jendela terbuka, maka cahaya yang masuk ke dalam ruangan akan semakin banyak juga.

6. Tonjolkan Detail Dari Jarak Dekat

Dunia fotografi memiliki kreasi yang tidak terbatas, banyak teknik yang dapat socialty coba, salah satu nya adalah mengambil objek foto dari jarak yang dekat.

Teknik ini biasanya menggunakan lensa makro sehingga objek yang kamu ambil akan tampak jelas dan memunculkan detail-detail indah dari objek tersebut.

7. Gunakan Warna Mencolok Untuk Kesan Modern

Para fotografer sering menggunakan trik ini dalam mengambil foto produk. Dalam teknik ini, sang fotografer biasanya menggunakan kertas warna yang mencolok sebagai latar belakang lalu menggunakan warna yang kontras dengan produk yang akan merek foto.

Teknik ini berfungsi untuk menonjolkan produk tersebut dan menimbulkan nuansa foto yang modern serta minimalis.

Demikianlah tujuh tips dan trik fotografi yang bisa socialty pelajari dan praktekkan untuk menghasilkan foto yang keren bagi pemula. Setelah mengetahui trik dan tips di atas kamu juga perlu mengetahui beberapa aplikasi edit foto agar hasil foto kamu bisa lebih keren lagi!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!