Ingin Jadi Konten Kreator? Ini 7 Langkah untuk Membangun Karier!

Di kehidupan sehari-hari, media sosial udah menjadi kebutuhan yang tak kalah penting dengan kebutuhan pokok. Dan ketika ngomongin media sosial, salah satu profesi yang paling banyak peminatnya adalah menjadi seorang konten kreator. 

Konten kreator sendiri adalah seseorang atau sekumpulan orang yang memproduksi sebuah konten untuk dibagikan melalui media sosial atau platform lainnya.

Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penghasilan dari konten tersebut dengan menarik perhatian penonton sebanyak-banyaknya.

Selain mengikuti tren, banyak pengusaha juga yang memasarkan produknya dengan cara membuat konten-konten yang menarik yang konter kreator lakoni.

Nah, pada artikel ini Socialights akan memberi kamu tips dan trik untuk menjadi konten kreator. Yuk, simak sampai habis!

Apa Itu Konten Kreator?

Menurut State of Digital Publishing, konten kreator merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi di media, terutama media digital dan memiliki target audiens tertentu. 

Sementara itu, pendapat serupa datang dari HubSpot yang mengatakan, konten kreator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) dengan menambahkan nilai edukasi dan hiburan. Materi tersebut biasanya disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan audiens masing-masing.

7 Langkah Membangun Karier Menjadi Konten Kreator

Nah, jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, berikut ini adalah beberapa cara menjadi konten kreator yang perlu kamu ketahui.

1. Riset

Sebelum kamu membuat sebuah konten, ada baiknya pelajari terlebih dahulu apa yang menjadi trend di kalangan masyarakat belakangan ini. Sehingga konten yang kamu buat tidak terkesan jadul

Jangan lupa juga untuk melihat kompetitor konten kamu. Karena ketika kamu menjadi seorang konten kreator, maka kamu harus pintar-pintar melihat peluang audiens. Yuk, mulai dari riset sebelum kamu buat konten, supaya hasil karyamu maksimal.

2. Passion

Yang harus kamu punya saat menjadi konten kreator adalah passion. Memilih konten sesuai passion dapat mengantarkan kamu menjadi seorang konten kreator yang memiliki jiwa.

Dengan konten yang sesuai dengan passionmu, maka konten yang akan kamu buat akan lebih maksimal. Misalnya kamu punya passion dalam fashion, kuliner ataupun pendidikan. Jadi sesuaikan ya passion kamu supaya konten kamu lebih menarik.

3. Menjadi Diri Sendiri

Selain passion yang sesuai dengan kamu, konten yang kamu buat haruslah mencerminkan diri kamu sendiri. Memiliki ciri khas dengan gayamu sendiri merupakan salah satu kelebihan yang perlu dimiliki sebelum menjadi konten kreator. Dari ciri khas kamu inilah yang membuat para audiens akan lebih mengenal konten yang biasa kamu bagikan. 

4. Kreatif dan Inovatif

Kreatif adalah salah satu kunci menjadi konten kreator. Maka kamu harus membuat konten yang berbeda dari orang lain dengan versi kamu sendiri. Hal ini menjadikan konten yang kamu buat tidak terkesan membosankan. 

Selain kreatif, kamu juga harus menjadi kreator yang inovatif. Agar konten kamu tidak monoton, alangkah lebih baik jika kamu bisa membuat konten yang belum pernah dibuat. Jadi, kamu harus banyak berinovasi untuk konten yang akan kamu buat ya.

5. Harus Konsisten

Selanjutnya yang tidak kalah penting dari tips diatas adalah kamu harus konsisten ya dalam membuat konten-konten yang menarik. Karena dengan konsistensi yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Selain itu, semakin sering kamu post konten kamu, semakin sering juga orang-orang melihat dan mengenal konten-konten yang kamu buat. Sehingga semakin banyak menarik audiens. 

6. Evaluasi Konten

Hal yang paling penting dari seluruh tips dan trik yang ada adalah evaluasi konten yang kamu buat. Dengan evaluasi, konten yang kamu buat akan semakin baik. Evaluasi yang baik dilakukan dengan bantuan audiens juga, sehingga kamu dapat membuat konten yang sesuai dengan keinginan audiens.

Kamu bisa menggunakan tools seperti insight yang ada pada Instagram untuk melihat konten mana yang memiliki paling banyak likes, comments atau pun share. 

7. Pelajari Audiens

Kamu perlu menyadari bahwa bekerja sebagai kreatif di dunia bisnis membuatmu takluk dengan keinginan dan kebutuhan audiens yang kamu miliki.

Kreativitasmu harus searah dengan keinginan dan kebutuhan audiens untuk menjaga serta menambah massa mereka.

Oleh sebab itu, cara menjadi konten kreator selanjutnya adalah mampu mempelajari perilaku audiens dari industri yang kamu geluti secara mendalam.

Kamu mungkin saja dapat menemukan ketertarikan dan peluang kreatif baru yang tidak sengaja ditemukan berkat keinginan atau kebutuhan mereka.

Sementara itu, dalam menilai hal tersebut kamu dapat mengelompokkan audiens berdasarkan usia, gender, lokasi, anggota keluarga, profesi, hingga gaji. Jadi, proses penilaianmu juga akan lebih mudah dan terorganisir.

Tugas Seorang Konten Kreator

Menurut Betterteam, ada beberapa tugas serta tanggung jawab yang harus konten kreator lakoni. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Menulis, meninjau, mengedit, dan membuat konten untuk platform yang perusahaan gunakan sebagai media promosi.
  2. Meriset dan mempelajari tren terkini guna mengembangkan konten.
  3. Bekerja sama dengan tim kreatif untuk mempersiapkan materi (konten) promosi.
  4. Berkolaborasi dengan internal team untuk membantuk menyukseskan campaign.
  5. Meningkatkan traffic melalui konten yang dibuat.

Itulah tips dan trik menjadi konten kreator yang baik. Jangan sampai salah target ya dalam membuat konten. Kalau kamu ingin belajar lebih banyak seputar dunia Influencer kamu bisa download aplikasi Socialights di Android atau iOS. Disitu kamu bisa kolaborasi bareng calon Influencer lainnya!

Setelah kalian membuat konten jangan lupa di post ya. Jika konten kalian menarik maka followers, subscribers, endorsment dan lain-lain akan mengikuti dengan sendirinya. Maka dari itu jangan pernah puas akan hasil dari yang kalian buat dan jangan putus asa. Semangat!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!