Apa Itu Konten Kreator? Ini Pengertian dan Tips Suksesnya

Di kehidupan sehari-hari, media sosial udah menjadi kebutuhan yang tak kalah penting dengan kebutuhan pokok. Dan ketika ngomongin media sosial, salah satu profesi yang paling diminati adalah menjadi seorang konten kreator. 

Tentu hal ini terjadi bukan karena tanpa alasan, kamu bisa menjadi seorang konten kreator hanya dengan mempunyai smartphone dan aplikasi video editor di dalamnya, ditambah lagi dengan penghasilannya yang oke banget deh! Tapi apa sih sebetulnya konten kreator itu? 

Konten kreator adalah seseorang atau sekumpulan orang yang memproduksi sebuah konten untuk dibagikan melalui media sosial atau platform lainnya. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penghasilan dari konten yang telah dibuat dan menarik perhatian penonton sebanyak-banyaknya. Menjadi konten kreator merupakan profesi yang sangat diminati oleh banyak orang khususnya generasi Z. Selain mengikuti trend, banyak pengusaha juga yang memasarkan produknya dengan cara membuat konten-konten yang menarik. 

Nah buat kamu yang ingin menjadi konten kreator dan masih bingung, kira-kira apa aja sih yang perlu dipersiapkan?  Yuk simak tips dan trik menjadi konten kreator dibawah ini!

1. Riset

Sebelum kamu membuat sebuah konten, ada baiknya pelajari terlebih dahulu apa yang menjadi trend di kalangan masyarakat belakangan ini. Sehingga konten yang kamu buat tidak terkesan jadul

Jangan lupa juga untuk melihat kompetitor konten kamu. Karena ketika kamu menjadi seorang konten kreator, maka kamu harus pintar-pintar melihat peluang audiens. Yuk, mulai dari riset sebelum kamu buat konten, supaya hasil karyamu maksimal.

2. Passion

Yang harus kamu punya saat menjadi konten kreator adalah passion. Memilih konten sesuai passion dapat mengantarkan kamu menjadi seorang konten kreator yang memiliki jiwa. Dengan konten yang sesuai dengan passion kamu, maka konten yang akan kamu buat akan lebih maksimal. Misalnya kamu punya passion dalam fashion, kuliner ataupun pendidikan. Jadi sesuaikan ya passion kamu supaya konten kamu lebih menarik.

3. Menjadi Diri Sendiri

Selain passion yang sesuai dengan kamu, konten yang kamu buat haruslah mencerminkan diri kamu sendiri. Memiliki ciri khas dengan gayamu sendiri merupakan salah satu kelebihan yang perlu dimiliki sebelum menjadi konten kreator. Dari ciri khas kamu inilah yang membuat para audiens akan lebih mengenal konten yang biasa kamu bagikan. 

4. Kreatif dan Inovatif

Kreatif adalah salah satu kunci menjadi konten kreator. Maka kamu harus membuat konten yang berbeda dari orang lain dengan versi kamu sendiri. Hal ini menjadikan konten yang kamu buat tidak terkesan membosankan. 

Selain kreatif, kamu juga harus menjadi kreator yang inovatif. Agar konten kamu tidak monoton, alangkah lebih baik jika kamu bisa membuat konten yang belum pernah dibuat. Jadi, kamu harus banyak berinovasi untuk konten yang akan kamu buat ya.

5. Harus Konsisten

Selanjutnya yang tidak kalah penting dari tips diatas adalah kamu harus konsisten ya dalam membuat konten-konten yang menarik. Karena dengan konsistensi yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Selain itu, semakin sering kamu post konten kamu, semakin sering juga orang-orang melihat dan mengenal konten-konten yang kamu buat. Sehingga semakin banyak menarik audiens. 

6. Evaluasi Konten

Hal yang paling penting dari seluruh tips dan trik yang ada adalah evaluasi konten yang kamu buat. Dengan evaluasi, konten yang kamu buat akan semakin baik. Evaluasi yang baik dilakukan dengan bantuan audiens juga, sehingga kamu dapat membuat konten yang sesuai dengan keinginan audiens.

Kamu bisa menggunakan tools seperti insight yang ada pada Instagram untuk melihat konten mana yang memiliki paling banyak likes, comments atau pun share. 

Itulah tips dan trik menjadi konten kreator yang baik. Jangan sampai salah target ya dalam membuat konten. Kalau kamu ingin belajar lebih banyak seputar dunia Influencer kamu bisa download aplikasi Socialights di Android atau iOS. Disitu kamu bisa kolaborasi bareng calon Influencer lainnya!

Setelah kalian membuat konten jangan lupa di post ya. Jika konten kalian menarik maka followers, subscribers, endorsment dan lain-lain akan mengikuti dengan sendirinya. Maka dari itu jangan pernah puas akan hasil dari yang kalian buat dan jangan putus asa. Semangat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!