Mau Punya Banyak Viewers Saat Live di TikTok? Coba Tips Ini!

Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan di era digital ini, salah satunya berjualan online dengan memanfaatkan fitur live yang ada di berbagai media sosial. Dengan berjualan secara live, kamu bisa menunjukkan dengan detail produk yang kamu jual. Hampir semua platform media sosial juga memiliki fitur tersebut, termasuk TikTok. 

Yang membuat live di TikTok berbeda dari platform lain adalah kamu bisa mendapatkan gift secara langsung dari penonton, lalu gift tersebut bisa kamu tukarkan menjadi uang. Jadi selain berjualan, kamu juga akan mendapat saweran hehehe.

Nah, buat kamu yang belum mengerti bagaimana cara live di TikTok, kami sudah merangkum apa saja yang perlu kamu siapkan. Pstt! Socialights juga akan membocorkan tips-tips menarik agar live kamu banyak penonton. Jadi, simak sampai habis, ya!

Cara Live di Tiktok

live tiktok

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk live di TikTok adalah memastikan aplikasi yang terunduh di ponselmu sudah versi yang paling baru. Jika belum, kamu bisa mengupgradenya terlebih dahulu. Perlu kamu ingat juga, akun TikTok yang akan digunakan untuk live harus memiliki minimal 1000 followers dengan usia talent di atas 16 tahun.

Jika hal yang disebutkan di atas sudah dipastikan aman, berikut langkah-langkah untuk memulai live:

  • Buka aplikasi TikTok, lalu tap ikon kamera dan tekan “+”
  • Geser dan pilih opsi “Live” yang ada di bagian bawah
  • Pilih gambar dan tulislah judul dari live-mu. Misal, “Sale baju kekinian hari ini aja!”
  • Jika sudah memilih, selanjutnya tekan “Live”
  • Para followers-mu akan mendapatkan notifikasi jika siaranmu telah berhasil dimulai
  • Saat live berlangsung, kamu bisa menekan tiga titik untuk mengubah berbagai pengaturan, seperti memilih filter, membalikkan kamera, filter komentar, dan menambah moderator.
  • Tekan “X” di sudut kiri atas jika kamu ingin mengakhiri siaranmu

Tips Agar Live Kamu di TikTok Rame Penonton

Tips Live TikTok

Agar konten live lebih menarik dan mendapatkan banyak viewers, kami telah rangkum beberapa metode yang bisa kamu ikuti:

1. Siapkan Peralatan untuk Live

Untuk kualitas video live yang berkualitas, kamu bisa menyiapkan beberapa peralatan untuk mendukung live streaming tersebut. Perlu kamu ingat, penonton bisa saja langsung meng-skip live kamu jika kualitas live yang kamu berikan rendah. Jadi pastikan lighting dan kamera berfungsi dengan baik, ya!

Kamu juga bisa menggunakan tripod atau stabilizer untuk tempat menyanggah ponsel agar video live terlihat stabil dan tangan tidak pegal. Lengkapi juga dengan ring light agar mendapat kualitas cahaya yang baik.

2. Gunakan Judul Yang Menarik 

Setelah semua urusan teknisi sudah siap, kamu bisa menarik lebih banyak penonton awal dengan memberikan judul live yang menarik. Biasanya nih, para penonton akan tergiur dengan embel-embel “Discount Cuman Hari Ini!”, “Sale Besar-Besaran Minggu Ini!” atau “Kita Lagi Cuci Gudang”. Kamu bisa sesuaikan judul tersebut dengan isi live kamu.

Sementara untuk kamu yang melakukan live hanya untuk iseng-iseng saja, kamu bisa memilih topik dari hal yang kamu sukai. Misalnya, kamu sering membuat video memasak, kamu bisa membuat live dengan membahas tips dan trik memasak, cara memasak menu… (a,b,c), dan lainnya. 

3. Berinteraksi dengan Penonton 

Ini adalah tips yang paling penting. Agar live kamu tidak membosankan, kamu harus berinteraksi dengan penonton. Lakukanlah komunikasi dua arah, kamu bisa menyiapkan pertanyaan yang sekiranya akan penonton tanyakan dan menjawabnya well prepare agar mereka tidak bingung.

Jika belum banyak yang join ke siaran tersebut, kamu bisa memulainya dengan menyapa penonton dan berterima kasih karena mereka sudah menonton. Baca juga komentar-komentar dan pertanyaan yang diajukan oleh penonton, terutama bagi mereka yang ingin dijelaskan mengenai produk yang kamu jual. Jangan lupa ucapkan terima kasih untuk setiap pujian dan gift yang diberikan. 

4. Live Bareng TikTokers Lain

Sebuah kolaborasi akan mendatangkan keuntungan bagi masing-masing pengguna. Kamu bisa live bareng TikTokers lainnya agar siaran semakin mengasyikan. Selain live sesama TikTokers, kamu juga bisa mengundang TikTokers tersebut untuk mempromosikan dagangan.

Salah satu brand yang sering mendatangkan TikTokers untuk mempromosikan dagangan mereka adalah Jiniso. Merk jeans asal Indonesia ini diketahui sering melakukan siaran bersama para artis TikTok seperti Fuji, Dara Arafah, Hinggan Livy dan Phrince Gabriel.

5. Sesekali Coba Buat Giveaway

Apapun kegiatannya, jika mengadakan giveaway pasti akan ampuh untuk menarik perhatian banyak orang. Kamu bisa menggunakan metode ini sesekali untuk menarik lebih banyak penonton untuk mampir dan mengetahui akunmu.

Hal-Hal yang Harus Kamu Perhatikan:

1. Pilih waktu prime time

Lakukan siaran langsung di waktu orang paling banyak mengakses TikTok atau yang bisa disebut prime time-nya TikTok. Dilansir dari berbagai sumber, waktu terbaik untuk melakukan live di TikTok adalah siang hari pada pukul 12 hingga 2, lali malam pada pukul 7 hingga 10 malam.

2. Perhatikan durasi

Tak selamanya orang akan terus menonton sebuah siaran langsung. Oleh karena itu, durasi untuk live sangat penting untuk kamu perhatikan. TikTok sendiri merekomendasikan 30 menit sebagai durasi paling efektif untuk melakukan siaran langsung

Itulah cara live di TikTok dan beberapa hal yang bisa Socialights bagikan agar live kamu di TikTok bisa menarik banyak perhatian para viewers.

TikTok adalah media sosial yang baik untuk terhubung dengan penonton dan menambah pengikut. Fitur live di TikTok dapat dijadikan peluang lain bagi brand dan pemilik bisnis untuk membangun audiens mereka. Fitur ini dapat menjadi cara yang bagus untuk menjangkau lebih banyak orang, menghasilkan prospek, dan bahkan mendapatkan uang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!