5 Tips Foto OOTD Biar Makin Kece ala Influencer

Di era digital seperti sekarang, banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk mengekspresikan diri. Salah satunya lewat pakaian dengan mengunggah foto OOTD alias outfit of the day. Foto OOTD ini banyak di unggah di platform seperti Instagram atau Pinterest. 

Kalau kamu juga hobi mengekspresikan diri lewat pakaian yang dikenakan atau senang dengan fashion, kamu bisa loh mulai berkarya menjadi kreator lewat foto OOTD. Agar foto OOTD kamu semakin keren, coba beberapa tips berikut ini yuk!

1. Atur Angle Foto

angle depan

Dalam fotografi, terdapat banyak angle foto yang bisa dieksplor sebagai salah satu trik fotografi. Begitupun dengan foto OOTD, kamu perlu mengetahui angle yang cocok untuk kamu dengan mengeksplornya terlebih dahulu. Biasanya angle foto disesuaikan dengan bentuk tubuh agar terlihat pas. Sebagai contoh, ketika ingin terlihat lebih tinggi di saat foto OOTD, kamu dapat mengambil angle dari bawah agar tubuh terlihat jenjang.

2. Background Foto Senada atau Berlawanan

tantri namira

Background foto turut mempengaruhi OOTD kamu sehingga bisa bikin terlihat kece. Kamu bisa memilih background foto yang senada dengan warna baju atau berlawanan. Dalam menentukan background foto, tidak selalu harus menggunakan latar polos, tetapi kamu bisa manfaatkan benda-benda sekitar agar latar belakang foto kamu tetap estetik.

Sementara itu, kamu bisa manfaatkan background berwarna cerah dengan warna berbeda untuk foto OOTD dengan outfit berwarna neon. Ini bertujuan agar outfit kamu semakin terlihat karena adanya perbedaan warna tersebut.

3. Pose Foto OOTD Anti Mati Gaya

pose bersandar

Foto OOTD kamu gitu-gitu aja? Sebagar kreator, foto dengan pose yang sama setiap saat lama-lama akan terlihat membosankan. Sama seperti angle, kamu bisa eksplore pose untuk OOTD agar berbeda dan terlihat unik.

Pose foto OOTD pun gak harus selalu berdiri menghadap kamera. Kamu bisa memalingkan wajah dari kamera, menengok kesamping, bahkan bersandar. Pose seperti itu bakal bikin foto OOTD kamu terlihat lebih fresh tentunya.

4. Perhatikan Pencahayaan

golden hour

Pencahayaan atau lighting merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil foto. Buat foto OOTD, pencahayaan alami lebih terlihat bagus. Golden hour adalah momen tepat untuk kamu mengambil foto OOTD. Golden hour ini terdapat pagi dan sore hari. Di pagi hari, kamu bisa mengambil foto di pukul 8 – 10 pagi. Sementara itu, pada sore hari kamu bisa mulai dari pukul 4 hingga menjelang matahari terbenam. 

5. Perlihatkan Details, Jangan Zoom Kamera

Memperlihatkan details dari outfit yang kamu pakai akan semakin mempercantik foto. Details ini bisa berupa aksesoris yang kamu gunakan, seperti kalung, anting, hingga sepatu. Nah, untuk memperlihatkan ini jangan zoom kamera agar foto tidak pecah. Sebaliknya, kamu perlu mendekatkan kamera dengan objek agar terlihat bagus dengan resolusi yang tinggi. 

Tips Foto OOTD dan Bergaya Ala Influencer

Hampir semua influencer mengunggah foto OOTD ke Instagram. Foto OOTD ini mulai dari outfit harian, santai, jalan-jalan hingga formal untuk occasion tertentu. Kamu bisa mulai jadikan gaya-gaya foto OOTD para influencer ini sebagai inspirasi sekaligus tips baru dalam foto OOTD. Cek di bawah ini yuk!

Menengok Kesamping ala Alika Islamadina

Foto OOTD tidak harus melihat ke arah kamera. Contohnya seperti gaya dari penyanyi Alika Islamadina yang tetap terlihat stunning dengan outfit dress hitam polos dengan aksesoris tas berwarna pink. Ditambah latar belakang netral dari bata coklat semakin memperlihatkan betapa minimalis dan cantik outfit dari Alika.

Pegang Outfit Kamu seperti Ayla Dimitri

Kalau kamu mau menghadap kamera, bisa coba gaya seperti Ayla Dimitri. Pose dari Ayla Dimitri ini bikin foto OOTD kamu terlihat lebih santai. Jangan lupa pasang wajah fierce ala model ya Sociality!

Foto Hadap Belakang ala Cindy Karmoko

Sering merasa kurang pede saat foto menghadap kamera? Coba foto membelakangi kamera seperti Cindy Karmoko. Meski begitu, outfit kamu tetap kelihatan menarik. Pastikan kamu tetap berpose agar foto OOTD terlihat seperti candid. 

Selain itu, kamu bisa manfaatkan background yang menarik untuk foto membelakangi kamera. Foto seperti ini cocok dilakukan ditengah pameran. Kamu bisa melihat objek yang dipamerkan sekaligus foto OOTD, deh!

Pose Mirror Selfie ala Sivia Azizah

Siapa yang suka mirror selfie? Manfaatkan hobi kamu tersebut untuk membuat foto OOTD semakin keren. Contohnya, seperti Sivia Azizah yang melakukan mirror selfie dengan boyish pose karena memasukkan tangan ke dalam saku celananya. Meski sederhana, pose dari Sivia satu ini tetap membuat dirinya terlihat keren kan?

Itulah beberapa tips serta inspirasi foto OOTD yang bisa kamu coba sendiri. Semakin banyak gaya foto OOTD, dijamin semakin keren foto yang kamu hasilkan. Nah, gaya favorit kamu untuk OOTD yang man, nih?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!