7 Rahasia Foto Makanan Instagramable, Cuman Pakai HP!

Semua orang pasti familiar dengan foto makanan yang beredar di media sosial terutama dari media sosial para influencer yang selalu terlihat estetik dan indah. Dibalik foto makanan tersebut, mereka tidak asal cekrek pastinya. Ada teknik dan tips foto makanan yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan gambar kuliner yang menggugah.

Makanan akan lebih menarik jika fotonya terlihat ciamik. Nah, itulah pentingnya food photography atau fotografi makanan. Dari sekian banyak trik fotografi, jenis food photography ini sangat menarik untuk kamu yang suka upload foto makanan di media sosial. Pasalnya, jika menggunakan teknik ini, makanan akan terlihat lebih menggugah selera.

Dengan diatur sedemikian rupa untuk makanan terlihat lebih lezat dan menggugah selera. Ada beberapa teknik agar makanan tersebut menghasilkan gambar jauh lebih indah daripada aslinya. Nah, untuk kamu yang selalu mengupload foto makanan di media sosial kamu, ada beberapa tips nih bagaimana cara foto makanan agar lebih indah dan estetik. Simak selengkapnya!

Tips Mengambil Foto Kuliner

Ada beberapa tips untuk memotret makanan kamu agar lebih instagramable dan jangan asal cekrek! Yuk ikuti selengkapnya!

1. Siapkan komposisi 

ayam bakar

Komposisi makanan merupakan hal penting sebagai salah satu tips dalam food photography. Perhatikan warna, isi, dan bagian yang paling menonjol dalam makanan yang ingin kamu foto. Misalkan jika kamu ingin memotret ayam goreng, tonjolkan ayam tersebut dan jangan tertutup apapun seperti daun-daunan. Perlihatkan tekstur dari ayam sehingga dapat terlihat lebih lezat. 

2. Eksplor Angle 

Untuk memfoto sebuah makanan, ada baiknya kamu tidak terpaku dalam satu angle. Kamu dapat memutar arah kamera atau makanan kamu sehingga kamu mendapatkan angle terbaik dari makanan tersebut. 

Dalam food photography sendiri terdapat teknik KKB. Teknik pengambilan foto ini menggunakan angle kanan, kiri, dan belakang saat memotret makanan. Selain itu, dalam mengambil foto perlu memperhatikan arah datangnya cahaya agar objek terlihat jelas dan tidak backlight. Apabila setelah pengambilan foto dengan angle kanan, kiri, dan belakang hasilnya kurang memuaskan, coba juga gunakan angle atas agar terlihat semakin menarik.

3. Tambahankan Elemen

spaghetti di garpu

Komposisi yang sedikit akan terlihat bosan pada gambar, opsi untuk menambahkan elemen untuk komposisi pada gambar adalah hal yang efektif agar gambar lebih terlihat menarik. Kamu bisa tambahan seperti alat makan, atau juga peralatan masak pada makanan atau sedotan pada minuman agar gambar lebih terlihat hidup.

4. Perlihatkan bahan dasar

smoothies buah

Pada tips ini merupakan opsi alternatif agar gambar tidak terlihat membosankan dan monoton. Kamu dapat menampilkan bahan dasar seperti bawang-bawangan, bumbu, dan lainnya pada gambar. Selain menambahkan nilai keindahan foto, fungsi dari tips ini adalah memberitahu audience bahan dasar dari makanan atau minuman tersebut. 

5. Langgar Rule of Third

rule of third

Foto makanan kamu tidak harus terpaku pada rule of third ini. Pada dasarnya sebuah makanan dan minuman bukanlah objek yang konkrit melainkan objek yang kompleks. Kamu bisa mengeksplor berbagai macam cara agar gambar dapat terlihat lebih indah dan pastinya instagramable buat media sosial kamu.

6. Foto dengan cepat

fresh salad

Pada dasarnya sebuah makanan atau minuman memanglah untuk dikonsumsi. Maka dari itu fotolah dengan waktu yang singkat agar makanan dan minuman tersebut itu masih layak untuk dikonsumsi dan tidak membuang-buangnya. 

Itulah beberapa tips fotografi kuliner yang bisa kamu coba untuk foto makanan atau minuman kamu untuk di upload di media sosial kamu, pasti hasilnya estetik deh! Jangan mau kalah dengan para influencer, umumnya mereka memiliki tim juru foto profesional untuk gambar yang indah. Sekarang, giliran kamu menampilkan gambar kuliner terbaikmu di media sosial!

7. Pantulan Pencahayaan Alami

cahaya-alami

Faktor pencahayaan merupakan faktor penting dalam fotografi, tak terkecuali saat kamu sedang memotret makanan. Cara sederhana dalam mencari pencahayaan ini bisa melalui cahaya alami, yakni sinar matahari. Kamu bisa pantulkan cahaya matahari ke arah makanan agar terlihat lebih menarik.

Nah untuk kamu yang ingin langsung berkolaborasi dengan influencer, gampang banget! tinggal donwload aplikasi Socialight di Handphone kamu, lho! disana kamu akan mendapatkan informasi-informasi menarik tentang konten kreator maupun influencer.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!