TikTok Luncurkan Fitur Targeting Transparency Tools, Ini Fungsinya!

tiktok targeting transparency tools

TikTok memberi terobosan baru dengan memberikan lebih banyak wawasan tentang bagaimana data pribadi TikTok users bekerja untuk penargetan iklan di aplikasi dengan meluncurkan TikTok targeting transparency tools.

tiktok targeting transparency tools

Wawasan ini diberikan pada kolom “about this ad” yang menguraikan elemen penargetan aplikasi yang dipakai untuk menampilkan iklan kepada users.

Hal itu juga telah diungkapkan oleh pihak TikTok, “Kami memperkenalkan fitur about this ad agar pengguna tahu mengapa iklan tersebut ditampilkan kepada mereka, pemberian informasi ini juga dilakukan untuk menghadirkan lebih banyak transparansi dalam praktik iklan, serta mengetahui cara kerja tiktok ads.” 

Tak hanya itu, users juga bisa mematikan personalisasi iklan berdasarkan pihak ketiga, meskipun aktif dan nonaktif, sehingga TikTok masih bisa menggunakan aktivitas users untuk proses penargetan iklan.

Upgrade yang dilakukan users akan membuat TikTok lebih sejalan dengan aplikasi sosial media lainnya yang menawarkan fitur serupa. Sampai tahap ini, TikTok telah bekerja keras untuk terus menggunakan pelacakan iklan yang dipersonalisasi, dengan berbagai cara.

Selain fitur transparency targeting tools, TikTok juga telah meluncurkan ikhtisar penggunaan data iklan yang telah diperbarui untuk membantu users memahami cara kerja TikTok menargetkan iklan. 

Data tersebut dapat membantu users menentukan apakah iklan yang ditampilkan pada beranda mereka sesuai berdasarkan gender atau minat.

Salah satu contohnya, pengguna bisa mematikan kategori minat “kecantikan” sehingga konten tersebut tidak akan muncul lagi, serta mengubah gender di Tiktok secara mandiri, tanpa mengganggu layanan Tiktok.

Sampai pengembangan itu terus dimutakhirkan, TikTok terlihat lebih terbuka tentang bagaimana informasi pribadi users digunakan untuk penargetan iklan, namun di sisi lain, TikTok berusaha menghindari pembatasan tersebut melalui cara yang masih dipertanyakan.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts