TikTok Hadirkan Fitur TikTok Story, Begini Cara Menggunakanya

Menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh, TikTok terus hadirkan inovasi baru yang mendorong pengguna untuk tetap aktif dan betah menggunakan aplikasi video pendek ini. Setelah berhasil ramaikan fitur live streaming, TikTok kini keluarkan fitur baru yang sebetulnya sudah para pengguna nantikan, yaitu TikTok Story. 

Meski tak banyak berbeda dengan fitur Story milik Instagram, Twitter, maupun Facebook, TikTok Story ternyata memiliki beberapa keunikan yang menarik untuk kamu ketahui dan coba, lho.

Penasaran? Yuk, simak penjelasan berikut!  

social media on phone

Mengenal Fitur Baru Tiktok, TikTok Story

Fitur story kini memang telah menjadi fitur langganan dari banyak media sosial, mulai dari Snapchat, Instagram, Twitter, dan kini yang terbaru, TikTok. 

TikTok Story merupakan fitur terobosan baru dari aplikasi TikTok pada tahun 2022, yang memungkinkan para pengguna untuk berbagi foto dan video apapun yang hanya akan tersimpan selama 24 jam. 

Meski tak memiliki laman khusus untuk melihat Story dari masing-masing pengguna, namun kamu dapat meliat Story tersebut melalui profilnya, atau di laman For You Page bersamaan dengan tampilan video pendek. 

Pengguna yang mengunggah Story di TikTok akan memiliki tanda lingkaran berwarna biru pada foto profil mereka. Apabila kamu ingin menyaksikan Story mereka, maka yang perlu kamu lakukan adalah meng-klik lingkaran biru tersebut.

tiktok on phone

Sama halnya seperti fitur serupa pada media sosial lain, pada TikTok Story kamu dapat melihat jumlah pengguna yang menyaksikan Story-mu. Namun, berbeda dengan Instagram, di TikTok kamu tidak dapat melihat siapa saja pengguna yang melihat Story yang kamu unggah. Uniknya lagi, di TikTok pengguna lain dapat meninggalkan komentar dan memberikan reaction pada Story-mu. Menarik sekali ya?

Meski berasal dari China, justru negara Amerika lah yang pertama kali menguji coba fitur tersebut.

Cara Menggunakan TikTok Story

tiktok story

Lantas, bagaimana cara mengunggah Story di akun TikTok? Mari ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok yang tersedia di handphone-mu
  2. Tiba di laman utama, klik tombol ‘Post’ yang tersedia di tengah bawah layar
  3. Pilih dan klik mode kamera ‘Quick’ untuk mengambil foto dan videonya
  4. Pilih filter, efek, teks, sound, dan berbagai fitur edit lainnya yang biasa kamu gunakan saat membuat video pendek di TikTok
  5. Setelah selesai edit, klik tombol ‘Post to story’ untuk mengunggahnya

Bagaimana, mudah kan membuat TikTok Story? Jadi tunggu apa lagi, ayo coba sekarang siapa tahu melalui TikTok Story kamu dapat meningkatkan engagement di akun mu!

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar fitur media sosial lainnya seperti Instagram dan Twitter? Atau tertarik dengan tips membuat konten dan meningkatkan engagement? Kalau iya, maka kamu wajib download aplikasi Socialights yang tersedia secara gratis di iOS dan Android. Ayo klik sekarang!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!