Apa Itu TikTok Shop? Begini Cara Menggunakannya

Setelah Shopee, Tokopedia, dan terakhir fitur khusus berbelanja dari Instagram, kini shopping desire para warganet semakin meningkat dengan kemunculan e-commerce baru bernama TikTok Shop. 

Sebagai aplikasi hiburan video pendek dengan jumlah pengguna yang tinggi, TikTok menjadi sasaran empuk para brand dan pemilik bisnis online dalam mempromosikan produk mereka. Karena sebelumnya promosi ini sudah terbukti berhasil dalam meningkatkan penjualan, e-commerce hitam tersebut pun ikut bereksperimen dengan mengeluarkan fitur mereka yang disebut ‘TikTok Shop’ sebagai upaya memaksimalkan kegiatan berbelanja penggunanya.

Lantas, apa itu TikTok Shop dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

Mengenal Apa Itu TikTok Shop

Apa itu tiktok shop?

Seperti halnya fitur di Instagram, TikTok Shop merupakan sebuah fitur berbelanja online yang TikTok rilis pada April 2021 lalu. Di dalamnya, fitur ini menyajikan berbagai produk dari sejumlah toko, merek, dan UMKM untuk dibeli oleh para pengguna.

Keunikan dari fitur belanja garapan e-commerce platform hitam ini adalah pengguna tak perlu berpindah aplikasi atau web untuk berbelanja maupun berjualan. Sehingga, segala jenis transaksi yang dapat berlangsung baik itu dalam hal pembelian, chatting dengan penjual, maupun proses pembayaran dalam hanya melalui 1 aplikasi.

Selain itu, fitur baru ini juga tak main-main lho dalam hal memberikan promo, diskon, dan hadiah menarik lainnya kepada pengguna. Hmm.. jadi semakin tertarik untuk berbelanja ya!

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu memastikan bahwa aplikasi yang kamu unduh merupakan versi terbaru, dan memiliki akun terdaftar. Berikut detailnya:

Cara Berbelanja di TikTok Shop

Apabila kamu pengguna TikTok dan berencana untuk berbelanja melalui dengan fitur yang sedarintadi kita bahas, coba perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok melalui handphone-mu
  2. Gunakan tagar #TikTokShop untuk cari produk yang kamu inginkan atau kunjungi akun TikTok milik toko tertentu yang kamu inginkan
  3. Setelah berada di halaman profile toko, klik ikon tas dengan nama ‘Shop’
  4. Pilih barang yang hendak kamu beli berdasarkan daftar produk yang ditampilkan
  5. Klik tombol ‘Buy Now’ untuk segera melanjutkan transaksi
  6. Isi alamat pengiriman, jumlah barang yang dibeli, dan hal-hal lainnya yang diperlukan
  7. Pilih metode pembayaran (OVO, Gopay, Dana, Transfer Bank, Kartu Kredit, atau Indomaret/Alfamart) 
  8. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan proses pembayaran

Cara Berjualan di TikTok Shop

Jika kamu ingin memulai bisnis atau memperluas cakupan jualanmu dengan menggunakan TikTok Shop, Ikut langkah-langkah berikut:

  1. Buka TikTok melalui laman berikut
  2. Klik tulisan ‘Daftar Sekarang’ 
  3. Sign up dengan akun TikTok tokomu yang ingin digunakan untuk membuka TikTok Shop
  4. Lengkapi beberapa informasi data diri
  5. Lengkapi profil ‘TikTok Shop Seller Center’ yang berisikan nama toko dan jenis bisnis yang akan kamu jalankan
  6. Klik lanjut untuk menyelesaikan proses registrasi
  7. All done! Sekarang kamu sudah bisa menikmati fitur tersebut untuk melangsungkan proses penjualan

Klik gambar di bawah ini untuk langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut hal-hal seputar content creator, media sosial, dan hal-hal di antaranya.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!