Ini Alasan Mengapa TikTok Menjadi Aplikasi Paling Populer di Tahun 2022!

Modern ini sulit menemukan orang yang tidak terobsesi dengan aplikasi TikTok. Diselimuti fitur dan konten menarik setiap harinya, tak mengherankan TikTok dapat secara cepat berubah menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam waktu singkat. Akibat dari peningkatan jumlah penggunanya yang luar biasa ini, TikTok kini dimanfaatkan oleh para penggunanya sebagai ladang untuk mencari cuan, baik itu berbisnis ataupun menggaet popularitas sebagai seorang TikTokers.

Meski sempat di-banned oleh pemerintah pada tahun 2018, TikTok kini justru menjadi media sosial yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia selain Instagram dan Twitter. Sedikit ragu jika mendengar seseorang mengatakan bahwa mereka masih belum mengunduh aplikasi ini di tahun 2022. Tapi daripada Socialty penasaran, berikut merupakan penjelasan singkat mengenai TikTok dan mengapa TikTok masih menjadi juara bertahan media sosial yang paling banyak digunakan di tahun 2022. Simak!

TikTok Logo

Apa Itu TikTok?

Entah kamu sudah tahu atau belum, tapi singkatnya TikTok merupakan sebuah platform video pendek berdurasi 15 hingga 180 detik yang menampilkan kreasi dan imajinasi dari si pengguna. Mulai dari membuat video dubbing, menari dari lagu-lagu terkenal dan lain sebagainya. 

Pengguna aplikasi ini gak hanya dari kalangan biasa, tapi juga selebriti dunia hingga tokoh politik. Bahkan ada banyak artis baru yang bermunculan dari TikTok. Contohnya adalah Bella Porch yang sekarang ini sedang naik daun dan sudah mengeluarkan single lagu. 

watching tiktok

Sejarah TikTok

Pada awalnya TikTok dibuat oleh dua orang sahabat, yaitu Alex Zhu serta Luyu Yang. Keduanya memang sudah berniat untuk meluncurkan sebuah aplikasi yang berbeda dan unik dengan tujuan utama sebagai media hiburan. Sehingga tak heran TikTok muncul sebagai media sosial yang sangat berbeda dengan Facebook dan Twitter yang lebih condong pada fungsi berjejaringnya. 

Setelah melakukan berbagai macam riset, rapat yang tiada henti, keduanya pun menemukan celah yang tidak pernah dimiliki media sosial hingga waktu tersebut, yaitu video pendek. Akhirnya pada tahun 2014 lahirnya Musically yang dirilis di Amerika dan China. Tentu saja, aplikasi ini langsung populer. 

Tidak lama, di tahun 2016 Musically pun telah diunduh 70 juta kali dan telah mengunggah 10 juta video pendek per harinya. Tentu saja penggunanya tidak hanya dari Amerika dan China saja, tapi juga beberapa negara lain. 

Di tahun 2017, terjadi perubahan besar akan Musically ini. Dimana ada satu aplikasi bernama Douyin yang dirilis oleh ByteDance. Pada tahun tersebut, ByteDance mengakuisisi Musically dan berubah nama menjadi TikTok. Jadi, bisa dikatakan TikTok yang sekarang adalah gabungan dari dua aplikasi menjadi satu. 

Mulai tahun 2018, akhirnya TikTok menjadi salah satu aplikasi media sosial paling banyak diunduh dan sudah lebih dari 100 juta pengguna dan catatan tersebut dirilis pada tahun 2020. Bisa dibayangkan berapa banyak pengguna aplikasi saingan Instagram yang satu ini sekarang? 

TikTok app

Deretan Alasan Mengapa TikTok Menjadi Aplikasi Paling Populer di Tahun Ini

“Jika sudah sempat di-banned, lalu mengapa TikTok justru menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di tahun ini?” Oke, pertanyaan bagus. Dan jawabannya bisa langsung kamu temukan di bawah ini ya! 

1. Easy To Use

Hanya dengan scrolling dan menjelajahi aplikasi ini selama 5 menit, Socialty dijamin akan langsung dibuat terobsesi dengan platform hiburan yang satu ini. Memiliki tampilan yang sederhana dan menarik, membuat para pengguna baru dapat segera menguasai fitur-fitur di aplikasi TikTok dalam waktu singkat. 

Di laman pertama kamu akan langsung disuguhi oleh sejumlah video menarik dan populer yang akan membuat perasaanmu campur aduk, mulai dari tertawa, sedih, atau bahkan ketakutan. Laman ini disebut dengan ‘For You Page’ atau FYP. Dengan algoritmanya yang kompleks, TikTok akan secara otomatis menyajikan video apa yang harus kamu tonton, dan video create agar fit in dengan tren dan minat pengguna lainnya di laman FYP ini. 

2. Berisi Konten yang Variatif Setiap Harinya

Sempat menjadi pertanyaan banyak orang, kira-kira ada berapa banyak sih video yang ada di aplikasi ini? Hmm.. rasanya pertanyaan ini harus kamu kubur dalam-dalam karena jawabannya sulit untuk diketahui mengingat setiap harinya TikTok bisa memunculkan segudang tren baru dari berbagai kategori, mulai dari kecantikan, komedi, hingga karir. 

Saking banyak dan bervariatifnya, faktor inilah yang kemudian membuat TikTok menjadi juara bertahan sebagai aplikasi hiburan terpopuler di Indonesia sejak awal pandemi.  

3. Sangat Up-to-date

Dengan segudang konten baru dan bervariatif setiap harinya, membuat TikTok menjadi salah satu media sosial paling up-to-date. Sejuta informasi baru terkait berbagai topik bisa kamu temukan, mulai dari sains, berita lalu lintas, hingga gossip seleb terbaru ada di aplikasi ini. 

Tak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi TikTok kamu juga bisa update dengan berbagai film atau musik terbaru sesuai yang dengan minatmu, lho!

4. Mudah Menggaet Popularitas

Dengan algoritmanya yang unik, TikTok dapat membuat video yang dibuat oleh pengguna yang tidak memiliki followers banyak untuk bisa ikut terkenal dalam waktu semalam.  Keunikan lain, video mu tidak perlu memiliki kualitas yang luar biasa untuk bisa viral! 

Sedikit tips, pastikan kamu membuat video yang sesuai dengan tren, memiliki isi yang menarik, serta menggunakan hashtag dan sound yang sedang trending saat ini.

5. Memiliki Banyak Fitur Menarik

Sebagai aplikasi hiburan, TikTok menyajikan sejumlah fitur unik yang dapat digunakan oleh si pengguna dalam menciptakan video pendek yang menarik dan tentunya menghibur, sehingga Socialty pasti akan sulit dibuat bosan menggunakan platform video pendek yang satu ini. Nah, berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi TikTok!

1. Add music 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa TikTok adalah aplikasi video pendek yang diiringi musik. Dimana Kamu bisa menambahkan berbagai musik yang telah disediakan. Tenang saja, musik yang ada dalam aplikasi ini semua sudah mendapatkan izin, jadi bisa digunakan sesuka hati sesuai dengan konten yang dibuat. 

Oh iya, ada tips buat Kamu nih! Supaya konten kamu menarik dan ditoton banyak orang, kamu bisa menggunakan lagu TikTok yang lagi viral.

2. Filter dalam video 

Mungkin fitur yang satu ini juga paling dibutuhkan pengguna aplikasi media sosial yang satu ini. Dimana filter bisa digunakan untuk memberikan tampilan video yang lebih baik. Mulai dari mengubah rona wajah, mengatur tone dan lain sebagainya. 

3. Stiker dan efek 

Selain itu, jika Sociality menggunakan aplikasi ini juga bisa menikmati fitur menambahkan stiker serta efek dalam video. Hal ini tentu saja akan memberikan kebebasan bagi creator untuk membuat video yang jauh lebih keren dan menarik. 

4. Voice changer 

Selanjutnya, pengguna juga bisa mengubah suara dengan menggunakan Voice Changer. Dimana fitur ini tentu saja akan membuat video semakin lucu dan bisa menghibur pengguna lain. 

Selain fitur di atas, masih banyak fitur lainnya yang bisa digunakan agar video Tiktok buatan Socialty semakin menarik.

Untuk kamu yang tertarik dengan informasi lainnya terkait media sosial dan influencer, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Socialights Indonesia yang tersedia di iOS dan Playstore. Ayo klik sekarang!

Play Store Download Button
App Store Download Button

Jadi itu dia informasi terkait aplikasi TikTok dan mengapa TikTok kini menjadi salah satu aplikasi populer di tahun ini. Semoga bermanfaat!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!