Mengenal Apa Itu Thread Twitter dan Cara Menggunakannya

Twitter kini kembali menjadi media sosial yang digandrungi oleh banyak orang. Diawali dengan fitur cuitannya yang memiliki karakter terbatas, yaitu sejumlah 120 karakter, Twitter kemudian  mengembangkan fitur tweet-nya hingga kini memiliki maksimum karakter sebanyak 280.

Kamu pengguna setia Twitter mungkin merasa bahwa 280 karakter masih belum cukup bukan? Tentu kamu membutuhkan karakter lebih banyak untuk dapat berbagi cerita atau informasi secara lengkap kepada para followers.

twitter logo on phone

Tapi jangan khawatir! Kembali menjawab keluh kesah para pengguna, Twitter akhirnya menghadirkan fitur baru bernama Thread yang membantu penggunanya untuk bisa menulis tweet tanpa batas karakter, lho

Apa itu sebenarnya Thread Twitter dan seperti apa cara kerjanya? Mari simak bersama di artikel ini!

Apa Itu Thread Twitter?

Utas atau yang biasa dikenal dengan Thread merupakan kumpulan tweet yang bersambung. Menjawab kebutuhan pengguna untuk bisa berbagi cerita dan informasi melebih 280 karakter, thread kini dapat digunakan dengan mudah untuk menuliskan cuitan tanpa batas.

Selain Thread dan Utas, ternyata Thread Twitter juga memiliki sebutan khas lainnya, yaitu Tweetstorm dan Kultwit, yang merupakan singkatan dari Kuliah Twitter. Hmm.. Unik sekali ya?

Bagaimana Cara Menggunakan Thread Twitter?

twitter on ipad

Tertarik untuk menggunakannya? Ayo segera buka aplikasi Twitter kamu dan ikuti langkah berikut!

  1. Buka aplikasi Twitter di handphone-mu
  2. Klik tombol untuk membuat tweet baru
  3. Tulis cuitan sesuai dengan yang kamu inginkan
  4. Jika sudah dan ingin menambahkan tweet bersambung, klik tanda ‘+’ untuk membuat tweet tambahan
  5. Tulis kembali lanjutan dari tweet sebelumnya
  6. Lakukan kembali step 4-5 untuk menambahkan sambungan tweet
  7. Setelah selesai dengan semua tweet, klik tombol ‘tweet all’ di pojok kanan atas
  8. Selesai!

Setelah muncul di timeline, thread yang telah kamu unggah nantinya akan memiliki keterangan ‘Show This Thread’.

Apabila seluruh tweet sudah terkirim tapi kamu tiba-tiba ingin menambahkan tweet tambahan dari thread yang sama, maka kamu dapat meng-klik ‘Add Another Tweet’ yang tersedia di thread yang telah kamu unggah. Mudah sekali bukan?

Rekomendasi Topik Thread Twitter Populer Untuk Kamu Coba

Ingin mulai menulis thread tapi belum terpikir ingin menulis apa? Tenang saja Socialty, karena berikut ini Socialights sudah merangkum beberapa rekomendasi ide topik untuk kamu tulis di thread. Simak!

twitter on phone

1. Cerita Humor

Salah satu topik thread yang sering viral di Twitter adalah cerita lucu atau humor. Para pengguna Twitter biasanya mampir ke aplikasi ini ketika sedang jenuh dan butuh hiburan, sehingga thread yang berisikan cerita lucu menjadi incaran utama mereka ketika singgah di timeline Twitter. 

Kamu bisa mulai membuat thread lucu dengan menuliskan keluh kesah sehari-hari mu menggunakan permainan kata yang ‘nyeleneh’, atau bercerita tentang pengalaman unik yang mungkin bisa membuat orang lain tertawa. Coba sekarang?

2. Tutorial & Tips

Ide topik thread kedua adalah tutorial dan tips. Kamu bisa mulai menuliskan cuitan bersambung seputar cara membuat sesuatu atau tips melakukan sesuatu dalam bidang yang mungkin kamu kuasai. Misal, tutorial membuat eyeliner sekali tarikan, atau tips untuk mendapatkan tampilan makeup yang tahan lama. 

3. Cerita Horror

Cerita horror adalah salah satu topik thread favorit para warga Twitter. Biasanya mereka akan bercerita panjang lebar melalui fitur tweet bersambung seputar kronologi pengalaman mereka saat mengalami kejadian mistis. Tak hanya itu, di sini kamu juga bercerita tentang legenda atau mitos mistis lainnya yang mungkin dapat menarik perhatian pengguna. 

4. Informasi Seputar Pengembangan Diri 

Pada topik thread yang satu ini kamu bisa menuliskan tips dan trick seputar pengembangan diri, seperti menulis pesan inspiratif untuk orang-orang yang sedang mengalami quarter life crisis, menulis cara mengatur uang yang tepat, atau menuliskan hal-hal lainnya yang berguna untuk kehidupan si pembaca. Menarik, dan tentunya bermanfaat!

5. Berita Terbaru

Terakhir, di thread kamu bisa menuliskan informasi seputar berita terbaru yang sedang hangat diperbincangkan oleh warganet. Perlu diingat Twitter adalah platform berbagi informasi yang sangat cepat, sehingga dengan membagikan berita terbaru melalui thread kamu bisa membantu membagikan informasi kepada masyarakat sekaligus meningkatkan popularitas diri jika thread yang kamu buat berujung viral. Sekali mendayung, dua pulau terlampaui!

Aight, itu dia semua hal tentang thread Twitter yang perlu kamu ketahui. Sedikit saran: Ayo coba mulai unggah thread pertama kamu sekarang dengan menuliskan salah satu topik rekomendasi yang telah disebutkan sebelumnya. Siapa tahu kamu bisa menggaet lebih banyak followers, kan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!