9 Syarat Monetisasi Blog Melalui Google Adsense, Gampang Banget!

Mendapatkan penghasilan melalui internet menjadi hal yang sangat mudah di jaman digitalisasi ini. Mulai dari Blog, Youtube, Instagram, Twitter, hingga TikTok para konten kreator bisa meraup keuntungan yang menjanjikan di sana.

Pada artikel ini, Socialights akan membahas cara mendapatkan uang dengan Google Adsense untuk kamu para blogger.

Dikutip dari laman Hotmart, syarat Google AdSense Blogger ini sangatlah mudah. Kamu hanya perliu akun Gmail, nomor telepon, alamat, dan laman blog yang ingin dimonetisasi. 

Namun, ada beberapa persyaratan lain yang perlu kamu penuhi untuk dapat menggunakan Google AdSense sebagai penghasil uang di Blogger. 

Yuk, simak syarat-syaratnya dalam artikel di bawah ini!

Syarat Monetisasi Blog dengan Google AdSense

Pihak Google telah membantu para penulis untuk lebih berkembang dengan adanya google adsense ini sehingga penulis mendapatkan keuntungan dari jerih payah karyanya.

Namun google juga tidak sembarangan untuk memberikan iklan, mereka memiliki persyaratan untuk monetisasi sebuah blog. Berikut syarat-syaratnya:

1. Usia

Penulis blog dalam persyaratan untuk Google adsense harus berumur minimal 18 tahun.

Google tidak akan menerima jika blogger di bawah usia tersebut kecuali blogger memakai akun wali yang sudah diatas umur tersebut dan sang wali bertanggung jawab penuh blog tersebut. 

2. Perhatikan Tampilan Blog

Melansir laman Digital Nuisance, tampilan blog yang kamu gunakan haruslah sederhana dan berpenampilan bagus dengan font yang mudah untuk dibaca sehingga audiens bisa lebih memahami konten yang ada.

Desain dan tampilan blog yang tepat dapat meningkatkan user experience sehingga Google AdSense lebih mudah untuk mempertimbangkannya.

3. Memiliki Pengunjung

Dari pihak google tidak memberi tahu berapa minimal pengunjung blog untuk syarat monetisasi.

Namun pastikan jika kamu ingin monetisasi blog kamu, kamu harus memiliki pengunjung setiap harinya dan ini kekonsistenan kamu diuji oleh google sebagai blogger.

4. Konten Original

Ini yang menjadi hal penting sebagai blogger dan konten kreator. Google akan menerima jika konten kamu original dan unik. Selain itu konten kamu juga berisi yang informatif bagi pembaca dan tidak plagiat.

Pas banget nih buat kamu yang suka membuat konten. Kalau kamu ingin berkolaborasi langsung dengan para influencer bisa banget loh!

Cara nya tinggal download aplikasi Socialights di Smartphone kamu aja kok, disana kamu bisa mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya lho!

5. Buat Halaman Penting

Sebelum mengajukan google adsense, pastikan kamu sudah mengisi halaman-halaman penting di blog kamu. Seperti About, Privacy Policy, dan Contact.

Pastikan juga semua terisi dengan informasi pribadi kamu agar Google adsense kamu diterima dan dapat dimonetisasi blog kamu.

6. Usia Blog

Syarat selanjutnya adalah perhatikan usia blog kamu dari awal kamu membuat blog. Pastikan usia blog kamu sudah mencapai 1 sampai 6 bulan agar monetisasi diterima oleh google.

Jangan terburu-buru, blog yang masih berumur seminggu atau dua minggu dipastikan tidak akan diterima oleh google.

7. Memiliki Tidak Lebih dari Satu Akun

Kamu tidak boleh memiliki 2 blog atau website dalam satu akun google. Pastikan akun kamu hanya satu jika kamu ingin monetisasi.

Jika ingin lebih dari satu akun, pakai data diri kerabat terdekat dan juga meminta pertanggung jawaban atas website.

8. Gunakan Domain Situs Berkualitas

Jika ingin pengajuan Google AdSense untuk blog kamu diterima, gunakanlah domain situs web yang berkualitas tinggi. 

Maksudnya, gunakanlah nama domain yang sederhana, mudah dibaca, dan diingat. Domain terbaik dan disukai oleh Google AdSense biasanya memiliki akhiran .com.

Jadi, coba koreksi dahulu apakah situs blog kamu sudah memiliki persyaratan domain yang telah ditentukan.

9. Hindari Traffic Berbayar

Ini adalah persyaratan penting yang banyak disepelekan. Dalam mengelola blog, salah satu hal penting yang perlu untuk kamu perhatikan secara berkala ialah jumlah pengunjung (traffic). 

Selain jumlah traffic yang tinggi, Google AdSense juga hanya akan menerima blog dengan traffic organik. Maka dari itu, hindari menggunakan traffic berbayar jika blog kamu ingin disetujui oleh Google AdSense.

Itulah beberapa syarat untuk monetisasi blog kamu melalui Google Adsense.

Jika blog kamu sudah memenuhi keenam syarat tersebut, langsung aja daftarkan blog kamu dan dapatkan penghasilan dari internet sekarang juga! 

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!