7 Sumber Pendapatan Influencer Paling Banyak!

Masa pandemi mendorong masyarakat untuk mencari sumber pendapatan tambahan melalui media sosial, terutama Instagram. Instagram seringkali menjadi wadah membangun personal branding melalui berbagai konten. Jika personal branding kamu sudah memiliki ciri khas yang kuat, maka kamu dianggap mampu untuk memberikan pengaruh kepada followers atau bahkan orang baru. Individu yang memiliki pengaruh kepada khalayak luas pun dikenal dengan panggilan influencer, yaitu seseorang yang memiliki pengaruh untuk mengajak masyarakat dalam menaruh ketertarikan ataupun mengambil tindakan. Biasanya, influencers mencakup seorang publik figur atau tokoh yang terkenal. 

Menjadi seorang influencers tentu memberikan tanggung jawab yang besar kepada individu, melihat besarnya pengaruh yang dimiliki. Dengan tanggung jawab yang besar, influencer pun memiliki berbagai manfaat, seperti menambah koneksi dan mendapatkan sumber pendapatan. Apakah kalian penasaran dengan bagaimana para influencers mendapatkan pendapatan mereka? Berikut adalah tujuh cara para influencer untuk memperoleh sumber pendapatan!

7 Sumber Pendapatan Influencer

1. Endorsement oleh Berbagai Merek

Endorsement adalah bentuk promosi pada sebuah barang atau jasa di media sosial yang dilakukan oleh influencer. Endorsement pun dilakukan secara berbayar dan tidak berbayar, bergantung kepada kesepakatan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Endorsement yang dilakukan oleh influencers dinilai efektif untuk performa merek, seperti membangun kredibilitas dan membuka pasar baru. 

2. Penggunaan Google Adsense

Pemanfaatan Google Adsense

Google Adsense adalah program periklanan yang berdasarkan CPC (cost-per-click), dimana pemilik situs web akan mendapatkan penghasilan melalui iklan yang terpasang. Penggunaan Google Adsense pun seringkali dimanfaatkan oleh influencers dalam menampilkan iklan melalui media sosial. 

3. Membuat Konten Video melalui Youtube

Pengambilan video

Pada umumnya, setiap influencers memiliki kanal Youtube masing-masing dengan nama kanal yang mengatasnamakan nama mereka. Pada kanal tersebut, para influencers pun mengunggah konten berbentuk video yang sesuai dengan fokus dan bidang mereka. Namun, untuk menghasilkan uang dari Youtube, setiap kanal wajib memenuhi jumlah tertentu pada viewers dan subscribers.

4. Pembicara pada suatu Acara

Pembicara yang sedang membagikan materi

Influencers seringkali diundang untuk mengisi acara sebagai pembicara. Pada umumnya, influencers yang dipilih adalah influencers yang sesuai dengan tema acara, berdasarkan latar belakang yang dimiliki oleh influencers tersebut. Pendapatan yang didapatkan oleh influencers pun tentatif, menyesuaikan kepada rate card influencers dan durasi mengisi acara.  

5. Tamu Undangan dari Merek

Tamu undangan pada suatu acara

Sebagai tamu dari sebuah acara yang diadakan oleh suatu merek, seorang influencers akan diminta untuk mengunggah kehadiran mereka melalui media sosial masing-masing. Tidak hanya pada acara, influencers dapat diundang untuk datang ke tempat wisata ataupun hotel. Influencers akan diberikan fasilitas untuk mengakses tempat wisata ataupun menginap di hotel. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan acara dan menaikkan brand awareness

6. Menjadi Brand Consultant Merek

Diskusi antara perwakilan merek dan influencers

Dengan menjadi brand consultant pada suatu merek, influencers diberikan kebebasan untuk mengatur strategi pemasaran pada merek. Strategi pemasaran yang diatur pun berupa pembuatan konten-konten yang menarik dan pemasangan iklan berbayar melalui media sosial. Harapannya, strategi pemasaran ini dapat berdampak kepada pengikut media sosial merek tersebut. 

7. Menjadi Affiliate Marketing dari Merek

Merancang strategi affiliate marketing

Seorang influencer sdapat menjadi affiliate marketing dengan membagikan kode voucher merek kepada pengikutnya. Manfaat yang diperoleh influencers dari kerja sama berbentuk affiliate marketing ialah mendapatkan sejumlah komisi dari setiap pembelian yang dilakukan oleh pengikutnya dan menggunakan voucher yang sudah diberikan. Jumlah komisi ini pun bergantung kepada kesepakatan yang sudah dibuat oleh influencers dan merek.

Setelah membaca tujuh sumber pendapatan sekaligus manfaat yang didapatkan oleh para influencers, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang influencers? Akan tetapi, jangan lupa ya! Di setiap profesi, terdapat juga kekurangan dan kelebihan dari pekerjaan tersebut!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!