Mengenal Street Style, Gaya Busana Anak Muda yang Lagi Hits!

Cara berbusana ala street style kini semakin marak digandrungi kalangan anak muda. Tren ini juga viral di media sosial seperti TikTok yang kemudian banyak diikuti remaja Indonesia. Sebelum pembahasan lebih lanjut, apakah kamu tahu asal usul dari gaya berbusana yang satu ini? Jika belum, simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya! 

Kami juga telah merangkum rekomendasi fashion menarik ala street style untuk menambah referensimu.

Sejarah Street Style

Fun fact ni untuk kamu, ternyata street style bukan sekadar gaya berbusana, namun telah menjadi budaya dalam dunia fashion. Menurut buku fashion Messycloset, street style adalah gaya berbusana yang tumbuh dari jalanan. Oleh karenanya, tidak ada rancangan khusus dari desainer atau keperluan fashion show lainnya yang mengaturnya.

Street style awalnya tercipta dan menginspirasi banyak orang karena sebuah potret yang diambil seorang fotografer bernama Cunningham. Pada tahun 1978, Bill Cunningham iseng memotret orang-orang yang sedang berjalan. Ia kemudian tak sengaja memotret seorang aktris Swedia bernama Greta Garbo yang berpakaian sangat elegan.

Foto tersebut merupakan foto pertama, di mana seorang fotografer memotret selebriti tanpa sepengetahuan dan izin. Hal inilah yang menjadi pencetus awal kemunculan street style. Dengan zaman yang terus maju, gaya hip-hop mengambil peran penting dalam perkembangan gaya berbusana yang saat ini telah bernilai miliaran Dollar tersebut.

Rekomendasi Fashion Sebagai Referensimu! 

1. Hip-hop Style

hip hop street style

Gaya berbusana Hip-hop adalah gaya khas yang berasal dari Urban Black Amerika dan anak muda kota gabungan New York City, Los Angeles, dan kota-kota besar AS lainnya. Jika kamu ingin bergaya ala Hip Hop street style, kamu bisa menggunakan atasan santai apapun, seperti kaos polos atau berlogo, hoodie, dan juga jaket yang kamu padupadankan dengan celana kebesaran yang menjadi ciri khas Hip-hop.

2. Korean Style

blazer orenge

Street style di setiap negara pasti telah disesuaikan dengan karakteristik, budaya, juga iklim dari negara tersebut. Pengaruh tersebut lah yang menciptakan sentuhan berbeda yang menjadi ciri khasnya masing-masing.

Untuk negara dengan empat musim seperti Korea Selatan, street style yang biasa digunakan anak muda di sana adalah sweater yang dikombinasikan dengan coat panjang untuk melindungi tubuh mereka dari suhu dingin. Meski begitu, banyak orang Korea yang mengkombinasikanya dengan rok pendek dan stoking agar tetap tampil stylish.

3. Coatigans Style Ala Jepang

hanger baju

Sama seperti di Korea Selatan, Jepang juga merupakan negara dengan empat musim yang banyak memakai baju hangat. Anak muda di Jepang biasa memakai coatigands. Banyak juga yang memakai cardigan berwarna cerah yang lucu untuk menghangatkan tubuh mereka.

Apakah kamu tahu apa itu coatigans? Sebenarnya istilah ini merupakan perpaduan antara Coat dan Cardigan. Dulunya, coatigans biasa dipakai para lansia sebagai baju hangat. Namun di zaman ini, anak muda Jepang banyak yang mengenakan coatigans sebagai gaya mereka sehari-hari.

4. Rekomendasi untuk Pria

hoodie pria

Fashion adalah hal yang bisa menjadi cerminan dari personalitas atau karakternya seseorang. Untuk bergaya ala street style, seorang pria akan banyak memakai pakai santai yang nyaman seperti hoodie, jaket, dengan memadukannya bersama celana pendek.

5. Inspirasi Outfit Hijab Ala Selebgram Richa Etika

Untuk kamu yang menggunakan hijab, kamu bisa nih contek gaya selebgram cantik satu ini. Selebgram yang akrab disapa Richa ini, senantiasa menggunakan outfit menarik yang bahkan cocok dengan berbagai tren fashion.

Bagaimana, apa setelah membaca artikel ini kamu sudah mendapat referensi baru untuk memulai gaya berbusana mu sendiri? Nantikan terus artikel dari Socialight Journal untuk informasi menarik lainnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!