Mau Jadi Streamer? Ini Arti, Tips, dan Besaran Gajinya!

Kata streamer sangat lekat dengan gamers, konten kreator, ataupun pegiat digital lainnya. Akan tetapi kata streamer ramai beberapa tahun terakhir sangatlah dekat dengan game.

Ada beberapa streamer game yang namanya melesat di berbagai negara yang menjadikan streamer bukan lagi sebagai hobi melainkan profesi karena pendapatannya semakin menjanjikan. 

Perkembangan dunia streaming yang semakin meningkat diiringi penonton, minat, dan platform streaming yang semakin bertambah dalam 5 tahun terakhir. Mulai dari Twitch merupakan platform streaming game pertama, diikuti Facebook, Youtube, dan terakhir yang populer di Indonesia yaitu Nimo TV. Namun apakah kamu tahu apa streamer itu? Yuk, kita bahas!

Apa itu Streamer?

Streamer adalah seseorang yang merekam dirinya sendiri yang sedang bermain game dan dibagikan ke publik secara langsung melalui platform populer seperti Twitch, Facebook, Youtube, dan berbagai layanan streaming lainnya. 

Dunia streaming memanglah sudah berkembang dan juga semakin banyak penontonnya, sehingga mengundang pundi-pundi keuntungan yang relatif banyak dan sangat menguntungkan. Terlihat mudah untuk menjadi streamer hanya merekam sambil main game cuan datang. Eits, tunggu dulu. Ada beberapa tips nya nih untuk kamu yang ingin menjadi streamer dan ditonton banyak orang. Mari kita bahas.

Tips Menjadi Streamer

Untuk menjadi streamer yang memiliki banyak penonton tidak sesimpel itu, lho. Ada tips-tips yang harus kamu lakukan agar streaming kamu dilihat banyak orang, berikut tipsnya.

Paham masalah teknis streaming

Ini hal yang pertama kamu harus perhatikan jika ingin memulai menjadi streamer. Karena jika kamu belum paham teknis, ini akan mengganggu jalannya live streaming yang sedang kamu lakukan. Mulai dari kualitas suara, audio, maupun perangkat keras hingga lunak demi menjaga kualitas streaming kamu juga. 

Memiliki karakter yang unik dan menarik

Ada baiknya kalian menampilkan karakter apa adanya di depan kamera agar tidak terjadinya canggung pada saat streaming berlangsung. Jangan banyak diam di depan kamera, dan biarlah karakter kalian menyatu dengan game tersebut agar terlihat natural dan tidak dibuat-buat. Sesekali mengeluarkan banyolan pada saat bermain game agar terlihat cair dan tidak kaku di depan kamera dan penonton. 

Jaga komunikasi dengan followers

Pada tips ini merupakan salah satu tips yang paling penting lho Socialty. Berinteraksi dengan followers menjadi salah satu hal yang vital dalam dunia streamer. Mengapa? Karena mereka adalah elemen yang terpenting untuk streaming kita bisa jauh lebih berkembang kedepannya. Jadi, kalian harus terus menjaga komunikasi dengan followers seperti membalas pertanyaan-pertanyaan dari mereka ataupun merespon apa yang mereka katakan sehingga terciptanya interaksi yang menarik. 

Konsisten

Pada tahap awal menjadi streamer tidaklah instan untuk meraih penonton yang banyak. Maka dibutuhkan konsistensi jadwal streaming yang bertujuan untuk mengenalkan kepada penonton siapa kamu, suka main game apa kamu, dan lain-lainnya informasi tentang kamu. Konsistensi ini juga menjadi kredibilitas kamu terhadap penonton setia kamu bahwa kamu streamer yang profesional. 

Itu dia beberapa tips untuk kamu yang ingin menjadi streamer untuk sekedar hobi atau profesi. Selain tips di atas, untuk menjadi streamer juga ada alat-alat penting lho yang harus kamu miliki agar streaming kamu berjalan. Ini dia simak selengkapnya!

Hal yang kamu butuhkan untuk menjadi Streamer

Ada beberapa hal yang harus kamu miliki nih untuk menjadi streamer, mulai dari software hingga hardware. Berikut kebutuhannya.

Perangkat komputer dan koneksi internet

Hal terpenting dalam dunia streamer adalah perangkat komputer, selain itu perangkat komputer yang harus dimiliki juga harus memiliki spek yang tidak kecil, lho.  Jadi, jika kalian hanya memiliki komputer yang speknya kentang, terpaksa kamu harus mengubur cita-cita kamu menjadi streamer. 

Setelah itu kalian juga harus memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup besar dalam upload demi kelancaran proses streaming kalian.

Webcam dan Mikrofon

Salah satu syarat menjadi streamer adalah menampilkan wajah kamu di layar untuk penonton mengenal siapa kalian. Jadi webcam ataupun kamera sangat dibutuhkan untuk seorang streamer. Serta mikrofon yang berguna untuk kalian berinteraksi dengan penonton setia kalian.

Software Broadcaster

Di dalam perangkat komputer kalian harus siap terinstall software broadcast untuk menampilkan layar monitor kalian ke platform streaming. Software seperti OBS Studio menjadi software yang paling populer dalam dunia streaming karena tidak mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis. Namun jika kalian ingin mengeluarkan dana untuk software ini kalian dapat menginstall XSplit software broadcast populer yang berbayar.

Streamer Terkenal dan Gajinya

Sebelum memulai jadi streamer, kamu bisa jadikan beberapa kreator terutama dalam hal live streaming ini sebagai inspirasi. Eits, gak hanya itu, lewat kontren streaming ini mereka bisa mendapatkan penghasilan fantastis, loh! Ini dia 4 sosok streamer terkenal di Indonesia!

1. Jess No Limit

Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama Jess No Limit? Jess merupakan Youtuber yang sering membuat konten live streaming bermain game di akun Youtubenya. Bahkan, Jess termasuk pro player dalam game Mobile Legends. Dulunya ia pun seorang pemain e-sports yang merambah jadi Youtuber.

Lewat konten-konten Jess di Youtube, ia sudah memiliki 20 juta subscribers. Penghasilan perbulannya pun mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Fantastis ya?

2. Jonathan Liandi

Jonathan Liandi ialah seorang pro player game Mobile Legend dari tim EVOS e-sports. Ia, terjun ke Youtube sejak tahun 2014, hingga akhirnya mulai membuat konten bermain game di Youtube. Saat ini, video dari Jonathan Liandi telah ditonton sebanyak 700 juta kali dan meraih subscribers hingga 3,6 juta.

Sama seperti Jess No Limit, Jonathan pun memiliki penghasilan fantastis dari konten gamenya. Estimasi penghasilan per bulannya ditaksir mencapai 200 juta rupiah sampai 2 miliar.

3. Sarah Viloid

Kamu wanita dan mau mulai buat konten main game di Youtube? Jangan takut karena kamu bisa ikuti jejak sukses dari Sarah Viloid. Sarah sendiri sudah menjadi pembuat konten game streaming di Youtube sejak 2013. Karena konsisten membuat konten, Sarah jadi dikenal oleh banyak orang saat ini.

Kamu bisa juga konsisten membuat konten agar bisa sukses seperti Sarah. Dari konsistensinya ini, ia pun bisa dapat penghasilan mulai dari 30 jutaan hingga 500 juta per bulannya. Hayo kamu mau enggak?

4. Oura Gaming

Tim EVOS e-sports lainnya yang merambah ke dunia streaming Youtube ada Oura Gaming. Dari namanya kamu pasti bisa menebak kan kontennya seputar apa? Yap, Oura Gaming banyak memberikan konten tips tutorial agar kamu jago menggunakan hero serta equipment yang ada pada game Mobile Legend. Tertarik membuat konten serupa

Itulah arti dari streamer yang bisa kamu jadikan profesi di era digital ini. Kamu pun bisa mencontoh streamer ternama untuk dijadikan inspirasi dalam berkarier di bidang serupa. Gimana? Sudah siap semuanya belum untuk menjadi streamer?

Nah, bagi kamu yang ingin berkolaborasi langsung dengan influencer atau konten kreator gampang banget nih. Tinggal install langsung aplikasi Socialights di Google Play Store dan App Store!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!