Twitter Kenalkan Fitur Terbaru Spaces, Begini dan Cara Pakainya

Meski sempat hilang popularitas, Twitter kini kembali menjadi media sosial andalan warga net. Melihat tingginya angka pertumbuhan pengguna, Twitter kembali berinovasi menciptakan berbagai fitur baru agar para pengguna nyaman untuk berlama-lama di aplikasi tersebut. Salah satu yang paling tidak terprediksi adalah fitur Twitter Spaces yang si biru luncurkan pada bulan April 2021 lalu.

Twitter secara mengejutkan membuat trobosan baru yang sangat berbeda dari beberapa fitur Twitter sebelumnya yang selalu berkaitan dengan tweet. Kali ini, Twitter meluncurkan fitur baru berbasis audio yang kita singgung tadi.

Tak kalah seru, melalui fitur ini pengguna Twitter bisa menggaet lebih banyak koneksi dan jumlah followers. Penasaran dengan apa itu Spaces, dan bagaimana cara penggunaannya? Simak artikel berikut ya! 

Apa Itu Twitter Spaces?

Pada bulan Maret 2021 lalu, official account Twitter mengunggah sebuah cuitan yang membeberkan informasi seputar fitur baru di Twitter, yaitu Spaces.

Banyak dari pengguna melihat fitur ini tampak serupa dengan aplikasi yang sempat viral sewaktu awal pandemi, Club House. Berbasiskan penggunaan audio, Spaces menjadi sebuah fitur yang terintegrasi di aplikasi Twitter yang memungkinkan penggunanya untuk melangsungkan pembicaraan real time dengan pengguna Twitter lainnya.

Saat menggunakan fitur ini, kamu bisa memilih untuk berperan sebagai pendengar atau pembicara. Ruangannya yang dibuat publik memudahkan kamu untuk menggaet banyak pengguna lain untuk ikut ke dalam pembicaraan yang sedang dibahas di room

Sebagai host atau pembuat room, kamu dapat mengontrol kondisi yang ada di room Space, mulai dari menentukan pembicara dan pendengar, memblokir pengguna yang melanggar aturan di ruangan, hingga mengundang pengguna lain untuk ikut ke dalam room melalui Tweet atau mengirimkan pesan langsung melalui DM.

twitter spaces

Selain dapat mengaktifkan microphone untuk berinteraksi langsung dengan pengguna lainnya, pengguna juga bisa dapat menyematkan tweet, dan mengaktifkan caption untuk memberikan informasi seputar pembicaraan yang sedang berlangsung.

Sejak awal peluncurannya, Twitter terus memperbaharui dan mengembangkan sejumlah fitur di Spaces. Twitter juga kabarnya sedang menguji penggunaan fitur reaksi emoji, transkrip suara, dan yang paling dinanti-nanti, yaitu ‘Ticketed Spaces’ yang membuat Spaces dapat dimonetisasi oleh penggunanya. Wah, seru sekali ya?

Cara Menggunakan Twitter Spaces

Berbeda dengan Club House yang eksklusif hanya untuk mereka yang mendapat undangan dan menggunakan perangkat iOS, Twitter Spaces berfungsi untuk seluruh pengguna tanpa memandang jumlah followers.

twitter spaces

Nah, untuk kamu yang tertarik mencoba, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Twitter
  2. Ketuk tombol dengan gambar microphone yang terletak di tengah bawah layar untuk masuk ke fitur Spaces
  3. Pilih salah satu room yang ingin kamu dengar, atau apabila kamu tertarik dengan topik khusus tertentu kamu bisa langsung mengetikkan keyword dari topik tersebut di kolom pencarian
  4. Setelah memilih salah satu room, kamu akan langsung menjadi pendengar yang dapat mendengar langsung percakapan yang sedang berlangsung
  5. Jika ingin berubah menjadi pembicara, kamu dapat melakukan request ke host dengan meng-klik tombol request berbentuk microphone yang terletak di kiri bawah layar
  6. Apabila diizinkan, kamu akan berubah langsung menjadi pembicara yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan microphone-mu
  7. Apabila merasa sudah tidak ingin berada di room tersebut, kamu tinggal klik tombol leave yang tersedia di kanan atas layar

Perlu diketahui, saat menjadi pendengar ataupun pembicara kamu bisa memberikan reaksi berupa hati, atau mengunggah tweet seputar room Space yang kamu ikuti dengan meng-klik beberapa pilihan yang tersedia di kanan bawah layar.

Apabila kamu ingin membuat Space, kamu hanya perlu meng-klik tombol Tweet dan mengetuk ikon Spaces yang terletak di samping Foto dan GIF di jendela pop-up.

Ternyata, banyak sekali lho informasi menarik seputar social media influencer, konten, dan media sosial yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia secara gratis di iOS dan Android. Tunggu apa lagi? Ayo klik sekarang!

Seru banget kan fitur Twitter Spaces? Ayo mulai coba sekarang, siapa tahu kamu bisa mendapatkan lebih banyak followers melalui fitur ini!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!