5 Poin Penting SOW Influencer Ini Wajib Diketahui, Apa Saja?

SOW Influencer adalah bagian penting dalam dunia marketing. SOW atau Scope of Work akan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan influencer dalam campaign bersama klien atau suatu brand.

Adanya SOW ini akan membantu brand untuk menjalankan strategi yang diinginkan dalam membangun atau meningkatkan branding.

Dalam SOW influencer ini terdapat 5 (lima) poin yang wajib untuk diketahui. Nah, kira-kira apa saja 5 (lima) poin SOW influencer ini?

Yuk simak penjelasannya di bawah ini, namun sebelum itu simak penjelasan mengenai apa itu SOW terlebih dahulu.

what sign

Apa Itu Scope of Work Influencer

SOW atau Scope of Work merupakan perjanjian antara influencer dengan brand yang berisi instruksi-instruksi yang wajib dilakukan influencer dalam melakukan sebuah campaign.

Ini adalah bagian penting dalam sebuah marketing campaign karena akan menjadi gambaran kerjasama antara brand dengan influencer.

Influencer tidak perlu bingung tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan karena semuanya ada di dalam dokumen ini.

Dengan adanya SOW influencer ini influencer jadi memiliki instruksi lengkap sehingga apa yang dilakukan tidak akan lari dari konteks yang diinginkan oleh brand.

number 1 to 5

5 Poin dalam SOW

Dalam SOW influencer ini terdapat 5 (lima) poin yang wajib untuk diketahui dan dipahami. Berikut penjelasan 5 (lima) poin tersebut yang wajib kamu pahami:

1. Time Line

Poin pertama adalah timeline. Timeline ini berisi informasi berapa lama waktu campaign akan dilaksanakan. Dalam timeline ini akan dijelaskan tanggal dimulainya campaign dan tanggal berakhirnya campaign.

Timeline ini akan membantu influencer dalam menentukan waktu paling tepat untuk memulai campaign dan menghindari influencer mengunggah konten untuk campaign di luar waktu yang seharusnya.

2. Mood Board

Poin kedua adalah mood board. Mood board ini berisi gambar yang akan menjadi referensi influencer dalam melakukan campaign.

Brand biasanya akan memberikan referensi cara campaign, tampilan foto atau video, gaya, hingga angle foto yang digunakan oleh influencer.

3. Deliverable

Deliverable berisi output yang harus dijalankan dan diberikan oleh influencer kepada brand yang bekerjasama dengannya.

Deliverable ini akan menentukan seberapa banyak influencer harus membuat konten. Sebagai contoh, brand memberikan deliverable berupa 1x Instagram Feed dan 2x Instagram Story.

4. Task Instruction

Poin keempat adalah task instruction (instruksi pekerjaan). Task instruction ini mirip dengan mood board, namun jika mood board berbentuk foto atau video, task instruction ini dibuat secara tertulis.

Instruksi biasanya berisi penjelasan tertulis cara pengambilan foto, caption, tulisan yang harus ditambahkan dalam foto, hingga hashtag yang digunakan.

5. Dos dan Don’ts

Poin terakhir yang ada dalam SOW Influencer adalah Dos dan Don’ts. Poin ini berisi hal-hal yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan oleh influencer dalam sebuah campaign.

Dos dan don’ts ini menjadi permintaan special dari brand yang cukup rinci untuk dilakukan dan tidak dilakukan oleh influencer. Bagian ini nantinya akan diselaraskan dengan peraturan dos dan don’ts yang juga dimiliki oleh influencer.

Kalau kamu butuh lebih banyak informasi tentang seluk beluk dunia Influencer, kamu bisa download aplikasi Socialights di Android dan iOS ya! Disitu kamu bisa berkolaborasi dan belajar bareng dengan sesama konten kreator dan Influencer pemula loh.

Itulah tadi penjelasan mengenai SOW influencer yang wajib untuk diketahui dan dipahami. Dengan adanya SOW influencer ini diharapkan Kerjasama antara influencer dengan brand dapat terjalin tanpa adanya kesalahpahaman karena adanya instruksi yang jelas. Sehingga kerjasama ini dapa berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan oleh brand.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!