Simak Cara Super Mudah Pakai Sorotan Instagram!

Semakin meningkatnya jumlah pengguna Instagram, membuat kita menjadi tak heran lagi ketika mengetahui fakta bahwa Instagram saat ini menjadi ladang bagi para pengguna untuk membangun bisnis atau popularitas mereka. 

Guna memanfaatkan hal itu, setiap tahunnya Instagram mengembangkan berbagai fitur menarik yang bertujuan untuk memudahkan para pengguna berkonten dan tentunya menjadi semakin betah di Instagram. Salah fitur tersebut adalah Sorotan Instagram atau yang biasa dikenal juga dengan Highlight.

Kalian pengguna setia Instagram pasti familiar dengan fitur highlight. Yup, fitur ini dapat dengan mudah kamu temukan di hampir setiap profil akun pengguna. Namun apa itu sebenarnya highlight atau sorotan Instagram, dan bagaimana cara penggunaannya? Simak penjelasannya di artikel ini ya! 

Apa Itu Sorotan Instagram?

Kamu pernah merasa sedih gak sih ketika mengingat bahwa momen seru yang kamu bagikan di Instagram Story akan lenyap setelah 24 jam? Eittss.. Tenang, sekarang kamu gak perlu khawatir lagi, karena Instagram memiliki fitur bernama sorotan atau highlight yang membantu kamu untuk menyimpan kenangan Instagram Story lebih dari 1×24 jam. 

Sorotan Instagram merupakan fitur yang berisikan sejumlah Instagram Story yang pernah diunggah oleh pengguna. Uniknya, fitur sorotan ini mampu mengelompokkan Instagram Story berdasarkan keinginanmu, lho. 

Contoh, jika kamu memiliki beberapa kenangan Instagram Story di luar negeri, kamu dapat menggabungkannya ke dalam satu sorotan yang dapat ditampilkan dengan meng-klik sorotan tersebut di profil kamu.

FYI, untuk dapat menambahkan Instagram Story tertentu ke sorotan, kamu harus memastikan bahwa Instagram Story tersebut bertahan atau akan bertahan lebih dari 1×24 jam ya! Karena jika Story tersebut telah dihapus sebelum 24 jam, maka kamu tidak dapat menambahkannya ke dalam sorotan.

Selain bermanfaat untuk pengguna biasa, fitur sorotan ternyata juga bermanfaat untuk para pemilik bisnis. Dengan menggunakan fitur sorotan, Socialty dapat menampilkan sejumlah informasi penting mengenai bisnis yang telah kamu diunggah di Instagram Story, seperti penjelasan seputar brand dan produk, cara order produk, hingga testimoni dari pelanggan. 

Dengan begitu, para pendatang baru yang datang ke toko mu menjadi lebih mudah mengetahui bisnis dan produk kamu, yang dapat menggaet minat mereka untuk mengikuti akunmu atau bahkan membeli produk yang kamu jual. Hmm.. menarik sekali bukan?

Beberapa Cara Menggunakan Sorotan Instagram

Cara Memulai Sorotan Instagram

Jika kamu baru saja mengenal sorotan Instagram dan tertarik untuk menggunakannya, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Di sini, Socialights akan memberikanmu penjelasan mengenai langkah demi langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat highlight Instagram. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram yang tersedia di handphone-mu
  2. Buatlah Instagram Story yang ingin kamu masukkan ke dalam highlight
  3. Setelah Story terunggah, kamu akan menemukan tombol highlight dengan simbol hati di kanan bawah Story kamu, klik tombol tersebut
  4. Setelahnya Instagram akan memberikan pilihan ‘New’ untuk membuat sorotan baru
  5. Klik tombol tersebut, lalu isi nama dari highlight yang kamu buat
  6. All done! Periksa profil Instagram kamu untuk melihat sorotan baru yang kamu buat

Menambahkan Menambahkan Konten ke Sorotan

Setelah berhasil membuat sorotan, kamu bisa juga lho menambahkan konten Instagram Story lainnya atau bahkan menghapus isi dalam sorotan Instagram. Berikut langkahnya:

  1. Buka aplikasi Instagram di handphone-mu
  2. Masuk ke bagian profil lalu klik highlight yang ingin kamu edit
  3. Setelahnya, klik tombol ‘More’ yang terletak di kanan bawah
  4. Di sana kamu akan diberikan sejumlah pilihan seperti ‘Remove from highlight’ untuk menghapus Story dari sorotan, atau ‘Edit highlight’ untuk mengedit highlight
  5. Jika kamu meng-klik tombol edit, kamu akan diberikan sejumlah pilihan seperti menambahkan Story lain yang kamu inginkan di dalam sorotan, atau merubah gambar dan nama pada sorotan tersebut
  6. Setelah selesai edit, jangan lupa klik tombol ‘Done’ di kanan atas untuk menyimpan semua perubahan yang sudah kamu lakukan.

Membuat Sorotan Tanpa Spam di Insta Stories

Kalau kamu ingin membuat sorotan dengan sejumlah Story namun khawatir akan menjadi spam, kamu wajib ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram di handphone-mu
  2. Masuk ke ‘Pengaturan Akun’ di Instagram
  3. Klik menu ‘Privasi’, lalu ‘Cerita’
  4. Klik pilihan ‘Sembunyikan Cerita dari’
  5. Lalu pilih seluruh followers yang ingin kamu sembunyikan dengan meng-klik tombol ‘Semua Orang’
  6. Jika sudah, feel free untuk mengunggah semua Story yang ingin kamu tambahkan di sorotan
  7. Tambahkan semua Story ke sorotan
  8. Tunggu hingga 24 jam untuk mengembalikan pengaturan akun seperti sebelumnya.

Jadi, itu dia serba-serbi sorotan Instagram yang wajib kamu ketahui. Untuk kamu kreator dan pemilik bisnis, yuk mulai coba dan optimalkan penggunaan fitur sorotan Instagram untuk tingkatkan performa akun dan konten kamu di Instagram.
Setelah membaca artikel ini, kamu pasti tertarik kan untuk mengetahui lebih banyak hal-hal seputar konten, media sosial, dan tips lainnya untuk capai performa terbaik media sosial kamu? Kalau begitu, kamu wajib banget nih download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik di bawah ini ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!