Social Media Tools, Kunci Optimalisasi Konten Sosial Media!

Tahukah Socialty, bahwa penggunaan sosial media dalam mengunggah konten atau berbisnis tidaklah cukup. Persaingan yang semakin ketat menyebabkan Socialty harus memiliki tools yang dapat mengukur performa konten. Lalu, apa saja tools yang mampu mengoptimalkan engagement konten pada sosial media?

1. BuzzSumo

Tools yang satu ini memberikan sumbangsih yang besar terkait pengelolaan social media marketing. Socialty tak perlu khawatir lagi jika tak mengikuti trend masa kini, sebab BuzzSumo hadir untuk mengupdate konten yang sedang viral di jagat maya. Tentunya, hal tersebut membantu Socialty menentukan jenis konten yang mampu menaikan performa atau insight dari sosial media. Tools ini dibandrol dengan harga US$ 99 atau sekitar Rp1.485.000 per bulan. 

2. Sprout Social

Socialty dapat menggunakan Sprout Social untuk menilai performa konten pada Twitter, Instagram, Facebook serta sosial media lainnya. Tools ini berperan bagi Socialty yang ingin memperluas pasar produk melalui sejumlah sosial media. Namun, Socialty tak dapat menikmati layanan secara cuma-cuma. Setiap bulannya, Sprout Social menarik biaya sebesar US$ 99 atau setara dengan Rp1.485.000. 

3. Iconosquare

Socialty yang memfokuskan pemasaran pada instagram, harus mencoba kemudahan yang ditawarkan Iconosquare. Tools ini memiliki keistimewaan berupa fitur analisis bagi instagram stories. Berkat keistimewaannya, Socialty harus merogoh kocek sebesar US$ 9 atau sekitar Rp105 ribu setiap bulannya.

4. Instagram, Facebook, Twitter dan Tiktok Analytics

Fitur analisis pada setiap sosial media di atas memudahkan Socialty untuk menilai performa dari setiap konten yang diunggah. Socialty juga dapat mengetahui interaksi pengikut terhadap sebuah konten, baik berupa komentar, likes dan fitur share. Tak hanya itu, socialty dapat mengamati audiens berdasarkan usia hingga kelamin. Fitur analisis sangat penting bagi Socialty untuk mengetahui jumlah like, follower dan total engagement khususnya dalam berbisnis. Socialty juga dapat mengumpulkan data mengenai ketertarikan audiens terhadap sebuah konten. Tak mengherankan, jika masyarakat mulai melirik tools ini untuk menunjang keberlangsungan bisnisnya. 

5. Google Trends

 Google memiliki cakupan yang sangat luas, bahkan hingga ke berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, google trends hadir dalam mempermudah Socialty menemukan kata kunci yang tengah naik daun pada mesin pencari. Trend hingga Isu-isu hangat yang terjadi di berbagai negara pun dapat dilacak dengan mudahnya. Tools yang satu ini tentu menjadi alat favourite bagi Socialty, sebab tidak berbayar alias gratis. Wah, Socialty pasti berlomba-lomba untuk mengunduh tools yang satu ini. Kapan lagi dapat fasilitas terbaik secara cuma-cuma?

6. Keyhole

Socialty tentu paham bagaimana pengaruh penggunaan hashtag dalam memperluas jangkauan bisnis. Yaps, hastag juga dapat mengelompokan produk sesuai kategori yang diinginkan. Keyhole sebagai aplikasi nomor 1 dalam memberikan informasi terkait hashtag paling populer yang digunakan pada Instagram dan Twitter. Tools ini juga dapat memberi Socialty laporan mengenai influencer yang berdampak positif terhadap pemasaran produk. 

7. Shortstack

Pebisnis milenial mulai melirik metode kuis untuk meningkatkan engagement pada sosial media miliknya. Socialty pun dapat menerapkan hal tersebut menggunakan tools Shortstack. Tools ini dapat memudahkan Socialty memilih pemenang dari kuis yang diadakan hingga menilai performa kuis. Kemudahan yang ditawarkan sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan, yakni sekitar Rp 435.000 setiap bulan. Untuk mendapatkan hal dengan kualitas terbaik tentu butuh pengorbanan ya, Socialty!

8. Canva

Design aesthetic tengah mencapai popularitasnya dewasa ini. Socialty pun tentu berlomba-lomba menampilkan feeds yang menarik pada sosial media. Canva sudah tak asing lagi di telinga generasi milenial. Aplikasi ini menawarkan template, ilustrasi serta ikon yang dapat mempercantik tampilan sosmed Socialty. Design pun dapat menjadi identitas / personal branding sebuah produk di mata audiens. Canva mampu menyulap visual sosial media menjadi eye catching, sehingga audiens memiliki ketertarikan untuk melihat lebih lanjut produk atau layanan yang ditawarkan dalam berbisnis. Socialty dapat merogoh kocek untuk menikmati fitur Canva yang lebih lengkap. Eits, jangan sedih! Canva juga tersedia secara gratis dan fitur-fitur yang ditawarkan tak kalah kece dengan aplikasi lainnya

Itu dia beberapa social media tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten media sosial kamu lebih optimal lagi! Selain tools diatas, kamu juga bisa membuat konten yang menarik dengan menggunakan aplikasi edit foto dan video yaa.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!