7 Situs Freelance Terbaik 2022, Indonesian Friendly!


Menjadi freelancer memang cukup tren tahun ini. Banyak orang menggeluti pekerjaan tersebut karena fleksibilitasnya. Namun, karena ada banyak situs freelance bermunculan di jejaring internet, kamu harus pintar memilih wadah agar semua tenaga dan waktumu dihargai dengan baik.

Pada artikel kali ini, Socialights telah merangkum 7 rekomendasi daftar situs freelance terbaik yang Indonesian friendly dan bisa kamu percaya. Simak sampai habis, ya!

7 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya

Situs Freelance Terbaik

1. Projects.co.id

Projects.co.id merupakan situs freelance Indonesia yang cukup terkenal. Di situs tersebut, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan freelance mulai dari jasa tulis menulis, desain, kebutuhan media sosial, audio/video, hingga programming.

Projects.co.id juga memberi kamu akses untuk melakukan jual-beli berbagai macam produk digital. Jadi, apabila kamu ingin menjual produk digital buatan sendiri, seperti ebook atau template website, situs ini bisa dicoba. 

Satu fitur unik di Projects.co.id yang jarang ada di situs freelance lainnya adalah program afiliasi bernama Affiliate Referral. Program ini membuat kamu bisa mendapatkan komisi apabila ada orang yang mendaftar ke Projects.co.id dan melakukan transaksi melalui link yang kamu berikan.

2. Fastwork

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan situs Fastwork. Sejak beroperasi di Indonesia pada tahun 2018, situs freelance ini telah memiliki lebih dari 500 ribu pengguna. Meski merupakan situs international, kamu tidak perlu khawatir karena Fastwork menyediakan layanan berbahasa Indonesia. 

Sistem pembayaran Fastwork juga bervariasi, mulai dari transfer bank atau kartu kredit. Biaya potongan dari platform juga hanya sebesar 10%, yang hitungannya termasuk kecil daripada situs lainnya. 

3. Sribulancer

Bersaing dengan Projects.co.id, Sribulancer adalah situs freelance populer lainnya yang berasal dari Indonesia. Kamu bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan kreatif di Sribulancer. Pembuatan website? Ada. Desain grafis? Oh, ada juga. Penulisan artikel? Ada, dong.

Sribulancer juga mendukung pembayaran dalam mata uang USD ataupun IDR, karena situs tersebut tersedia dalam versi Bahasa Inggris untuk kancah Internasionalnya. Keunggulan ini tentu memungkinkan kamu mendapatkan klien dari luar negeri.

4. Fiverr

Fiverr merupakan situs yang mempunyai cara kerja berkebalikan dengan kebanyakan website freelance lainnya. Jika di situs freelance secara general klien yang membuat pengumuman untuk mencari pekerja freelance, di Fiverr pekerja freelance yang justru membuat pengumuman untuk mencari klien. 

Dengan sistem unik tersebut, kamu tak perlu repot untuk apply atau promosi pada pengumuman yang dibuka klien satu per satu. Kamu tinggal membuat pengumuman dan menunggu pengumuman tersebut mendapatkan klien yang sesuai.

Fiverr juga sangat menghargai privasi para pengguna yang menggunakan mereka. Jadi, kamu tak perlu takut mengenai penipuan ataupun kebocoran data pribadi. 

Jenis pekerjaan yang mendominasi situs tersebut adalah desain, pembuatan situs, dan NFT. 

5. Freelancer Indonesia

Situs freelance selanjutnya yang menawarkan pilihan kerja sampingan beragam adalah Freelancer Indonesia

Jenis pekerjaan freelance yang mereka tawarkan juga sangat beragam, mulai dari ramah kreatif seperti jasa desain grafis, teknikal seperti SEO, dan penerjemahan. 

Freelancer Indonesia memberikan kebebasan untuk freelancer dalam menentukan biaya dan waktu pengerjaan. Meski begitu, kamu harus menyesuaikan waktu dan biayanya dengan kebutuhan klien agar terjadi kesepakatan.

Sistem pembayaran situs ini adalah Paypal dan kartu kredit. Adapun potongan yang dibebankan hanya sebesar 3% saja.

6. Upwork 

Upwork terkenal sebagai website freelance terbesar di jejaring internet dengan lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien. Dengan angka yang luar biasa ini, kamu tentu bisa menemukan banyak peluang kerja di sana.

Di Upwork sistem pembayaran bisa berupa hitungan per jam ataupun per proyek yang kamu selesaikan. Jadi, memberikan fleksibilitas baik pada freelancer maupun klien.

Upwork juga memberikan berbagai fitur yang bisa mendukung perjalanan karir freelance kamu, seperti collaborative space dan pembuatan invoice.

7. Toptal

Berbeda dengan situs freelance lain yang ada di daftar sebelumnya, untuk mendaftar di Toptal kamu harus memiliki deretan portofolio berkualitas. Sebab, Toptal hanya menawarkan pencari jasa dengan talenta-talenta terbaik di dunia. Sehingga ini membutuhkan proses seleksi yang ketat.

Namun karena itukah, kesulitan dan kualitas yang terjamin membuat bayaran di Toptal juga relatif tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa memilih projek dengan jangka panjang atau jangka pendek. Jadi, bisa dikatakan bahwa Toptal ini adalah situs freelance terbaik untuk kaum elit.

Itulah rekomendasi 7 situs freelance terbaik untuk kamu para pekerja lepas. Selamat mencoba!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!