Mengenal SEO Instagram, Ini 7 Cara Mudah Mengoptimasinya

Bagi kalian para pengguna Instagram, apakah kalian tertarik untuk mengembangkan audiens akun kalian? Jika iya, sudah saatnya kamu mempelajari cara-cara mudah dalam mengoptimasi SEO Instagram kamu.

Dengan melakukannya, kamu dapat menjangkau audiens baru yang otomatis meningkatkan awareness pada akun kamu. Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai cara untuk mengoptimasi SEO Instagram, yuk baca artikel berikut ini!

Apa Itu SEO Instagram

Instagram SEO

Sebelum membicarakan Instagram SEO, kita akan membahas apa itu SEO terlebih dahulu. Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan mesin telusur. Tujuannya untuk menampilkan konten pada daftar teratas ketika seseorang menggunakan mesin pencarian.

Sementara itu, SEO Instagram adalah mekanisme serupa yang Instagram miliki. Tujuannya mekanisme ini untuk meningkatkan peringkat profil Instagram kamu di hasil Instagram search engine. Dengan begitu, kontenmu akan lebih mudah ditemukan oleh calon followers. 

Manfaat Mengoptimasi SEO Instagram

Instagram

Berikut adalah beberapa manfaat penerapan SEO pada akun Instagram kamu:

Mempermudah dalam Menjangkau Followers

Jika akun atau konten kamu berhasil memasuki search engine Instagram, maka akan lebih banyak followers potensial yang melihat dan mungkin membuka akun kamu. Dengan adanya kemungkinan ini, maka akan meningkat juga kemungkinan bahwa followers kamu akan bertambah. 

Unggul dalam Persaingan pada Niche

Niche market adalah target kelompok tertentu pada sebuah bisnis. Setiap usaha pasti memiliki niche marketnya masing-masing. Search engine Instagram di sini akan mempermudah target ataupun segmen pasar tersebut menemukan akunmu.

7 Cara untuk Optimalisasi SEO Instagram

Berikut adalah 7 cara yang telah Socialights rangkum untuk mengoptimalisasi search engine Instagram.

Cara mengoptimalisasi SEO Instagram

1. Mengoptimalkan Profil Instagram

Pengoptimalan profil Instagram ditujukan untuk menambah peluang kamu dalam menggunakan SEO. Pada search engine di Instagram, Instagram akan menampilkan terlebih dahulu profil Instagram yang sesuai dengan kata kunci. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengoptimalkan profil Instagram:

  • Menjadikan akun profilmu publik
  • Menggunakan foto profil yang sesuai, seperti logo
  • Membuat toko online menggunakan keyword yang sesuai
  • Mendaftarkan akun menjadi akun Instagram bisnis
  • Menyertakan link website ataupun link lainnya pada bio Instagram

2. Username dan Display Name Mengandung Kata Kunci

Penambahan kata kunci utama pada username dan display name dapat mempermudah calon audiens menemukan akun kamu.

Contoh, jika kamu menjual pakaian perempuan import, cantumkan hal tersebut pada username ataupun display name akun Instagram kamu agar username kamu berada di pencarian calon pembeli yang sedang mencari barang tersebut.

3. Menambahkan Kata Kunci Turunan pada Bio

Jika kamu tidak melakukan tips nomor 2, kamu dapat mencantumkan kata kunci utama dan turunannya pada bio Instagram.

Contoh, jika kamu membuka bisnis hampers lebaran, kamu dapat menambahkan kata kunci turunan pada bio seperti ‘hampers lebaran murah’. Hal ini pun akan meningkatkan peluang munculnya profil anda pada hasil pencarian.

4. Memaksimalkan Fitur Alt Text

Fitur alt text dapat mengoptimasi gambar yang kamu unggah. Fitur ini dapat membantu algoritma Instagram dalam memunculkan foto anda kepada followers yang mungkin menyukai konten kamu. Hal tersebut juga memudahkan search engine dalam Google bekerja.

Caranya cukup mudah, kamu dapat menyisipkan keyword dengan volume pencarian tertinggi di Google pada alt text kamu. Sedangkan pada Instagram, kamu dapat menekan opsi advanced setting dan write alt text saat sedang ingin mengunggah konten. Setelah itu, kamu dapat mengedit alt text dan menuliskan tulisan yang kamu inginkan.

5. Menggunakan Hashtag

Penggunaan hashtag dapat mempermudah followers potensial menemukan akun kamu. Optimalisasi hashtag dapat dilakukan dengan menggunakan hashtag yang juga digunakan oleh kompetitor dan menghindari spam. Kamu juga dapat mencari hashtag yang sedang trending melalui hashtagify.me.

6. Menggunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Melalui kata turunan pada caption, Instagram dapat menemukan konten-konten yang akan muncul di explore pengguna. Konten yang muncul pada explore pengguna pun menyesuaikan kepada preferensi konten.

7. Melihat Instagram Insight dan Reach Konten

Melalui insight, kamu dapat melihat performa setiap konten yang sudah kamu unggah. Berdasarkan data tersebut, kamu dapat mengevaluasi performa setiap konten. Melalui reach, kamu dapat mengukur jumlah followers yang terpapar konten. Pada bagian saves, kamu dapat mengukur jumlah user yang menyimpan konten Instagram kamu.

Sementara di impression, kamu dapat melihat jumlah konten dilihat dan diklik oleh pengguna. Pada fitur like and comment, kamu dapat melihat interaksi dan engagement pengguna di konten kamu. Dan Audiens, kamu dapat melihat demografi followers kamu. 

Ingat, penggunaan Instagram SEO harus kamu lakukan secara berhati-hati. Kamu juga tidak menyalahkan peraturan Instagram, karena akan memberikan dampak buruk kepada akun kamu. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk mengoptimalkan SEO Instagram kamu? 

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts