Tahapan untuk Mengoptimasi SEO Instagram

Bagi kalian para pengguna Instagram, apakah kalian tertarik untuk mengembangkan audiens akun kalian? Jika iya, sudah saatnya kamu mempelajari cara-cara mudah dalam mengoptimasi SEO Instagram kamu. Dengan melakukan optimasi SEO Instagram, kamu dapat menjangkau audiens baru yang otomatis meningkatkan awareness pada akun kamu. Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai cara untuk mengoptimasi SEO Instagram kamu, yuk baca artikel berikut ini!

Instagram SEO itu Apa Sih?

Instagram SEO

Sebelum membicarakan Instagram SEO, kita akan membahas apa itu SEO terlebih dahulu. Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan mesin telusur. Tujuannya untuk menampilkan konten pada daftar teratas ketika seseorang menggunakan mesin pencarian. Sedangkan Instagram SEO adalah SEO yang dimiliki oleh Instagram. 

Manfaat Optimalisasi Instagram SEO

Instagram

Berikut adalah beberapa manfaat penerapan SEO pada akun Instagram kamu.

1. Mempermudah dalam Menjangkau Followers

Jika akun atau konten kamu berhasil memasuki Instagram SEO, maka akan lebih banyak followers potensial yang melihat dan mungkin membuka akun kamu. Dengan adanya kemungkinan ini, maka akan meningkat juga kemungkinan bahwa followers kamu akan bertambah. 

2. Unggul dalam Persaingan pada Niche

Niche market adalah target kelompok tertentu pada sebuah bisnis. Setiap usaha pasti memiliki niche market. Instagram SEO mempermudah kamu untuk dijumpai oleh target ataupun segmen pasar kamu.

Ini Dia Cara-cara untuk Optimalisasi Instagram SEO!

Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah cara-cara optimalisasi Instagram SEO.

Cara mengoptimalisasi SEO Instagram

1. Mengoptimalkan Profil Instagram

Pengoptimalan profil Instagram ditujukan untuk menambah peluang kamu dalam menggunakan SEO. Pada search engine di Instagram, Instagram akan menampilkan terlebih dahulu profil Instagram yang sesuai dengan kata kunci. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengoptimalkan profil Instagram:

  • Menjadikan akun profilmu publik
  • Menggunakan foto profil yang sesuai, seperti logo
  • Membuat toko online menggunakan keyword yang sesuai
  • Mendaftarkan akun menjadi akun Instagram bisnis
  • Menyertakan link website ataupun link lainnya pada bio Instagram

2. Menggunakan Kata Kunci Utama pada Username dan Display Name yang Relevan

Penambahan kata kunci utama pada username dan displayname dapat mempermudah calon audiens kamu dalam menemukan akun kamu. Contoh, jika kamu menjual pakaian perempuan impor, cantumkan hal tersebut pada username ataupun display name akun Instagram kamu. 

3. Menambahkan Kata Kunci Turunan

Hal ini dilakukan jika username ataupun display name kamu tidak mengandung kunci utama. Kamu dapat mencantumkan kata kunci utama dan turunan pada bio Instagram bisnis kamu. Contoh, kamu membuka bisnis hampers lebaran. Maka kamu dapat menambahkan kata kunci turunan pada bio seperti ‘hampers lebaran murah’. Hal ini pun akan meningkatkan peluang munculnya profil anda pada hasil pencarian.

4. Memaksimalkan Fitur Alt Text

Fitur alt text ditujukan untuk mengoptimasi gambar yang diunggah melalui akun kamu. Fitur ini dapat membantu algoritma Instagram dalam memunculkan foto anda kepada followers yang mungkin menyukai konten kamu. Hal ini juga memudahkan SEO Google dalam menemukan konten kamu. Caranya pun sangat mudah, kamu dapat menyisipkan keyword dengan volume pencarian tertinggi di Google pada alt text kamu. Sedangkan pada Instagram, kamu dapat menekan opsi advanced setting dan write alt text saat sedang ingin mengunggah konten. Setelah itu, kamu dapat mengedit alt text dan menuliskan tulisan yang kamu inginkan.

5. Menggunakan Hashtag

Penggunaan hashtag dapat mempermudah akun kamu ditemukan oleh followers potensial. Optimalisasi hashtag dapat dilakukan dengan menggunakan hashtag yang juga digunakan oleh kompetitor dan menghindari spam. Kamu juga dapat mencari hashtag yang sedang trending melalui hashtagify.me.

6. Menggunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Melalui kata turunan pada caption, Instagram dapat menemukan konten-konten yang akan muncul di explore pengguna. Konten yang dimunculkan pada explore pengguna pun menyesuaikan kepada preferensi konten.

7. Melihat Instagram Insight dan Reach Konten

Melalui insight, kamu dapat melihat performa setiap konten yang sudah kamu unggah. Berdasarkan data tersebut, kamu dapat mengevaluasi performa setiap konten. Melalui reach, kamu dapat mengukur jumlah followers yang terpapar konten. Pada bagian saves, kamu dapat mengukur jumlah user yang menyimpan konten Instagram kamu. Pada impression, kamu dapat melihat jumlah konten dilihat dan di-click oleh pengguna. Pada fitur like and comment, kamu dapat melihat interaksi dan engagement pengguna di konten kamu. Dan Audiens, kamu dapat melihat demografi followers kamu. 

Perlu dicatat bahwa penggunaan Instagram SEO harus dilakukan secara berhati-hati. Juga tidak menyalahkan peraturan Instagram, karena akan memberikan dampak buruk kepada akun kamu. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk mengoptimalkan SEO Instagram kamu? 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!