Mengenal Apa itu Selebgram, Berikut 5 Tips Jitu Menjadi Selebgram

Instagram kini tak hanya dikenal sebagai platform hiburan dan berjejaring sosial saja. Jumlah pengguna yang kian melesat setiap harinya, membuat Instagram telah beralih fungsi menjadi ladang mencari nafkah bagi seorang Selebgram.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat kini berbondong-bondong untuk beralih profesi menjadi Selebgram. Bagaimana tidak tergiur? Dengan menjadi Selebgram, seseorang dapat menghasilkan pundi-pundi hingga ratusan juta setiap harinya. Fantastis bukan.

Nah, kira-kira apa itu Selebgram, dan bagaimana caranya seorang pengguna biasa dapat menjadi Selebgram? Temukan penjelasannya di bawah!

Apa Itu Selebgram?

Selebgram secara bahasa berasal dari dua kata, yaitu “Selebriti” dan “Instagram”. Sementara secara istilah tersebut mengacu pada sebutan untuk seseorang yang terkenal di Instagram.

Para Selebgram dianggap terkenal apabila ia memiliki jumlah followers yang sangat banyak, biasanya jumlahnya dimulai dari 20.000 hingga jutaan pengikut.

Seseorang bisa menjadi Selebgram karena berbagai hal, mulai dari wajah yang tampan, skill tertentu yang dimiliki, kehidupan yang menarik, selera humor yang tinggi, dan lain sebagainya.  

Dengan jumlah pengikut yang sangat banyak, mereka memiliki pengaruh besar untuk membuat para followers-nya mengikuti apa yang si Selebgram bagikan. Sehingga, mereka para Selebgram juga sering disebut sebagai social media influencer. 

Nah, karena pengaruh yang para Selebgram ini pula para brand atau pemilik bisnis kemudian menjadi tertarik untuk bekerja sama dengan mereka dan menjadikan akun si Selebgram sebagai media promosi.

Transaksi promosi antara Selebgram dengan suatu produk atau yang biasa kita kenal dengan sebutan endorsement kemudian menjadi sumber penghasilan utama dari para Selebgram.

5 Tips Menjadi Seorang Selebgram

1. Ubah Profil Menjadi Lebih Menarik

foto profil

First impression adalah hal yang sangat penting untuk menarik pengguna lain mengikuti kamu di Instagram.

Tips yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat profil mu terlihat menarik dengan menggunakan foto profil dan bio eye catching, dan sejalan dengan personal branding yang berusaha kamu bangun. 

Sedikit saran, ubah akun Instagram kamu ke mode Professional Account untuk membantu menentukan strategi terbaik yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan performa akun.

2. Bangun Personal Branding-mu!

personal branding

Dengan menentukan personal branding, kamu akan menjadi lebih mudah menentukan konten yang sesuai dengan audiens, sehingga kamu akan menjadi lebih fokus dan konsisten saat membuat konten.

Contoh, apabila kamu berusaha membangun personal branding kamu menjadi seorang beauty enthusiasts, maka selanjutnya kamu bisa konsisten mengunggah konten yang terkait dengan bidang kecantikan, seperti memberikan tips kecantikan, review produk, video tutorial makeup, dan hal lainnya seputar kecantikan. 

3. Unggah Konten yang Menarik

membuat konten

Instagram identik dengan fitur unggah foto dan video, oleh karena itu kamu harus fokus membuat konten foto dan video yang menarik untuk menggaet banyak followers.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan merencanakan konten yang menghibur, mengemasnya dengan kualitas yang baik, dan menggunakan aplikasi edit yang dapat membuat foto atau video mu menjadi lebih aesthetic. 

Oh ya, selain itu pastikan kamu selalu konsisten dalam mengunggah konten ya! Baik itu dari segi pemilihan kategori konten, ataupun jadwal unggah. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah meningkatkan engagement akun mu. 

4. Tambahkan Caption Unik

caption

Selain mengunggah konten yang menarik dan berkualitas, kamu juga dapat memaksimalkan impresi postingan yang kamu unggah dengan menuliskan caption unik, orisinil, dan memancing interaksi.

Dalam penulisan caption, kamu juga dapat mencantumkan sejumlah hashtag yang relevan dengan isi konten untuk memaksimalkan engagement konten yang kamu unggah.

5. Aktif Berinteraksi Dengan Followers

selebgram instagram live

Tak hanya mengunggah konten menarik, untuk menjadi selebriti Instagram kamu juga perlu aktif berinteraksi atau membangun engagement dengan pengikutmu, lho. 

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan membalas komentar dan DM dari pengikutmu atau sekadar menggunakan fitur–fitur tertentu di Instagram Story yang dapat memancing para followers berkomunikasi denganmu. 

Dengan begitu, kamu dapat menggaet lebih banyak followers baru, serta meningkatkan loyalitas dari para pengikut lama.

Kalau kamu tertarik membaca informasi lebih lanjut seputar konten kreator dan hal-hal terkait lainnya, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android dan mulai karirmu di sana.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu Selebgram dan apa saja tips jitunya. Selamat mencoba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!