Intip Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Reach!

Media sosial kini telah menjadi primadona setiap orang untuk mencapai kesuksesan, baik itu dengan berbisnis ataupun menjadi seorang social media influencer. Bukan tanpa alasan, media sosial memiliki banyak kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna dalam mencapai tujuan tadi, antara lain seperti mengetahui performa dan efektivitas konten yang diunggah melalui fitur bernama dashboard analytic

Data dalam dashboard analytic dapat kamu lihat dan analisis untuk menentukan strategi yang tepat untuk keberlangsungan pemasaran bisnismu. Di dalam dashboard analytic sebetulnya terdapat berbagai metrik yang dapat digunakan, salah satunya adalah Reach

Setelah di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai impression, sekarang kamu akan diberi informasi lengkap mengenai reach yang ternyata tak kalah bermanfaat dari impression. Baik, daripada berbasa-basi lagi, ayo kita simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Reach?

Meski sering dikatakan serupa dengan impression, pada dasarnya reach adalah metrik yang berbeda. Kekeliruan akan pengertian dan penggunaan dari keduanya dapat berakibat fatal pada penentuan strategi digital marketing yang akan kamu ambil, lho!

Reach merupakan metrik yang menunjukkan angka total dari jumlah orang yang melihat konten yang kamu unggah. Sehingga dalam hal ini, perhitungan reach hanya berfokus pada jumlah pengguna yang melihat konten mu di media sosial. Contoh, terdapat 100 akun yang melihat konten mu sebanyak 3x, maka angka yang muncul di reach tetap hanya sebanyak 100. Uniknya, kamu dapat menghitung sendiri seberapa besar reach yang kamu dapatkan. Caranya adalah dengan membagi impressions dengan frequency, atau jumlah seberapa banyak konten terekspos pengguna lain.

Kegunaan dari adanya reach dapat membantu kamu dalam melihat serta mengevaluasi apakah konten yang kamu unggah sudah berhasil. Semakin banyaknya reach menunjukkan bahwa konten yang kamu unggah semakin luas dijangkau oleh pengguna lain, yang mana hal ini dapat membantu kamu mengetahui bahwa terdapat peningkatan brand awareness pada bisnismu. Selain itu, melalui reach kamu juga dapat melihat apakah konten yang kamu buat sudah baik atau belum. Hal ini dapat kamu analisis dengan melihat perbandingan reach yang dicapai dengan konversi dari bisnis kamu.

Sama seperti impression, angka yang disajikan pada metrik reach tidak dapat menunjukkan seberapa banyak engagement yang kamu hasilkan dari sebuah konten, karena pada dasarnya engagement adalah jumlah interaksi pengguna seperti like, comment, dan share.

Reach di Tiap Media Sosial

Facebook

Reach di Facebook pada dasarnya berguna untuk melihat seberapa banyak orang yang telah melihat konten yang kamu unggah. Sama halnya seperti impression, reach di Facebook terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Organic Reach yang menunjukkan jumlah orang yang melihat konten kamu secara gratis di laman Facebook, kemudian Paid Reach yang menunjukkan seberapa banyak orang yang melihat konten berbayar yang kamu miliki di Facebook, dan yang terakhir adalah Viral Reach yang menunjukkan seberapa banyak orang yang melihat konten berbayar di laman Facebook, dan banyaknya orang yang melakukan interaksi pada konten tersebut, seperti meninggalkan like, comment, atau share.

Instagram

Hampir serupa dengan Facebook, reach di Instagram menunjukkan angka seberapa banyak jumlah pengguna yang melihat konten yang telah kamu unggah di Instagram. Lagi–lagi, perlu diingat bahwa untuk melihat metrik reach di Instagram kamu perlu mengubah akun Instagram kamu ke mode professional atau business account.

Bagaimana? Setelah membaca artikel barusan kamu pasti tertarik kan untuk mengetahui informasi lebih banyak seputar media sosial, konten, influencer, dan hal-hal lain di antaranya kan? Kalau gitu, kamu wajib banget nih download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Ayo klik sekarang!

Jadi itu dia segala hal tentang reach yang wajib kamu ketahui. Ayo coba sekarang untuk maksimalkan performa konten pada bisnismu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!