Mengenal Reach, Cara Ukur Efektivitas Strategi Pemasaran Platform Kamu

Media sosial kini telah menjadi primadona setiap orang untuk mencapai kesuksesan, baik itu dengan berbisnis ataupun menjadi seorang social media influencer. Bukan tanpa alasan, media sosial memiliki banyak kelebihan yang dapat para penggunanya manfaatkan dalam mencapai tujuan tadi, seperti mengetahui performa dan efektivitas konten atau yang akrab disebut ’reach’ melalui fitur bernama dashboard analytic

Data dalam dashboard analytic tersebut dapat membantumu untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam mengelola platform digital dan memudahkanmu dalam menentukan strategi pemasaran.

Penasaran untuk informasi selengkapnya? Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya!

Apa Itu Reach?

Meski sering dikatakan serupa dengan impression, pada dasarnya reach adalah metrik yang berbeda. Kekeliruan akan pengertian dan penggunaan dari keduanya dapat berakibat fatal pada penentuan strategi pemasaran yang akan kamu ambil, lho!

Reach merupakan metrik yang menunjukkan angka total dari jumlah orang yang melihat konten yang kamu unggah. Sehingga dalam hal ini, perhitungan metrik tersebut hanya berfokus pada jumlah pengguna yang melihat konten mu di media sosial.

Contoh, terdapat 100 akun yang melihat konten mu sebanyak 3x, maka angka yang muncul di reach tetap hanya sebanyak 100. Uniknya, kamu dapat menghitung sendiri seberapa besar reach yang kamu dapatkan dengan membagi impressions dengan frequency, atau jumlah seberapa banyak konten terekspos pengguna lain.

Kegunaan Mengukur Reach

Kegunaan dari adanya metrik ini dapat membantu kamu dalam melihat serta mengevaluasi apakah konten yang kamu unggah sudah berhasil. Semakin banyaknya reach akan menunjukkan bahwa konten yang kamu unggah semakin luas pengguna lain jangkau, yang mana hal ini dapat membantu kamu mengetahui bahwa terdapat peningkatan brand awareness pada bisnismu.

Selain itu, melalui reach kamu juga dapat melihat apakah konten yang kamu buat sudah baik atau belum. Hal ini dapat kamu analisis dengan melihat perbandingan reach yang kamu capai dengan konversi dari bisnis kamu.

Sama seperti impression, angka yang disajikan pada metrik reach tidak dapat menunjukkan seberapa banyak engagement yang kamu hasilkan dari sebuah konten, karena pada dasarnya engagement adalah jumlah interaksi pengguna seperti like, comment, dan share.

Cara Mengukur Reach

cara mengukur reach

Salah satu cara paling mudah untuk menghitung metrik ini adalah dengan membagi impression dan frequency, yaitu jumlah berapa kali sebuah konten terekspos pada seorang pengguna.

Di beberapa platform contohnya Facebook dan Instagram, impression dapat kamu peroleh dengan membuka data analitik suatu konten.

Namun jika tidak tersedia, kamu dapat memperoleh impression dengan rumus:

  • impressions = biaya/(klik per impressions/1.000)

Sementara, untuk frequency, perhitungannya dapat kamu lakukan dengan cara:

  • frequency = impressions/jumlah pengguna

Memantau impression dan reach dapat memberi banyak informasi mengenai performa iklan dan konten yang ditampilkan.

Kedua hal ini sangat membantu dalam mengetahui effective frequency, yaitu berapa kali pengguna harus melihat suatu iklan sampai melakukan sebuah respons berupa klik.

Sementara secara spesifik, berikut cara memanfaatkan reach untuk platform Facebook dan Instagram:

Facebook

Metrik ini di Facebook pada dasarnya berguna untuk melihat seberapa banyak orang yang telah melihat konten yang kamu unggah.

Reach di Facebook terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori Organic yang menunjukkan jumlah orang yang melihat konten kamu secara gratis di laman Facebook. Lalu, kategori Paid yang menunjukkan seberapa banyak orang yang melihat konten berbayar yang kamu miliki di Facebook. Dan yang terakhir kategori Viral yang menunjukkan seberapa banyak orang yang melihat konten berbayar di laman Facebook, dan banyaknya orang yang melakukan interaksi pada konten tersebut, seperti meninggalkan like, comment, atau share.

Instagram

Reach di Instagram menunjukkan angka seberapa banyak jumlah pengguna yang melihat konten yang telah kamu unggah di Instagram. Namun ingat, kamu perlu mengubah akun Instagram kamu ke mode professional atau business account untuk melihat metrik tersebut.

Bagaimana? Setelah membaca artikel barusan kamu pasti tertarik kan untuk mengetahui informasi lebih banyak seputar media sosial, konten, influencer, dan hal-hal lain di antaranya kan? Kalau gitu, kamu wajib banget nih download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Ayo klik sekarang!

Jadi itu dia segala hal tentang reach yang wajib kamu ketahui. Ayo coba sekarang untuk maksimalkan performa konten pada bisnismu!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!