Makin Untung dengan Ikut Program Partner YouTube. Simak Persyaratannya!

Jika kamu seorang YouTuber pemula dan ingin konten yang kamu unggah menghasilkan uang, sepertinya kamu perlu mengetahui apa itu “Program Partner YouTube”. Selain memudahkanmu mendapat penghasilan, kamu juga akan mengerti bagaimana kebijakan monetisasi YouTube berjalan. 

Kebijakan tersebut mencakup kebijakan program Google Adsense, pedoman komunitas, serta persyaratan layanan. Jika sudah berpartisipasi dalam Program Partner YouTube, seluruh kebijakan itu akan otomatis berlaku di channel YouTubemu!

Tertarik bergabung? Socialights telah merangkum materinya dalam artikel ini. Simak sampai habis, ya!

Apa Itu Program Partner YouTube

YouTube

Secara sederhana, Program Partner YouTube adalah fitur yang memberikan akses kepada pemilik channel untuk mendapat berbagai referensi dan fitur YouTube, salah satunya melakukan monetisasi konten. Sayangnya, tidak semua channel dapat bergabung sebagai partner.

Hanya pemilik channel yang mengunggah konten vlog harian, video rumahan, video kreasi mandiri, video tutorial dalam bentuk apapun, video musik orisinal, dan film pendek orisinal yang bisa melakukan monetisasi.

Selain konten terpilih, kamu juga harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan YouTube dan melewati tahap peninjauan agar bisa terdaftar. 

Persyaratan dan Ketentuan Mendaftar Program

YouTube

Pertama-tama, kamu perlu menyimak persyaratan dan ketentuan untuk mendaftar program partner YouTube sebagai langkah sebagai berikut:

1. Tinggal di Kawasan Youtube Partner

Syarat yang pertama adalah pemilik channel harus menetap di kawasan YouTube Partner Program. Ada banyak negara yang tidak masuk ke dalam daftar tersebut, namun tenang saja karena Indonesia salah satu yang berada di dalam daftar.

2. Memiliki 1000 Subscriber

Kamu juga harus memiliki setidaknya 1000 subscriber untuk bisa mendaftar program ini. Subscriber sendiri merupakan penonton yang mengikuti channel kamu dan ingin menyaksikan lebih banyak konten yang kamu unggah.

Meski pengguna YouTube mencapai miliaran, mendapatkan subscriber ternyata tak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk YouTuber pemula. Kamu harus memproduksi konten yang berkualitas, menarik, dan unik agar lebih menonjol dari YouTuber lainnya. 

Tidak lupa, kamu juga dituntut untuk konsisten agar penonton setiamu tidak kabur.

3. Mendapat 4000 Jam Penayangan

Pastikan juga channel YouTube kamu sudah mencapai 4000 jam penayangan. Maksudnya, jam tayang yang kamu dapatkan dalam 12 bulan terakhir mencapai 4000 jam. 

Persyaratan ini dibuat untuk memastikan bahwa subscriber kamu adalah pengguna aktif. Cara ini juga mencegah adanya kecurangan membuat “subscriber palsu” agar dapat memenuhi persyaratan yang sebelumnya.

4. Pastikan Kamu Mengikuti Kebijakan yang Berlaku

Setelah persyaratan sudah kamu lakukan semua, kamu juga perlu mematuhi kebijakan yang ada. Kebijakan tersebut berlaku untuk siapa saja yang hendak bergabung di dalam program.

Kamu harus menaati pedoman komunitas yang meliputi perizinan semua jenis konten termasuk komentar, video, link serta thumbnail. Setelah itu, ada persyaratan layanan, hak cipta Youtube serta kebijakan program AdSense.

Cara Mendaftar Program Partner Youtube

youtuber

Setelah memenuhi persyaratan dan berkomitmen menaati ketentuan yang berlaku, tahap selanjutnya adalah mendaftarkan channelmu ke program.

Di bawah ini adalah cara mendaftar program partner YouTube untuk monetisasi Youtube:

1. Login ke Akun YouTube

Tahap pertama, silahkan buka YouTube di browser lalu tekan ikon profile yang berada di sudut kanan atas halaman.

2. Pilih YouTube Studio

Selanjutnya, pilihlah opsi “YouTube Studio” yang akan mengarahkan kamu menuju dashboard studio channel YouTube. Lihat opsi pada sebelah kiri menu bar, lalu tekan pilihan Monetisasi.

3. Menyetujui Persyaratan Program

Apabila channel kamu telah memenuhi persyaratan, maka otomatis akan tertera pilihan “Daftar Sekarang” disana. Dan sebaliknya, jika channel belum memenuhi persyaratan, maka tidak bisa mendaftar dan melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

Tahap selanjutnya adalah peninjauan persyaratan di program partner YouTube lalu menyetujuinya. Ceklis kolom bertulisan “Persetujuan Persyaratan” kemudian tekan “Setujui”.

4. Sambungkan atau Daftar AdSense

Jika kamu telah setuju, kamu bisa menuju pada laman monetisasi channel dana menekan “Daftar menuju Google AdSense”. Selesai. Kamu hanya perlu menunggu proses peninjauan yang berasal dari YouTube.

Pemberitahuan ada di email dan biasanya memerlukan waktu selama satu bulan. Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan lebih banyak konten menarik akan memiliki jadwal unggah yang teratur setelah program berlangsung.

Itulah rangkuman bagaimana cara berpartner dengan YouTube. Coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!