Mengenal Preppy Style dan Rekomendasi Item untuk Kamu

Dunia fashion memang nggak pernah mati. Bahkan untuk tren fashion lama seperti vintage dan retro, semakin tahun justru semakin banyak peminat. Berbicara soal tren fashion lama, ada satu gaya berbusana yang cukup populer di kalangan mahasiswa Amerika dan Inggris di rentan tahun 60-an hingga 80-an. 

Terinspirasi dari busana pelajar elit masa lalu, gaya ini banyak memakai kemeja, vest, sweater, atau blouse lalu mengkombinasikannya dengan rok atau celana bahan yang longgar. Gaya tersebut adalah preppy style. 

Apakah kamu pernah mendengar istilah itu sebelumnya? Jika belum, simak artikel ini untuk mendapatkan jawabanya. Kami juga telah merangkum item fashion untuk kamu sebagai referensi berpakaian.

Sejarah Preppy Style

Lisa Brinbach telah merangkum ide-idenya ketika mengadopsi gaya preppy style dalam bukunya yang berjudulOfficial Preppy Handbook” yang terbit pada tahun 80-an. Brinbach menegaskan jika kiblat fashion preppy akan identik dengan gaya busana formal, seperti seragam yang akan nyaman untuk seseorang pakai setiap hari.

Seperti latar belakangnya, preppy style akan memberikan kesan cerdas, prestisius, dan penuh keanggunan bagi seseorang yang memakainya. Sementara kata preppy sendiri diambil dari kata pre-college dan preparatory.

Preppy kemudian diibaratkan sebagai style pemuda elit yang mampu membeli pakaian mahal dari bahan terbaik. Banyak dari mahasiswa universitas bergengsi seperti Harvard, Yale, dan Princeton yang menggunakan gaya ini bahkan sejak 1912.

Untuk kamu yang ingin mencoba gaya berbusana yang satu ini, kami sudah merangkum item fashion apa saja yang perlu kamu persiapkan yang tentunya cocok dengan anak muda tanah air.

Item Fashion Ala Preppy Style

Untuk menciptakan tampilan ala preppy style, kamu bisa coba praktekkan tips mix and match di bawah ini:

1. Rekomendasi Item Atasan untuk Perempuan

hanger baju

Preppy style cukup identik dengan perpaduan kemeja polos atau sweater yang dipadukan dengan vest berleher V. Kamu juga bisa mengganti kemeja dengan blouse yang memiliki pita pada bagian depannya.

Selain itu, para pelajar elit biasanya menggunakan turtleneck yang dipadukan dengan blazer berwarna netral seperti hitam, putih, atau coklat. Dengan berpakaian seperti itu, tentunya akan membuat penampilanmu tampak formal dan elegan. 

2. Rekomendasi Item Atasan untuk Laki-laki

sweater

Pakailah atasan dan bawahan yang serba fit to body untuk menonjolkan gaya klasik dan padukan bersama blazer atau sweater. Pilihlah warna-warna klasik nan casual, misalnya khaki atau monokrom (hitam dan putih), serba polos dari atas sampai ke bawah.

3. Pemilihan Bawahan yang Cocok

rok tartan

Untuk perempuan, mengkombinasikan rekomendasi item di atas dengan rok berwarna netral atau yang bermotif tartan dapat memperkuat preppy looks kamu. Meski banyak warna dan motif yang bisa menjadi opsi, namun rok dengan warna gelap seperti merah bata, hitam, atau coklat adalah rekomendasi paling cocok. Motif kotak-kotak juga menjadi pilihan standar yang semua orang bisa pakai.

Sementara untuk laki-laki, celana bahan atau celana chino adalah item yang paling cocok. Pilihan warna yang dipakai pun tidak jauh-jauh dari hitam atau coklat.

4. Pemilihan Sepatu

sepatu

Jarang sekali pelajar elit menggunakan sepatu sneakers atau tali sebagai alas kaki mereka. Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan sepatu model loafers atau sepatu selop agar menunjang preppy looks yang kamu inginkan. Sementara untuk laki-laki, disarankan untuk menggunakan sepatu pantofel berwarna gelap.

Outfit Preppy Style Ala Bianca Kartika

Untuk kamu yang menggunakan hijab, kamu tetap bisa kok berpenampilan preppy looks. Inspirasi outfit ala selebgram Bianca ini bisa mencari referensimu!

Ingatlah, jika berpenampilan preppy bukanlah sekedar fashion, melainkan juga sebuah gaya hidup. Gaya hidup preppy disinilah yang mengharuskan kamu untuk hidup berpendidikan, sopan dan juga memiliki penampilan formal. Dengan begitu, looks yang kamu gunakan akan mengikuti gaya hidup tersebut. Selamat mencoba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!