Deretan Fitur dan Kegunaan Pinterest yang Gak Kamu Sangka-sangka!

Di tengah maraknya kreasi konten, Pinterest adalah salah satu platform yang mewadahi segala inspirasi.

Mulai dari ide desain rumah, desain interior, desain website, bahkan inspirasi outfit kekinian, semua bisa kamu temukan melalui platform satu ini.

Gak cukup sampai di situ, Pinterest juga menjadi tempat para blogger untuk mempromosikan artikel atau blog-nya.

Intinya, platform dengan logo berwarna merah yang khas ini cocok banget buat kamu yang lagi stuck nyari ide untuk bikin konten–khususnya konten visual, nih, Socialty!

Biar lebih paham lagi tentang Pinterest, pada artikel kali ini kamu akan mengintip beberapa fitur dan kegunaan lain dari Pinterest.

Tapi, sebelum itu, ada baiknya kamu ketahui dulu penjelasan singkat tentang definisi Pinterest seperti berikut ini:

Apa Itu Pinterest?

apa-itu-pinterest
Photo by Unsplash

Seperti yang dikutip dari MakeUseOf, Pinterest adalah jejaring sosial berbasis penyematan gambar.

Pertama kali berdiri pada tahun 2009, platform yang digagas oleh Ben Silbermann, Evan Sharp, serta Paul Sciarra ini kini tampil populer sebagai tempatnya orang-orang mencari sumber inspirasi.

Lebih tepatnya, Pinterest merupakan aplikasi untuk para kreator saling berkumpul, membagikan konten, dan mengoleksi berbagai konten mereka dari para kreator dengan minat yang sama. Kontennya bisa berupa gambar, video, gambar bergerak (GIF), atau halaman web.

Akan tetapi, meski beberapa fiturnya gak beda jauh dari jejaring sosial lain, dalam wawancaranya dengan Fortune, Ben Silbermann selaku CEO membeberkan bahwa Pinterest lebih oke kalau disebut sebagai “catalog of ideas”.

Jadi, kalau kamu lagi suntuk banget karena kekurangan ide buat bikin konten, Pinterest adalah salah satu situs yang wajib kamu kunjungi. Platform ini bisa kamu akses langsung melalui aplikasi atau situs website-nya.

Lalu kira-kira apa saja, sih, fitur-fitur yang ada di Pinterest? Stay tuned!

Fitur-fitur Utama Pinterest

fitur-pinterest
Photo by Unsplash

Search (Cari)

Sama seperti media sosial lainnya, Pinterest memiliki fitur search alias fitur pencari. Fungsinya untuk mencari konten-konten sesuai kata kunci yang kamu ketikkan di kolom yang tersedia.

Misalnya, kamu cari keyword “rumah gaya Eropa”, nantinya Pinterest akan menampilkan berbagai konten visual berupa foto, video, atau GIF tentang rumah bergaya Eropa.

Pin & Re-Pin

Pin ini adalah segala kegiatan untuk mengunggah dan menyimpan konten di Pinterest. Kalau untuk membagikannya ke pengguna lain, kamu bisa menyebutnya “repin”.

Contohnya nih, kamu menemukan konten visual yang oke banget sebagai referensi, kamu bisa langsung klik tombol “Pin” untuk menyimpannya.

Board (Papan)

Fitur yang satu ini adalah tempat terkoleksinya segala konten yang kamu simpan. Kamu bisa mengubah nama dan mengaturnya sesuai topik.

Misal, kamu mau bikin board tentang resep masak. Kamu bisa membuat board dengan nama “Resep Nusantara”, di mana semua resep masakan nusantara kamu simpan (pin) di dalamnya.


Atau, mau bikin board tentang “Color Palette”, simpan semua konten tentang skema warna di dalam board tersebut biar mudah dicari.

Asyiknya lagi, kamu juga bisa mengatur board kamu ke dalam mode privasi kalau kamu gak mau pengguna lain melihatnya.

Message (Pesan)

Tempatnya berkirim pesan dengan pengguna Pinterest lainnya. Kamu dapat memulai percakapan dengan mengetikkan nama pengguna atau alamat e-mail orang yang kamu tuju.

Filter dan Urutkan

Tujuan keberadaan fitur ini, tentu biar Pinboard kamu terorganisir.

Urutkan board sesuai nama dari A-Z, mengurutkan letak papan, atau mengurutkannya sesuai waktu terakhir konten tersimpan.

Ada pula fitur kelola visibilitas yang memungkinkan kamu menampilkan atau menyembunyikan konten-konten yang kamu pin.

Suka & Komentar

Sama seperti media sosial lain, kamu juga bisa memberikan apresiasi berupa like (suka), dan meninggalkan jejak di kolom komentar konten pengguna lain.

Visit (Kunjungi)

Fitur ini berlaku untuk halaman website yang dapat diakses di Pinterest.

Banyak blogger yang mempromosikan konten artikelnya dengan menyematnya ke Pinterest.

Alhasil, apabila ada pengguna Pinterest yang mengetikkan kata kunci yang masih relevan dengan artikel tersebut, maka artikel itu akan muncul dalam bentuk thumbnail dan judulnya.

Karena cuma berupa thumbnail alias “gambar cover”, selanjutnya pengguna bisa klik “visit” untuk membuka dan membaca isi keseluruhan artikel blog.

Akun Bisnis

Untuk kegiatan promosi bisnis, Pinterest juga memberikan fasilitas akun bisnis.

Keuntungannya? Kamu bisa menganalisa kesuksesan strategi promosi melalui fitur analytic, membuat iklan dan pin ber-promote, bahkan menampilkan jumlah viewers pin di profil kamu.

Apa Kegunaan Pinterest?

Kegunaan utamanya memang sebagai katalog ide. Tetapi, Pinterest juga punya deretan kegunaan lain yang gak boleh kamu lewatkan. Apa saja?

Promosi Bisnis

pinterest-business
Photo by Unsplash

Era digital, era-nya media sosial. Gak terkecuali Pinterest. Banyak pebisnis yang melebarkan sayapnya dengan melakukan branding ke raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, hingga Twitter.

Dan kini, gak sedikit pula yang mulai melirik Pinterest sebagai media promosi yang potensial. Makanya jangan heran, kamu bisa dengan mudah menemukan beberapa konten kampanye marketing yang dibuat oleh brandbrand lokal–maupun internasional.

Kalau kamu juga ingin memulai bisnis, platform satu ini bakalan jadi tools yang gak kalah kece untuk menunjukkan produk-produk secara kreatif. Tetapi, kamu mesti ubah dulu akun kamu ke akun bisnis, yaa!

Jangan lupa pula download aplikasi Socialights yang bisa bantu kamu dapetin berbagai insight seputar kreasi konten, cara meningkatkan performa media sosial, atau tips-tips memulai bisnis.

Get More Traffic!

traffic-pinterest
Photo by Unsplash

Ini penting banget buat blogger dan para pelaku usaha yang punya website. Menautkan blog website di Pinterest akan sangat menguntungkan.

Layaknya mengupayakan traffic lewat Google, kamu mesti memahami teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan pengunjung secara organik (alami).

Teknik optimasi ini bisa berupa keyword research, mengorganisir board supaya tertata rapi, menggunakan warna-warna yang eyecatching untuk desain thumbnail konten, judul konten yang mengandung kata kunci yang ditargetkan, dan lain sebagainya.

Bikin Konten Bersponsor

sponsored-content-pinterest

Kegunaan lain dari platform ini yang menguntungkan kamu adalah membuat konten sponsorship.

Kamu bisa bikin artikel, desain, atau video berdurasi pendek dengan tema yang sudah ditentukan dalam rangka promosi produk atau meningkatkan awareness ke audiens.

Kalau konten-konten sponsor kamu ciamik banget, siap-siap bakal diajak kerja sama bareng brand atau konten kreator lainnya!

Kreasikan Konten Sesukanya

konten-pinterest

Yang terakhir ini juga gak kalah seru. Asah kreativitasmu dengan membuat konten-konten keren di Pinterest.

Kalau kamu suka fashion, kamu bisa bikin video tips mix & match daily outfit, tutorial menggunakan hijab dari berbagai bahan, sampai rekomendasi sepatu di musim hujan.

Itu dia deretan fitur dan kegunaan Pinterest yang gak kamu sangka-sangka. Karena gak cuma ide yang bisa kamu dapatkan, Pinterest juga bisa kamu manfaatkan sebagai ladang penghasilan, lho!

Hayo, tertarik jadi konten kreator di Pinterest?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!