Personal Branding : Pengertian, Urgensi dan Tipsnya

Pernah dengan istilah personal branding? Tampak keren saat didengar oleh telinga kita. Banyak yang menyimpulkan kalau istilah ini hanya harus dimiliki oleh pembisnis saja. Padahal semua profesi akrab dengan hal ini seperti freelancer, penulis, dan lain sebagainya yang dituntut untuk memiliki skill atau bakat yang mumpuni. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas tuntas tentang personal branding, Socialty!

Apa itu Personal Branding

Personal branding adalah bagaimana seorang individu mampu menempa, membentuk dan mempromosikan bakat, prestasi, keterampilan agar menjadi seseorang yang handal dibidang tertentu. Hal ini merupakan komponen penting yang berlanjut kepada daya tarik atau daya jual.

Sementara itu, dalam sebuah buku yang berjudul The Master Book Of Personal Branding (2019) karya Farco Siswiyanto Raharjo menyatakan bahwa personal branding adalah bagaimana seseorang memiliki kendali atas penilian positif dari orang lain. Ronald Susanto menimpal bahwa personal branding dinyatakan sebagai suatu persepsi masyarakat atas aspek kepribadian dan kemampuan seseorang untuk kepentingan selling atau pemasaran.

shoes

Urgensi Personal Branding

Setiap orang pasti memiliki kiat tersendiri untuk membangun personal brandingnya. Dengan begitu diharapkan dapat melahirkan penilaian positif akan citra yang kita bangun dengan usaha yang maksimal.

Selain itu, berikut manfaat personal branding yang harus kamu ketahui :

1. Membangun Koneksi

Banyak sekali artikel yang mengkupas tentang personal branding. Ternyata dengan melakukan hal ini, kamu bisa membuat diri kamu memiliki banyak koneksi baik di jejaring sosial maupun dunia nyata. Meluasnya koneksi ini menambah eksposur diri kamu. Logikanya simple, semakin banyak prestasi yang kamu ukir, maka radar koneksi dibidang apapun akan mudah berpihak kepada kamu.

Oh iya, buat kamu yang ingin berkolaborasi dan nambahin koneksi dengan sesama konten kreator dan influencer, kamu bisa download aplikasi Socialights di Android dan iOS ya!

2. Membangun Kredibilitas

Kredibilitas merupakan sesuatu hal yang dapat dipercaya, bisa berupa kapabilitas, kualitas atau lainnya. Ibarat seperti sebuah pepatah “Tong Kosong Nyaring Bunyinya” yang menandakan bahwa seseorang lebih baik tidak banyak bicara tapi lebih bayak bertindak. Membuktikan tindakan yang dilakukannya dapat menjadi pondasi personal branding yang kuat dan efektif. Dengan begitu, kredibilitas akan meningkat serta banyak orang mengenal kamu dari arah positif.

3. Memiliki Authenticity

Personal branding itu lahiriah atau dari individu itu sendiri yang membantunya tumbuh dari hal yang diperayainya. Kamu tidak dapat melakukan imitasi, melainkan harus sesuai dengan keadaan diri kamu. Misalnya suara seseorang terdengar unik, jangan menduplikatnya untuk dijadikan sebagai karaktek. Bangunlah keaslian mu dengan pesona yang asli.

Bagaimana Tips Meningkatkan Personal Branding?

  • Temukan Keunikan Ciri Khas Kamu (Niche)

    Tips pertama, temukan apa kelebihan dan keunikan yang membuat kamu unggul dan berbeda dari yang lain. Misalnya dari prestasi yang kamu raih, keahlian, atau kepribadian yang harus kamu olah menjadi sebuah passion.
  • Tentukan Tujuan dengan Jelas

    Jika sudah menemukan ciri khas, maka akan berpengaruh positif terhadap Personal Branding. Kemudian tentukan arah goals yang akan kamu capai. Ingin menjadi apa, dikenal sebagai pribadi yang bagaimana, tergantung pada  arah yang kamu inginkan.
  • Jaga Konsistensi diri

    Wah, kali ini sangat berbahaya jika kamu tidak konsisten pada apa yang sudah ada bentuk atau kamu capai.  Seseorang yang mengenal kamu sebagai pribadi yang loyal terhadap pekerjaan, maka seterusnya harus tetap loyal. Jangan melakukan hanya karena pujian semata. Konsistensi diri diperlukan dalam personal branding agar kamu lebih mudah mendapatkan apresiasi positif dari orang lain.
  • Buat Konten Sesuai Gaya Kamu

    Untuk kamu yang sosialita banget, persepsi publik penting untuk dibangun. Buatlah konten yang kreatif dan inovatif sesuai gaya kamu ya. Tonjolkan lah ciri khas serta kreativitas kamu semaksimal mungkin untuk menjadi nilai plus dimata viewers.

Nah,itu dia pengertian tentang personal branding. Buat kamu Gen Z dan Kaum Milennials yang ingin membentuk personal branding demi mempromosikan diri melalui konten di platform tertentu, artikel ini akan menjadi bacaan yang sangat bermanfaat. Mulai kenali, tempa dan eksplor skill yang kalian punya. Jadilah apa adanya namun memperbanyak karya ya gaes. Semoga sukses!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!