Ini Perbedaan TikTok dan TikTok Lite!

Platform digital berbasis video menjadi salah satu tren yang tengah digandrungi banyak orang. Gen Z dan milenial menyukai aplikasi yang menampilkan video lucu, hiburan, edukasi, atau konten menarik lainnya. Jika Kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak pengikut hingga penghasilan jutaan rupiah per bulan, sebaiknya pertimbangkan karir menjadi content creator. Kamu bisa menggunakan aplikasi TikTok yang memiliki pengguna di seluruh dunia, ya! Sebelum nge-download aplikasinya, sebaiknya ketahui perbedaan TikTok dan TikTok Lite lebih dulu.

5 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang Wajib Kamu Tahu 

Mungkin kamu masih bingung mau membuat konten berupa video lucu atau inspiratif di aplikasi TikTok atau TikTok Lite. Meskipun merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sama, tetapi kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kapasitas ponsel. Supaya kamu medownload aplikasi yang tepat, berikut perbedaan antara keduanya.

1. Ukuran file

Perbedaan yang mendasar dari aplikasi yang dikembangkan founder asal Tiongkok ini ada pada ukuran file. Bila ponsel kamu memiliki kapasitas penyimpanan yang minim, sebaiknya download TikTok Lite yang membutuhkan kapasitas untuk download sekitar 23 MB saja, sedangkan kapasitas download aplikasi TikTok lebih besar sekitar 75 MB. Begitu pula dengan ukuran file yang jauh berbeda yaitu TikTok Lite hanya 182 MB, sedangkan TikTok biasa sekitar 300 MB. 

2. Tampilan aplikasi

Meskipun memiliki tampilan User Interface (UI) yang terdiri dari home, search, upload, inbox, dan profile yang sama, tetapi tampilan logo inbox pada TikTok Lite berupa petir sedangkan logo inbox TikTok biasa berupa kotak suara atau amplop. Selain itu, TikTok Lite memiliki nuansa warna putih sedangkan TikTok reguler memiliki nuansa warna lebih gelap.

3. Kelengkapan fitur

Fitur yang dimiliki TikTok Lite tidak selengkap TikTok biasa atau ada fitur yang dipangkas yaitu fitur block list, digital wellbeing, live photo, react, duet, dan wallet.

4. Report

Pengguna TikTok biasa memiliki kelebihan dalam melakukan report pada akun yang mengunggah konten video tidak pantas atau melanggar aturan yang sudah ditetapkan TikTok. Namun, pengguna TikTok Lite tidak bisa melaporkan akun seseorang karena telah mengunggah konten yang dilarang sesuai kebijakan TikTok, lho! 

Pengguna  akun TikTok Lite harus puas dengan tiga opsi saja di aplikasi yang terpasang di ponsel yaitu blokir orang lain, mode akun privat dan membuat user lain mencari profil kamu. Duh, sangat terbatas dibandingkan dengan TikTok reguler, ya!

5. Durasi video

Pengguna TikTok Lite harus cukup puas dengan durasi video yang diunggah pengguna lain sangat terbatas hanya lima belas detik saja, sedangkan pemakai TikTok biasa bisa menikmati unggahan  atau merekam video hingga tiga menit lamanya.

Beberapa perbedaan TikTok dan TikTok Lite di atas bisa menambah wawasan kamu yang ingin menjadi TikTokers sejati. Ponsel yang memiliki RAM dan penyimpanan internal kecil memang harus puas dengan TikTok Lite yang memiliki koin lebih kecil kalau kamu menonton video pengguna lain dalam durasi tertentu. 

Tidak ada salahnya untuk segera meng-upgrade ponsel kamu agar bisa digunakan untuk medownload aplikasi TikTok reguler yang memiliki fitur lebih lengkap. Namun, kamu yang ingin mengunggah konten berdurasi lima belas detik yang lucu atau inspiratif pun, sah-sah saja.

Menjadi TikTokers yang memiliki jutaan pengikut dengan konten yang berkualitas, kamu akan menjadi salah satu influencer ternama di Indonesia yang bisa memberikan edukasi atau hiburan positif. Bisa mengekspresikan diri sekaligus mendapatkan uang dari digitalisasi, why not?

Buat kamu yang ingin terus update tentang dunia Influencer dan konten kreator, kamu bisa download aplikasi Socialights. Disitu kamu bisa berkolaborasi dengan Influencer lainnya loh!

Play Store Download Button
App Store Download Button
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!