Mengenal Perbedaan SMO dan SEO, Mana Strategi  yang Cocok Untukmu?

Di bagian pemasaran, ada banyak strategi untuk mencapai tujuan keberhasilan. Strategi tersebut tentunya menggunakan dasar dari karakteristik, efektivitas, budgeting, dan hal terkait lainnya.

Dan diera yang serba digital seperti sekarang, digital marketing menjadi salah satu kegiatan pemasaran yang banyak digunakan, diantaranya SMO atau social media optimization dan SEO search engine optimization.

Cara tahu perbedaan SMO dan SEO pada artikel berikut ini!

Mengenal Apa Itu SMO

Social media optimization atau SMO adalah strategi pemasaran yang mengoptimalisasikan media sosial dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan produk dan layanan baru. Indikator SMO juga yang mengelola dan meningkatkan brand exposure-nya.

Terdapat beberapa keuntungan dari melakukan SMO pada brand kamu, diantara:

  1. Menambah visibilitas dan reach konten agar menghasilkan klik dan traffic yang lebih besar.
  2. Menilai ROI keseluruhan dan hasil social media marketing kamu, seperti penjualan dan kesadaran masyarakat akan produk kamu.
  3. Mengembangkan proses yang konsisten untuk membuat konten yang berperforma baik terhadap brand.

Tujuan SMO

Indikator SMO bertujuan untuk membantu meningkatkan kunjungan situs website melalui media sosial. Bentuk SMO dapat berupa postingan gambar, video, status, atau URL saja di media sosial.

Selain itu, social media optimization dapat memudahkan pembisnis untuk menyampaikan pesan kepada calon konsumen dan diharapkan mendapatkan lebih banyak kunjungan ke situs web miliknya. 

Selain menguntungkan para pebisnis, indikator SMO juga menguntungkan untuk para konten kreator maupun influencer, karena SMO akan meningkatkan visibilitas dan juga reach konten sehingga mampu menghasilkan engagement yang lebih besar di media sosial.

Jadi, jika influencer atau konten kreator memanfaatkan strategi ini dengan benar, besar kemungkinan konten yang dimuat di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok akan meraih audience yang lebih banyak dan nama mereka akan paling atas di pencarian media sosial. 

Langkah Menerapkan SMO

Berikut adalah langkah-langkah dalam menerapkan strategi pemasaran SMO:

1. Analisis Audience

Pertama adalah analisis Audience, kalian harus tahu platform sosial media apa yang dipakai oleh audience kalian.

Hal ini adalah langkah awal untuk mengenal dan mencari tahu engagement media sosial mana yang paling banyak menghasilkan traffic.

Tujuan dari cara ini adalah untuk mencari tahu keinginan audience platform media sosial apa yang digunakan untuk brand kalian.

2. Analisis Kompetitor

Bandingkan kualitas konten, engagement media sosial dengan kompetitor kalian. Apakah masih memiliki jarak yang cukup jauh?

Pikirkan jenis konten apa yang paling efektif untuk kompetitor. Dalam cara ini biasanya kalian akan lebih kreatif dan kompetitif untuk menunjukan mana yang terbaik. 

3. Strategi hasil Analisis

Setelah mengetahui perilaku audience dan juga bagaimana kualitas kompetitor, selanjutnya bangun strategi yang ampuh berdasarkan apa yang telah dianalisis sebelumnya menggunakan strategi yang sesuai dengan karakteristik brand kalian untuk mencapai tujuan bisnis. 

4. Eksekusi

Strategi yang matang akan tidak berguna jika tidak dieksekusi. Mengoptimasi media sosial sama dengan optimasi search engine, sehingga tim SMO harus bekerja sama dengan SEO agar mencapai tujuan yang sama dan menyampaikan pesan ke audience tanpa kesalahan sedikitpun. Biasanya saat sebuah brand mengupload konten di media sosial, sekaligus mengarahkan audience ke landpage website

Mengenal Apa Itu SEO

SEO Adalah

Search Engine Optimization atau SEO adalah teknik optimasi website agar suatu konten berada di posisi halaman pertama pada mesin pencarian. Selain itu, SEO adalah sebuah strategi pemasaran yang berfokus pada peningkatan ranking dalam hasil pencarian organik, alias tidak berbayar.

Melansir laman Neil Patel, SEO atau search engine optimization, adalah praktik optimisasi guna meningkatkan visibilitas dan posisi sebuah website di dalam mesin pencarian (search engine).

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Setelah users mengetik keyword di search engine seperti Google, akan muncul hasil berupa daftar website dan halaman yang sesuai dengan pencarian. Itu adalah bagaimana mekanisme SEO berjalan.

Berikut adalah cara kerja SEO berdasarkan jenisnya masing-masing:

  1. On-page SEO: Indikator on-page berfokus pada optimisasi konten website yang bisa diubah dan dimaksimalkan, termasuk struktur, copy, keyword volume, hingga topik artikel.
  2. Off-page SEO: Indikator ini meningkatkan kualitas SEO yang terdapat dalam luar situs. Misalnya jumlah dan kualitas tautan yang memuat link ke website perusahaan.
  3. Technical SEO: Indikator ini meningkatkan kualitas teknis dari suatu website, seperti kecepatan loading, struktur, dan UX website.
  4. Local SEO: Local SEO berfokus untuk memperbaiki kualitas SEO agar lebih ramah terhadap komunitas dan lokasi bisnis, seperti memberikan foto produk, alamat, serta ulasan pelanggan.

Manfaat SEO

Selain menempatkan situs di peringkat tinggi search engine, mekanisme SEO juga memberikan menfaat lain bagi pembisnis, diantara:

  1. Mendatangkan lebih banyak calon pelanggan melalui penelusuran organik.
  2. Meningkatkan brand awareness.
  3. Mendorong pebisnis agar lebih sadar terhadap tren.
  4. Strategi pemasaran yang tidak mengeluarkan biaya.
  5. Punya tolak ukur keberhasilan yang jelas, jadi mudah bagi pembisnis untuk mengevaluasinya.

Itu dia rangkuman dari mekanisme SMO dan SEO. Setelah membaca informasi tersebut, strategi pemasaran seperti apa yang ingin kamu gunakan?

Untuk kalian yang ingin kolaborasi dengan konten kreator dan influencer cari kami di Google Store dan App Store, lho!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!