Penjelasan Konten Carousel, Ide Konten untuk Meningkatkan Engagement Media Sosial Kamu!

Ada berbagai macam cara membuat konten untuk menarik perhatian audiens di media sosial. Apalagi untuk para influencer atau pelaku bisnis, konten merupakan senjata mereka untuk meningkatkan engagement di akun media sosialnya. Sehingga usaha mereka tetap eksis di publik dan tidak menghilang seiring berjalannya waktu. 

Dari sekian banyaknya jenis konten, ada salah satu jenis konten yang dibilang begitu efektif untuk meningkatkan engagement kamu di media sosial, yaitu konten carousel. Konten ini sangat mudah dibuat dan juga termasuk konten yang interaktif untuk para followers kamu, lho. Jenis konten ini bertebaran di media sosial dan pastinya sering kamu lihat, tapi kamu tidak tahu apa nama jenis konten-nya bukan? 

Nah, jika kamu belum tau apa itu konten carousel, kami akan menjelaskan apa yang dimaksud konten carousel itu. Disimak terus ya!

Apa itu Carousel?

Carousel adalah jenis konten yang menampilkan beberapa gambar ataupun video dalam satu postingan saja. Berbeda dengan konten lain pada umumnya yang hanya menampilkan satu gambar atau video, konten ini biasanya mengandung informasi dan juga interaktif dalam beberapa gambar atau video layaknya infografis. 

Jenis-Jenis konten carousel

Carousel juga berbeda beberapa jenis lho Socialty. Apa saja sih? Nah, ini dia jenis-jenis konten carousel.

Carousel Post

Jenis ini merupakan kumpulan beberapa gambar dalam satu postingan yang dapat menyampaikan informasi dan sebuah ide kepada followers dalam topik tertentu di sebuah gambar. Dalam jenis ini kamu dapat menjelaskan secara rinci informasi dan ide yang akan kamu berikan kepada audiens. 

Ada dua macam jenis carousel dalam kategori ini, yaitu Instagram dan juga LinkedIn. Dua platform berbeda, Instagram dapat menambahkan filter dalam gambar kamu sedangkan LinkedIn tidak bisa. Dan juga instagram lebih efektif dalam mendatangkan audiens, sedangkan LinkedIn lebih efektif dalam branding

Carousel Ads

Jenis ini seringkali terlihat di kolom iklan media sosial kamu. Layaknya postingan biasa, iklan dengan jenis carousel dapat memberikan lebih banyak informasi tentang produk yang diiklankan daripada konten biasa. Selain itu jenis konten carousel dibilang lebih efektif dalam CTR (Click Through Rate) untuk memasarkan sebuah produk atau jasa. 

Ada banyak media sosial seperti Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Facebook terdapat carousel ads ini. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya, tergantung target konsumen. Karena disetiap platform memiliki karakter audiens yang berbeda-beda.

Manfaat Carousel

Setiap jenis konten yang ada di media sosial memiliki tujuan dan manfaat yang kurang lebih sama yaitu meningkatkan engagement dan lain sebagainya. Tapi dari carousel ini ada beberapa manfaatnya juga lho untuk media sosial kamu, nah disimak terus ya!

Meningkatkan Engagement Rate

Tujuan dan manfaat utama dari carousel adalah ini. Melalui konten yang informatif dan interaktif, menurut data yang beredar konten carousel dapat meningkatkan 1,92 persen engagement media sosial kamu, lho!

Hemat Biaya

Dengan adanya carousel, kamu tidak perlu merogoh kantong yang dalam seperti konten pada umumnya yang harus syuting dan membutuhkan kamera profesional. Hanya dengan membuat beberapa gambar yang berdasarkan ide dan informasi yang ingin kamu sampaikan kepada followers, kamu dapat meningkatkan engagement rate kamu.

Meningkatkan Reach Konten

Selain meningkatkan engagement, carousel juga dapat meningkatkan reach konten kamu lho. Yang biasanya kamu memiliki angka 50 pada reach, dengan konten ini kamu dapat mencapai angka 80 reach. Efektif sekali bukan untuk para influencer dan juga pelaku bisnis?

Itulah penjelasan dari konten carousel untuk kamu. Sekali lagi, konten ini merupakan jenis konten yang efektif bagi para influencer dan pelaku bisnis yang masih bingung untuk membuat konten yang itu-itu saja. Selain meningkatkan engagement, kamu juga akan mendapatkan inovasi-inovasi terbaru lagi dalam membuat konten. 

Jika kamu gemar membuat konten dan ingin berkolaborasi langusung dengan influencer, gmapang banget! kamu tinggal cari informasi-informasinya melalui aplikasi Socilights yang bisa kamu download di HP kamu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!