Intip Penghasilan YouTuber Indonesia, Jumlahnya Mencengangkan!

Saat ini YouTuber berubah menjadi sebuah profesi impian di kalangan generasi muda. Banyak dari masyarakat yang kini berbondong-bondong untuk menjadi seorang YouTuber. Bagaimana tidak? Seseorang yang mengunggah video kesehariannya saja dapat menghasilkan gaji yang melebihi penghasilan para dokter, guru, dan pekerja profesional lainnya. Bukan hanya itu, dengan memanfaatkan YouTube seseorang juga dapat mengembangkan hobi dan minatnya secara luas ke seluruh dunia. Tentu ini adalah contoh pekerjaan yang sangat diidam-idamkan. 

Kenal dengan term ‘YouTube AdSense’? Jika belum, kamu perlu tahu bahwasannya income utama para YouTuber berasal dari si ‘AdSense’ ini, lho. Kamu yang sering menonton YouTube pasti sudah tidak asing lagi dengan sejumlah iklan yang muncul sebelum, sesudah, atau bahkan saat kamu sedang menonton video dari YouTuber favoritmu. Yup, meskipun menjengkelkan dan mengganggu aktivitas menonton kita, tapi melalui iklan-iklan tersebutlah seorang YouTuber memeroleh pendapatan, yang kita sebut sebagai ‘YouTube AdSense’ tadi. Tarif yang diberikan oleh YouTube pun beragam, biasanya mereka akan membayar sekitar 68% per 1000 penayangan iklan, dimana dari setiap iklannya seorang YouTuber bisa memeroleh bayaran sekitar 0,10 hingga 0,30 dollar. 

Tak hanya melalui YouTube AdSense, terdapat beberapa sumber penghasilan lainnya untuk seorang YouTuber, seperti program afiliasi dengan brand, endorsement, hingga bisnis tertentu yang mereka pasarkan melalui channel YouTube mereka. Wah sekali bukan? Jadi sudah tidak perlu heran lagi ketika kita melihat Atta Halilintar bisa membeli sports car baru setiap bulannya. 

Baik, daripada Socialty penasaran, yuk langsung kita intip saja berapa penghasilan para YouTuber Indonesia setiap bulannya yang sudah kita rangkum berdasarkan hasil analisa dari Social Blade (link: https://socialblade.com/). Let’s check this out!

8 YouTuber Indonesia Beserta Jumlah Penghasilannya

1. Ria Ricis

Aight, sekarang siapa sih yang tidak kenal Ria Ricis? YouTuber super ceria yang dikenal dengan konten squishy-nya itu sekarang menjadi #1 YouTuber Indonesia dengan jumlah subscribers terbanyak lho, yaitu sejumlah 29.4 juta subscribers. Jadi tak heran saat ini Ricis ditaksir memiliki penghasilan sekitar 319 juta hingga 5.1 miliar setiap bulannya! Ingat.. Itu hanya pemasukan Ricis dari YouTube AdSense saja, jadi bisa kamu bayangkan betapa banyak pemasukan Ricis setiap bulannya bila kita melihat ke sumber pemasukan lain yang dimiliki oleh Ricis. Mendengarnya membuat Socialty semakin tertarik jadi YouTuber, kan?

2. Atta Halilintar

Selanjutnya, anak pertama dari Gen Halilintar yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi popularitasnya, siapa lagi kalau bukan Atta Halilintar. Sejak menikah dengan Aurel Hermansyah, Atta merubah nama YouTube-nya menjadi ‘AH’. Berada di posisi kedua dengan jumlah subscribers paling banyak se-Indonesia, Atta ditaksir memiliki penghasilan sebanyak 250 juta hingga 4 miliar rupiah setiap bulannya, dan dikalkulasikan memiliki jumlah pemasukan sebesar 3 miliar hingga 48 miliar rupiah setiap tahunnya. Wow!

3. Rans Entertainment

Masih termasuk ke dalam top 5 YouTubers Indonesia dengan jumlah subscribers terbanyak, Rans Entertainment yang merupakan Official YouTube dari keluarga kecil Raffi dan Nagita memiliki jumlah subscribers sebanyak 23 juta dengan total jumlah video yang telah ditonton sebanyak 5 miliar kali. Selain bekerja sebagai entertainer di televisi, dan memiliki sejumlah bisnis yang sangat sukses, Raffi dan Nagita juga memiliki pemasukan dari YouTube yang tak kalah mencengangkan nominalnya. Setiap bulannya, Raffi dan Nagita ditaksir memeroleh pendapatan sebesar 352 juta hingga 5,6 miliar rupiah setiap bulannya.

4. Deddy Corbuzier

Memiliki sekitar 17,7 juta subscribers, konten video di channel YouTube Deddy Corbuzier didominasi oleh podcast yang ia lakukan dengan banyak orang. Bahasannya yang menarik dan cara pembawaannya yang mudah dimengerti membuat YouTube milik Deddy menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia saat menonton YouTube. Hingga saat ini Deddy diperkirakan memiliki penghasilan perbulan sekitar 439 juta hingga 7 miliar rupiah hanya melalui channel YouTube-nya. Selain faktor jumlah subscribers, penghasilan Deddy juga dipengaruhi oleh jumlah penonton dan intensitas video yang diunggah setiap harinya.

5. Arief Muhammad

Meski tak memiliki jumlah subscribers sebanyak Atta dan Ricis, namun penghasilan yang diperoleh oleh sultan Bintaro ini juga tak kalah besar, lho. Arief diketahui memiliki penghasilan dari YouTube AdSense sekitar 3,7 juta hingga 60 juta rupiah setiap bulannya, dan dikalkulasikan memiliki penghasilan sekitar 44 juta hingga 717 juta setiap tahunnya. Eits.. perlu diingat, penghasilan Arief bukan hanya dari YouTube saja lho, ia juga memiliki banyak bisnis dan melakukan kegiatan endorsement lainnya yang membuatnya mampu memiliki koleksi mobil keren segudang!

6. Raditya Dika

Komedian sekaligus investor saham Indonesia, Raditya Dika dikenal sebagai YouTuber yang memiliki beragam konten video lucu, inovatif, dan tentunya berkualitas. Alhasil, Raditya Dika atau yang akrab disapa dengan Bang Radit hingga saat ini mampu memiliki subscribers sebanyak 9,6 juta subscribers. Dengan jumlah subscribers yang tidak sedikit tersebut membuat Bang Radit mampu memeroleh penghasilan sekitar 71 juta hingga 1,1 miliar rupiah setiap bulannya. Hmm.. luar biasa ya?

7. Tasya Farasya

Kamu yang hobi menonton video makeup dan beauty pasti akrab dengan si cantik Tasya Farasya. Memiliki segudang pengetahuan terkait produk dan tips seputar beauty membuat Tasya menjadi YouTuber kecantikan favorit masyarakat Indonesia. Memiliki subscribers sebanyak 4 juta, membuat Tasya diketahui memiliki penghasilan sekitar 10 hingga 167 juta rupiah setiap bulannya, dan 126 juta hingga 2 miliar rupiah setiap tahunnya.

8. Nessie Judge

Kamu yang hobi dengan konten video misteri dan horror pasti sudah tidak asing lagi dengan Nessie Judge. Pembawaan ceritanya yang menarik dan buat penonton penasaran mendorong Nessie mencapai 8,8 juta subscribers. Jadi, tak heran ketika kamu mengetahui bahwa Nessie mampu memeroleh sekitar 74 juta hingga 1,2 miliar rupiah setiap bulannya. Bagaimana Socialty, mengetahui jumlah penghasilan Nessie bikin bulu kuduk kamu merinding juga kan?

Nah, itu dia penghasilan dari para YouTuber terkenal di Indonesia, luar biasa bukan? Perlu diingat mereka semua juga merintis dari awal, kok! Jadi Socialty tidak perlu minder dan khawatir, ayo ambil langkah untuk mulai, dan kunci paling penting: Konsisten! Oh, ya kamu juga harus pintar dalam memasang strategi, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan algoritma YouTube untuk dongkrak jumlah viewers dan subscribers YouTube-mu. 

Untuk kamu yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal YouTuber, influencer, dan hal-hal di antaranya, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik sekarang!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!