Mengenal Product Placement, Sebuah Strategi Periklanan Modern

Product placement adalah salah satu teknik periklanan paling efektif di era modern ini. Bahkan, riset JJMR menunjukkan bahwa 57,5% audiens lebih mudah mengenali suatu merek atau produk ketika ia ditempatkan dalam sebuah acara TV atau media lainnya.

Tak hanya itu, perusahaan juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan brand awareness dengan upaya periklanan yang tidak repot dan mahal. Lantas, apa itu product placement? Apa keunggulanya Yuk, kita bahas!

Apa itu Product Placement?

Product Placement Kopiko Vincenzo

Product Placement adalah suatu strategi marketing dalam bentuk iklan di mana barang ataupun jasa bermerek ditampilkan dalam sebuah produksi yang bertujuan untuk meraih lebih banyak khalayak luas.

Cara ini biasa terlibat dalam video vlog, film, radio, sampai video game, bahkan baru-baru ini merek permen kopi asal Indonesia menggunakannya pada drama Korea populer, Vincenzo. Sebagai imbalan, pihak produksi tentu mendapatkan komisi yang sudah mereka sepakati.

Selain itu, product placement juga memiliki berbagai jenis metode. Berikut adalah rinciannya:

Jenis-Jenis Product Placement 

Terdapat tiga jenis product placement menurut Astous dan Seguin, diantaranya:

1. Implicit

Sesuai namanya, teknik ini mendorong pemasar untuk menempatkan produk secara langsung pada latar depan atau latar belakang bidikan kamera. Produk tersebut biasanya tidak akan disebutkan namanya, namun produknya bisa menerima waktu layar yang cukup banyak.

2. Integrated Explicit

Metode yang satu ini adalah cara promosi yang paling blak-blakan. Sebuah merek atau produk akan muncul dalam sebuah program lalu dijelaskan dan dikomunikasikan oleh pemeran sehingga publik tahu apa keunggulan dan manfaat darinya. Metode ini biasanya ada di sebuah sinetron TV.

Non Integrated Explicit

Jenis ini biasanya muncul pada menit pertama, tengah, atau akhir pada suatu program. Di mana sebuah merek atau produk muncul namun tidak ada hubungannya dengan isi program. Biasanya nama dari program atau film juga tercantum nama brand tersebut.

Itulah beberapa jenis-jenisnya. Namun ingat, setiap strategi pasti ada kelebihan dan kelemahannya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Kelebihan Product Placement 

Low Cost

Biaya yang dikeluarkan untuk mengaplikasikan strategi ini kedalam sebuah program relatif murah dibandingkan dengan strategi marketing yang lainnya

High Profile

Sebuah program biasanya melakukan promosi sebelum program tersebut diluncurkan sehingga tingkat perhatian penonton atas acara tersebut lebih besar yang pada akhirnya beralih ke brand yang tampil di program tersebut.

No Mute Button

Iklan yang dibuat tidak diletakan diantara suatu program melainkan di dalam program tesebut yang menjadikan perhatian penonton lebih besar.

Implied Endorsement

Penerapan product placement di sebuah program, pihak brand tidak perlu membayar artis atau pembawa acara program untuk strategi product placement ini. 

Jangkauan Jauh

Besarnya tingkat pencapaian suatu product placement dipengaruhi oleh perkembangan film atau program televisi secara global sehingga product placement dibilang sebagai strategi marketing yang paling efektif.

Kekurangan Product Placement 

Lack of Control

Pelaku bisnis tidak bisa meminta dimana produk akan ditempatkan dalam sebuah program, karena semua sudah diatur oleh media itu sendiri

Time of Exposure

Walaupun produk itu secara langsung menerpa audience tetapi tidak ada jaminan audience itu menyadari akan hal itu.

Public Reaction

Penempatan produk dalam suatu program yang dinilai terlalu ekstrim, dapat mendapatkan citra yang kurang baik untuk audience

Competition

Terdapat kompetisi dalam sebuah program dalam penempatan produk di sebuah program karena media itu sendiri biasanya tidak dibatasi dengan satu brand sehingga ada beberapa brand lain yang ikut satu frame. 

Itulah penjelasan dari product placement sekaligus kelebihan beserta kekurangan dari strategi marketing product placement. Untuk kamu yang ingin menggunakan strategi ini. Gimana, mau dicoba?

Jika kalian ingin berkolaborasi langsung dengan influencer atau konten kreator bisa banget, lho! langsung aja download aplikasi Socialights di Google Play Store atau App Store.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!