Apa Itu Paid Promote? Apa Bedanya dengan Endorsement>

Dunia digital saat ini berkembang sangat pesat dan menjadi ladang bisnis untuk sebagian besar orang. Digital marketing merupakan teknik pemasaran yang melibatkan media digital, umumnya terkait media online seperti internet. Influencer termasuk salah satu profesi yang dapat menghasilkan uang dari internet. Endorsement dan paid promote (promosi berbayar) adalah salah satu bisnis yang menghasilkan uang di era digital seperti saat ini. 

Apakah Socialty tertarik menambah penghasilan dalam dunia digital marketing? Socialty bisa menjadi  influencer dengan memanfaatkan media sosial, youtube atau blog. Namun, sebelum terjun ke sana sebaiknya Socialty mengetahui perbedaan antara promosi berbayar dan endorsement berikut ini.


celengan

Perbedaan paid promote dan endorse

Baik paid promote maupun endorsement sama-sama strategi promosi di bidang digital marketing. Tujuan keduanya adalah menaikkan brand awareness suatu brand atau menaikkan penjualan suatu produk melalui. Keduanya dilakukan oleh seorang influencer yaitu orang yang punya engagement tinggi di media sosial atau channel online seperti youtube dan blog.

1. Paid Promote

Paid promote adalah teknik promosi menggunakan jasa influencer dengan tarif tertentu untuk memposting konten yang sudah disiapkan brand di akun influencer. Teknik ini banyak dilakukan oleh brand atau penjual untuk mempromosikan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

2. Endorsement

Endorsement sedikit berbeda dengan paid promote dan umumnya tarifnya lebih tinggi. Endorsement adalah teknik promosi menggunakan jasa influencer untuk membuat review produk atau layanan tertentu dan diposting di media sosial, blog atau youtube milik influencer. Biasanya, penjual perlu mengirimkan produk fisik ke influencer untuk direview dalam konten story telling yang menarik.

foto pintu a dan pintu b

Mana yang lebih baik?

Perbedaan mendasar antara endorsement dan paid promote adalah dari jenis kontennya. Jika paid promote, influencer hanya bertugas memposting materi promosi yang telah diberikan oleh klien. Sedangkan endorsement, influencer perlu membuat konten promosinya sendiri bisa berupa video yang diupload di social media dan youtube atau berupa artikel yang dipublikasikan di blog.

Jika ditanya mana yang lebih baik, maka jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Dari sisi brand, endorsement bisa menjadi lebih menguntungkan karena materi promosi terkesan otentik dan unik dan lebih bisa menarik minat audiens, tapi tarifnya lebih mahal daripada paid promote. Oleh karena itu melakukan promosi berbayar bisa menjadi pilihan yang lebih baik dan hemat jika brand sudah punya konten yang bagus.

Sedangkan dari sisi influencer, endorsement bisa lebih menguntungkan karena tarifnya lebih tinggi tapi perlu usaha yang lebih banyak. Sedangkan promosi berbayar, lebih mudah dilakukan oleh influencer karena cukup memposting konten yang sudah ada saja.

gambar smartphone

Apa yang perlu disiapkan sebelum melakukan paid promote atau endorsement?

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan endorsement atau promosi berbayar adalah:

·   Pastikan akun dikelola dengan baik agar memberikan dampak yang baik selama promosi

·   Memilih produk yang sesuai dengan target audiens influencer supaya promosi tepat sasaran

·   Followers tinggi bukan jaminan suatu akun punya engagement yang baik.

Endorsement dan paid promote adalah upaya dalam meningkatkan performa bisnis atau toko online di dunia digital. Semakin berkembang dunia digital, semakin banyak bisnis yang terjun ke dunia digital maka berpengaruh pada semakin banyak orang yang menggunakan jasa influencer dan endorsement.  Tertarik memulai karir menjadi influencer dan punya web-store gratis? Yuk segera download aplikasi Socialights biar kamu bisa berkolaborasi dengan Influencer dan konten kreator pemula!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!