Mengenal Aplikasi LinkedIn, Begini Cara Memanfaatkannya!

Banyaknya platform media sosial saat ini dapat mempermudah semua orang untuk lebih mudah mendapatkan informasi bahkan hiburan dalam waktu yang singkat. Platform populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok menjadi raja media sosial saat ini dalam masalah informasi dan hiburan.

Tapi jika kamu ingin mencari relasi sesama profesional, konten yang edukatif, hingga mencari pekerjaan, LinkedIn adalah solusinya.

Kamu pasti pernah mendengar LinkedIn sebelumnya, dibangun oleh Reid Hoffman pada tahun 2022 silam,  platform ini merupakan media sosialnya para profesional yang melalui fitur-fitunya kamu dapat menambah relasi kamu di dunia profesional dan juga mencari pekerjaan sesuai dengan keinginan kamu. Berikut penjelasan tentang LinkedIn. 

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn adalah platform media sosial profesional terbesar di dunia internet yang berguna untuk memperkuat hubungan profesional, mempelajari skill yang kamu butuhkan untuk sukses dalam karir, dan juga menemukan pekerjaan yang tepat yang sesuai dengan keinginan dan skill kamu.

Dengan cara mengisi data diri profil yang lengkap akan membantu kamu terhubung dengan peluang pekerjaan yang sesuai dengan skill yang kamu cantumkan ke dalam profil. Selain itu, LinkedIn juga dapat bergabung ke dalam kelompok, menulis artikel, konten carousel, video, maupun foto.

Namun, platform ini tidak sama dengan media sosial lainnya. LinkedIn berisi tentang konten profesional yang berfokus kepada karir dan juga bisnis. Konten seperti meme, percintaan, ataupun hiburan bukan disini tempatnya. 

Platform ini sangat cocok untuk para fresh graduate yang kesulitan untuk mencari pekerjaan atau membangun karir. Berawal membangun koneksi di LinkedIn kamu akan mudah mencari peluang pekerjaan. Hebat bukan? Nah, untuk kamu yang belum memiliki akun LinkedIn disimak terus ya!.

Cara Membuat Akun LinkedIn

Sama seperti membuat akun media sosial pada umumnya, kamu hanya membutuhkan email dan juga nomor telepon kamu saja kok. Berikut cara-caranya. 

  1. Buka browser dan pergi ke halaman LinkedIn
  2. Klik ‘sign up’, dan isi email atau nomor telepon dan juga password kamu. Jika kamu ingin menggunakan email Gmail klik ‘log in with Google’.
  3. Setelah itu isi data diri kamu dengan benar seperti nama lengkap, pengalaman, skill, dan juga pendidikan kamu.
  4. Jika semua berhasil diisi, akun LinkedIn kamu sudah berhasil dibuat deh. 

Pastikan langkah-langkah tersebut diisi secara benar dan lengkap karena semakin lengkap profil kamu, semakin mudah juga dilihat oleh para profesional lainnya. 

Buat kamu yang ingin mengembangkan karir dan juga menambah relasi untuk bisnis, LinkedIn adalah platform yang cocok. Karena platform ini memiliki beberapa manfaat yang tidak dimiliki oleh platform media sosial lainnya, lho! Apa saja manfaatnya? Ini dia.

Fungsi LinkedIn dan Cara Memanfaatkannya

LinkedIn bisa memberikan kesan pertama ketika seorang recruiters untuk mencari kandidat. Berikut adalah 5 fungsi LinkedIn yang perlu kamu tahu. 

1. Memperluas koneksi

Sama seperti media sosial pada umumnya, aplikasi LinkedIn juga dapat membantu kamu memperluas koneksi. Berdasarkan ketertarikan dan juga keahlian dalam profil kamu, kamu dapat menemukan koneksi dengan orang-orang yang juga memiliki ketertarikan yang sama.

Selain itu, sebanyak 93 persen HRD perusahaan juga telah menggunakan LinkedIn untuk mengetahui lebih dalam informasi kandidat mereka. Aplikasi berlogo biru ini juga telah menjadi platform untuk merekrut kandidat. 

Jadi pastikan kamu menyusun profil LinkedIn seperti CV agar bisa memberikan kesan terbaik kepada HRD. 

2. Mempermudah mencari tempat kerja impian

LinkedIn memungkinkan kamu mengikuti perusahaan dan orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti perkembangan keduanya sehingga memudahkan kamu untuk menargetkan bekerja di sana.

3. Menunjukkan keahlian

Profil LinkedIn dapat menjadi sarana untuk menunjukkan keahlianmu. Tuliskan keahlian yang kamu punya di laman profil LinkedIn pribadi, dan itu akan menjadi sebuah nilai tambahmu.

4. Meningkatkan bukti keterampilan

Fitur ini memungkinkan orang lain merekomendasikan keterampilan dan pekerjaan kamu sebelumnya. Dengan dukungan tersebut, akan memperkuat kredibilitas kamu terhadap perekrut atau perusahaan pemberi kerja.

5. Tergabung dalam komunitas

Komunitas dapat menjadi sarana untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki karier, minat profesi, atau bekerja dalam industri yang sama. Dengan masuk ke komunitas, tentu akan memberikan banyak diskusi dan insight topik terkait yang bisa meningkatkan pengetahuanmu.

Itulah cara membuat dan memanfaatkan LinkedIn untuk pengembangan karier. LinkedIn tak hanya memungkinkan kamu terlibat dalam forum dan bergabung dengan komunitas, tapi juga memudahkan kamu mencari kerja secara gratis. Selamat mencoba!

Nah, untuk kamu yang suka banget sama dunia konten saatnya sekarang kamu mencoba untuk berkolaborasi dengan para influencer. Gimana caranya? gampang dong, tinggal download aplikasi Socialights kamu udah bisa melihat informasi-informasi menarik lainnya disana!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!