Niche Market: Cara Agar Konten Punya Pasar yang Pas

Saat ini ada jutaan pengguna media sosial yang memiliki minat atau interest berbeda. Kamu sendiri pernah membayangkan bagaimana seorang influencer mendapatkan followers hingga jutaan? Itu bisa terjadi karena faktor niche market yang berhasil mereka buat. Dengan niche market, branding dan konten yang dibuat influencer akan lebih mudah masuk ke pasar. Namun, sebenarnnya apa ya arti dari niche market? Simak pembahasannya lewat artikel berikut ini.

Apa Itu Niche Market?

menonton youtube

Niche market dipahami sebagai target konsumen atau pasar yang jauh lebih spesifik. Biasanya, istilah ini dipakai saat membangun bisnis. Akan tetapi, saat ini istilah tersebut turut digunakan secara personal terutama bagi influencer yang ingin membangun persona dirinya sendiri.

Membangun branding dan menemukan target yang pas merupakan hasil yang luar biasa di dunia media sosial. Melalui niche ini, kamu bisa dengan mudah menggaet followers sesuai dengan keinginan. Bukan hanya sebatas dilirik followers, kamu juga berpotensi dikontak oleh brand apabila kamu dan brand tersebut memiliki niche market yang serupa.

Sebagai contoh, influencer seperti Tasya Farasya memiliki target niche berupa orang yang menyukai make up dan skincare. Dengan begitu, konten yang dibuat di media sosialnya seputar kecantikan. Selain itu, dirinya akan berpotensi  dengan mudah dilirik oleh brand kecantikan karena memiliki niche market yang sama. Promosi pun akan menjadi lebih mudah.

Cara Menentukan Niche Market di Media Sosial

Banyaknya pengguna media sosial mungkin membuat kamu berpikir sulit untuk menentukan niche yang pas dan sesuai. Kamu bisa ikuti cara berikut ini untuk menentukan niche market akun media sosial kamu.

1. Sesuaikan Dengan Minat Kamu

Langkah pertama untuk menentukan niche kamu dengan menemukan minat serta hal apa yang paling disukai. Dengan begitu, kamu akan senang dalam proses pembuatan konnten dan merasa lebih mudah karena menguasai topik tersebut. Misalnya, kamu menyukai gadget, maka mulailah membuat review seputar gadget atau tips dalam memilih gadget.

2. Lakukan Riset Konten dari Influencer Kompetitor

Niche market tidak hanya dimiliki oleh satu influencer. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan melakukan riset konten dari influencer yang memiliki minat sama. Melalui riset kamu bisa melihat kira-kira konten apa saja yang paling cocok dengan niche tersebut.

3. Buat Konten Dengan Unik dan Punya Ciri Khas

review baju

Membuat konten sama dengan kompetitor pasti akan terlihat membosankan dan kurang kreatif. Kamu bisa mengeksplore jenis konten berbeda untuk disajikan kepada market. Jadi, konten yang dibuat terlihat lebih fresh. Pastikan juga konten yang kamu buat memiliki ciri khas agar mudah diingat oleh followers, bisa dari penggunaan kalimat atau format konten.

4. Lakukan Uji Coba Konten ke Niche Market

Apabila kamu memiliki beberapa ide konten, kamu bisa lakukan uji coba terhadap ide-ide tersebut. Tujuannya agar bisa menemukan konten mana yang paling pas dan disukai oleh followers dengan niche yang sudah kamu buat tersebut.

Nah, begitulah 4 langkah mudah dalam menentukan niche yang paling pas untuk kamu sebagai influencer. Dengan begitu, followers akan lebih spesifik sehingga setiap konten akan lebih mudah dibuat. Kamu sendiri sudah menentukan niche market dari tiap media sosial belum?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!