Mengenal Navigasi Instagram Beserta Fiturnya, Lengkap!

navigasi instagram adalah

Metrik navigasi merupakan data yang memberitahu kamu tentang jumlah total aksi navigasi ketika viewers memberi respon terhadap konten Instagram story. 

Artinya, kamu dapat melihat bagaimana kesan viewers terhadap konten IGs tersebut. Apakah viewers melihat story kamu sampai selesai, melihat story secara keseluruhan, melihat satu story kemudian keluar atau melihat kembali story yang telah mereka lihat sebelumnya. 

Nah, untuk informasi selengkapnya yang membahas metrik navigas Instagram, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Navigasi Instagram?

Apa Itu Navigasi Instagram?

Satu hal yang perlu kamu notes, navigasi Instagram adalah sebuah data yang bisa dinikmati oleh pemilik akun Instagram bisnis saja. Data tersebut akan membantu kamu mempelajari konten maupun merespon informasi yang dikirimkan menggunakan tombol khusus yang dilakukan hanya dengan satu klik saja. 

Navigasi ini juga menunjukkan bentuk opini positif yang diketahui dengan seberapa banyak viewers yang melakukan call to action. Selain itu, navigasi juga bisa digunakan untuk memastikan reputasi positif yang dimiliki oleh kontenmu. 

Salah satu contoh dari metrik navigasi di Instagram adalah teruskan atau forward. Metrik ini menyajikan data yang menunjukkan berapa kali viewers melakukan skip dan langsung melihat ke story kamu yang selanjutnya.

Misalnya kamu membuat 3 IGs, lalu viewers melihat story pertama kamu secara keseluruhan, namun di story kedua viewers yang sama tidak menontonnya dan langsung skip ke story kamu yang ketiga. 

Berdasarkan contoh tersebut dapat disebutkan bahwa jumlah data pada navigasi forward akan muncul satu. Namun jika viewers kembali ke story sebelumnya, maka pada navigasi back akan muncul satu juga.

Fitur Navigasi Instagram

Untuk informasi lengkapnya mengenai fitur yang ada di navigasi Instagram, simak pada penjelasan di bawah ini!

Fitur Navigasi Instagram

1. Kembali (Back)

Navigasi kembali (back) menunjukkan data jika viewers kembali menonton konten yang kamu buat. Indikator ini menandakan konten kamu terangkat. Kamu juga bisa menilai bahwa konten tersebut telah sesuai dengan keinginan viewers hingga mereka menontonnya kembali.

2. Selanjutnya (Forward)

Maksud dari navigasi ini tadi sudah dijelaskan di atas. Navigasi ini menunjukkan bahwa informasi konten mana yang membuat viewers beralih ke story berikutnya. Data indikator ini juga menunjukkan bahwa informasi apa yang dapat mendorong viewers untuk tidak menglewatkan story kamu.

3. Cerita Selanjutnya (Next Story)

Navigasi next story menunjukkan jika terdapat data yang dihasilkan maka konten IGs kamu kurang menarik. Karena viewers langsung melewatkan story tanpa melihatnya beberapa detik dulu.

4. Keluar (Exited)

Navigasi exited ini menunjukkan data pada story yang mana ditinggalkan oleh viewers pada bagian tersebut. Ini juga menjadi indikator IGs kamu tidak menarik perhatian.

Nah, itu dia informasi seputar Navigasi Instagram. Untuk informasi cara membuat konten yang baik agar metrik kamu baik di Navigasi, kamu bisa kepoin IG Socialights di @socialights. Selamat mencoba!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts