Moodboard Bagi Influencer: Penting Gak Sih?

Sebagai seorang influencer, kamu pasti memiliki preferensi dalam berkarya. Seperti gaya pakaian favorit, make-up yang disukai, dan estetika foto. Guna memudahkan kinerja kamu kedepannya, penting sekali untuk merangkum hal tersebut ke dalam satu wadah. Penyatuan inilah yang dikenal sebagai moodboard milik influencer. Bagi kamu yang penasaran dengan apa itu moodboard dan fungsinya, yuk baca artikel ini sampai akhir!

Moodboard Itu Apa Sih?

Contoh moodboard

Moodboard adalah papan referensi yang berisi kumpulan gambar sebagai patokan seorang influencer dalam membuat konten. Tujuan dari pembuatan moodboard adalah mengumpulkan ide ataupun gagasan awal sebagai patokan dalam membuat konten kedepannya. Keberadaan moodboard juga mempermudah para influencer dalam bekerja sama dengan para brand, sehingga brandbrand dapat melihat kualitas dan estetika konten yang dimiliki oleh seorang influencer

Pentingnya Moodboard Bagi Influencer

Adapun tiga urgensi dalam memiliki moodboard, yaitu:

1. Menonjolkan karakteristik kamu

Melalui moodboard yang sudah kamu punya, kamu dapat memetakan unsur dan estetika yang kamu suka dalam membuat konten. Seperti pemilihan gaya pakaian, model make-up, kualitas dan tone foto. Sehingga, konten yang kamu berikan dapat konsisten dan sesuai dengan preferensi kamu. Selain itu, hal ini dapat memudahkan calon klien kamu dalam melihat karakteristik dan estetika yang kamu berikan melalui konten kamu. 

2. Mempermudah berjalannya kolaborasi dengan brand dan tim

Melalui moodboard, kamu dapat mempermudah membuat suatu konsep ataupun mengeksekusi konten dengan brand atau tim. Hal ini dikarenakan adanya kejelasan dalam tujuan yang ingin dicapai. Melalui visual dari moodboard, kamu dapat lebih mudah dalam menentukan keputusan kolaborasi dalam proses pembuatan konten. 

3. Melibatkan klien dalam content-planning

Dalam membuat konten, dibutuhkan content-planning yang dimiliki oleh influencer. Pembuatan content-planning ini ditujukan untuk membuat perencanaan konten, sehingga influencer tinggal mengeksekusi dan mengunggah konten tersebut. Dengan melibatkan klien dalam proses pembuatan, klien dapat dengan mudah memberikan feedback dan revisi kepada influencer, agar memberikan konten yang terbaik.

Yuk, Mulai Membuat Moodboard!

Bagi kamu yang belum memiliki moodboard dan tertarik untuk membuat moodboard, berikut adalah cara dalam membuat moodboard. Moodboard pun terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Moodboard digital

Kamu dapat membuat moodboard dengan menggunakan berbagai website seperti Pinterest, Sampleboard, Moodboard lite, Canva, dan Milanote. Kamu dapat menggunakan berbagai website tersebut dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap website-nya. 

  • Moodboard fisik
Contoh moodboard fisik

Kamu dapat membuat moodboard fisik dengan menggunakan papan, gambar, dan keperluan lainnya. Kekurangan dari moodboard fisik adalah penggunaannya tidak sepraktis penggunaan moodboard fisik. 

Jika kamu bingung menggunakan tipe moodboard yang mana, kamu dapat mempertimbangkan asal ide dari moodboard tersebut. Jika kamu mengambil inspirasi dari berbagai sumber fisik seperti koran dan majalah, maka sebaiknya kamu menggunakan moodboard fisik. Tapi jika kamu lebih menggunakan referensi online seperti konten pada media sosial, maka lebih baik kamu menggunakan moodboard digital. 

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu terdorong untuk membuat moodboard?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!