Mengenal Micro Influencer, Ini Kelebihan dan Contoh Talentnya!

Media sosial dan pengaruhnya kini memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna, mulai dari membangun bisnis, personal branding, hingga menjadi seorang selebriti.

Instagram adalah salah satunya. Siapa orang yang tidak menggunakan Instagram di tahun 2022 ini? Terdengar mustahil, ya. Oleh karena itu, tak heran jika para perintis bisnis dan conten creator membangun karir mereka di platform berbagi foto tersebut.

Banyak pemilik bisnis online yang kemudian mempromosikan produknya melalui jasa paid promote atau endorsement dengan menggunakan jasa para selebriti Instagram atau Selebgram.

Apa kamu berpikir biaya promosi tersebut akan mahal? Sepertinya kamu harus mengenal micro influencer. Simak artikel ini sampai habis untuk informasi selengkapnya.

Apa Itu Micro Influencer?

micro influencer adalah

Secara singkat, micro influencer adalah para pengguna Instagram yang memiliki jumlah followers dalam rentang angka 10.000 hingga 50.000.

Mereka memang tidak memiliki jumlah followers sebanyak Ria Ricis atau Tasya Farasya, namun micro influencer dianggap lebih efektif, lho! Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi oleh Hello Society, micro influencer mempunyai tingkat engagement yang lebih tinggi sebesar 60% dari seorang selebgram.

Selain itu, para pebisnis bisa memilih branding influencer seperti apa yang sekiranya cocok untuk bisnis mereka, karena micro influencer memiliki target market yang tidak luas.

Selain itu, budgeting yang harus dikeluarkan small bisnis owner untuk micro influencer juga tidak besar. Bahkan ada juga seorang influencer yang baru membangun karirnya membuka jasa barter value kepada pebisnis.

Kelebihan Micro Influencer

Mereka para micro influencer diketahui sudah memiliki sasaran pengikut dengan kriteria tertentu, dan biasanya mereka juga memiliki niche yang lebih terfokus, sehingga hubungan si influencer dengan pengikutnya akan cenderung lebih intens dan interaktif, yang mana hal ini kemudian mendorong engagement rate yang tinggi, dan tentunya akan sangat bermanfaat apabila digunakan untuk promosi produk bisnismu. 

Selain dari segi kefokusan dan engagement, dari segi budget atau biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membayar jasa micro influencer dalam hal promosi bisnis juga lebih menguntungkan, karena mereka para micro influencer biasanya akan mematok tarif biaya yang lebih rendah ketimbang mereka yang sudah memiliki followers hingga ratusan ribu. 

Jadi, bagaimana? Apakah kamu kira-kira tertarik untuk menggunakan jasa micro influencer dalam mempromosikan brand mu? Kalau iya, mari intip sejumlah nama micro influencer Indonesia yang wajib kamu ketahui!

Micro Influencer di Indonesia

1. Samantha Hana (@samanthaahana)

Influencer sekaligus model cantik bernama Samantha Hana ini memiliki jumlah followers sebanyak 36,2k di Instagram. Melalui platform Instagramnya tersebut Samantha seringkali membagikan aktivitas kehidupan sehari-harinya di Jakarta dan Bali. Samantha juga diketahui pernah bekerja sama dengan sejumlah brand di berbagai bidang, mulai dari brand kecantikan, makanan, hingga fashion.

2. Amanda Mareth (@mareth__a)

Meski hanya memiliki followers sebanyak 10,9k, Amanda memiliki pengaruh yang cukup kuat di Instagram, terutama di bidang fashion seperti thrift shop dan local brands. Gayanya yang edgy membuat para pengikut mudah untuk terpengaruh pada berbagai produk yang digunakan atau dipromosikan oleh si cantik Amanda. 

3. Safanah Yasmien (@safanahyasmien)

Dengan paras yang cantik, gaya yang keren, dan juga memiliki talenta bernyanyi membuat Safanah Yasmien berhasil menggaet followers sebanyak 16,2k di Instagramnya. Sehingga tak jarang Safanah menggunakan media sosialnya untuk mempromosikan sejumlah produk dari beberapa local brand.

4. Mustika Riana (@rustikamiana)

Kalau kamu memiliki brand di bidang kecantikan, dan sedang mencari micro influencer yang cocok untuk promosi bisnismu, kamu bisa cek akun dari Mustika Riana. Memiliki jumlah followers sebanyak 23,8k, Mustika sering memanfaatkan pengaruhnya di Instagram untuk mempromosikan sejumlah produk feminin, seperti makeup, skincare, softlens, serta produk hijab fashion lainnya. 

Untuk kamu yang tertarik membaca lebih banyak soal influencer, media sosial, dan berbagai hal lainnya, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik dan rasakan manfaatnya!

Nah, itu dia penjelasan terkait micro influencer, dan beberapa deretan nama micro influencer Indonesia yang dapat kamu tengok untuk boosted up performa bisnismu. Semoga bermanfaat!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!