Micro Influencer Indonesia, Apa Itu dan Siapa Saja Mereka?

Media sosial dan pengaruhnya kini memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna, mulai dari membangun bisnis, personal branding, hingga menjadi seorang selebriti. Kini, Instagram adalah platform yang menjadi sasaran empuk bagi masyarakat untuk memeroleh manfaat itu semua. Alasannya? Sederhana, Instagram merupakan media sosial yang memiliki jumlah pengguna paling banyak di Indonesia. Maksudku, siapa orang yang masih belum menggunakan Instagram di tahun 2022 ini? Tentu terdengar seperti mustahil. Oleh karena itu, tak heran jika para perintis bisnis online memulai promosi dan membangun nama brand-nya di platform foto ini.

Banyak dari para pemilik bisnis online yang mempromosikan produknya melalui jasa paid promote dan endorsement dengan para Selebgram atau influencer Instagram. Secara common sense, para pemilik bisnis tentu akan memilih para influencer Instagram yang memiliki followers terbanyak untuk memperluas nama brand serta meningkatkan penjualan produk mereka. Tapi.. nyatanya hal itu tidaklah 100% benar. Ya, jumlah followers banyak tidak menjadi penentu sebuah promosi yang dilakukan akan sukses, lho.

“Lalu, apa dong kalau bukan jumlah followers?” Jawabannya, adalah engagement. Dan tahukah kamu, 60% influencer dengan engagement tertinggi dimiliki oleh mereka para micro influencer. Apa itu micro influencer dan siapa sajakah mereka? Ayo ketahui langsung jawabannya di bawah ini!

Apa Itu Micro Influencer?

Secara singkat, micro influencer adalah para pengguna Instagram yang memiliki jumlah followers dalam rentang angka 10.000 hingga 50.000. Mereka yang memiliki jumlah followers tidak sebanyak Ria Ricis atau Tasya Farasya ini justru diketahui jauh lebih efektif untuk membantu promosi bisnis para pemula, lho! Seperti yang sudah disinggung sebelumnya mereka cenderung memiliki engagement yang lebih besar ketimbang macro atau mega influencer. 

Kelebihan Micro Influencer

Mereka para micro influencer diketahui sudah memiliki sasaran pengikut dengan kriteria tertentu, dan biasanya mereka juga memiliki niche yang lebih terfokus, sehingga hubungan si influencer dengan pengikutnya akan cenderung lebih intens dan interaktif, yang mana hal ini kemudian mendorong engagement rate yang tinggi, dan tentunya akan sangat bermanfaat apabila digunakan untuk promosi produk bisnismu. 

Selain dari segi kefokusan dan engagement, dari segi budget atau biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membayar jasa micro influencer dalam hal promosi bisnis juga lebih menguntungkan, karena mereka para micro influencer biasanya akan mematok tarif biaya yang lebih rendah ketimbang mereka yang sudah memiliki followers hingga ratusan ribu. 

Jadi, bagaimana? Apakah kamu kira-kira tertarik untuk menggunakan jasa micro influencer dalam mempromosikan brand mu? Kalau iya, mari intip sejumlah nama micro influencer Indonesia yang wajib kamu ketahui!

Deretan Micro Influencer Indonesia

1. Samantha Hana (@samanthaahana)

Influencer sekaligus model cantik bernama Samantha Hana ini memiliki jumlah followers sebanyak 36,2k di Instagram. Melalui platform Instagramnya tersebut Samantha seringkali membagikan aktivitas kehidupan sehari-harinya di Jakarta dan Bali. Samantha juga diketahui pernah bekerja sama dengan sejumlah brand di berbagai bidang, mulai dari brand kecantikan, makanan, hingga fashion.

2. Alma Azzahra (@almaazzhh)

Gayanya yang anggun dan natural, serta unggahannya yang terlihat estetik di Instagram membuat para pengguna menjadi mudah terpikat dan tertarik untuk mengikuti Alma di Instagram. Hingga kini, Alma diketahui memiliki pengikut sejumlah 16,1k followers. Melalui pengaruhnya tersebut, Alma seringkali bekerja sama dengan beberapa brand dan online shop untuk mempromosikan produk mereka, seperti skincare, fashion hijab, dan makanan.

3. Amanda Mareth (@mareth__a)

Meski hanya memiliki followers sebanyak 10,9k, Amanda memiliki pengaruh yang cukup kuat di Instagram, terutama di bidang fashion seperti thrift shop dan local brands. Gayanya yang edgy membuat para pengikut mudah untuk terpengaruh pada berbagai produk yang digunakan atau dipromosikan oleh si cantik Amanda. 

4. Safanah Yasmien (@safanahyasmien)

Dengan paras yang cantik, gaya yang keren, dan juga memiliki talenta bernyanyi membuat Safanah Yasmien berhasil menggaet followers sebanyak 16,2k di Instagramnya. Sehingga tak jarang Safanah menggunakan media sosialnya untuk mempromosikan sejumlah produk dari beberapa local brand.

5. Mustika Riana (@rustikamiana)

Kalau kamu memiliki brand di bidang kecantikan, dan sedang mencari micro influencer yang cocok untuk promosi bisnismu, kamu bisa cek akun dari Mustika Riana. Memiliki jumlah followers sebanyak 23,8k, Mustika sering memanfaatkan pengaruhnya di Instagram untuk mempromosikan sejumlah produk feminin, seperti makeup, skincare, softlens, serta produk hijab fashion lainnya. 

Untuk kamu yang tertarik membaca lebih banyak soal influencer, media sosial, dan berbagai hal lainnya, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik dan rasakan manfaatnya!

Nah, itu dia penjelasan terkait micro influencer, dan beberapa deretan nama micro influencer Indonesia yang dapat kamu tengok untuk boosted up performa bisnismu. Semoga bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!