5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menulis Review Produk

Siapa di sini yang suka memantau aplikasi online untuk belanja? Ketika kamu ingin berbelanja, pastinya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan selain harga dan stok barang.

Yap! Tentu saja produk review dari dari pelanggan lain yang sudah pernah berbelanja di tempat tersebut. 

Biasanya, kalau reviewnya banyak yang positif dan rating bintangnya bagus, barulah kita memutuskan untuk membeli barang tersebut.

Nah, untuk kamu calon bisnis owner, Socialights telah merangkum hal-hal apa saja yang harus kamu perhatikan saat membuat review agar tulisan reviewmu mudah orang-orang pahami.

Apa itu Review Produk?

thumbs up and down on review

Review produk adalah ulasan atau testimoni mengenai kualitas suatu produk barang atau jasa berdasarkan pengalaman faktual pengguna. 

Teknisnya, seseorang menggunakan suatu produk, kemudian menuliskan pengalaman tersebut serta memberikan penilai berdasarkan tingkat kepuasaan yang ia rasakan.

Tujuan Mereview Produk

check list on emoticon

Berikut adalah tujuan mereview sebuah produk:

  1. Untuk membantu pengguna lain mendapatkan informasi produk yang akan mereka beli.
  2. Membangung brand awareness suatu produk, karena nyatanya review dari pelanggan jauh lebih dapat dipercaya dari sekedar tampilan website yang menarik.
  3. Meyakinkan pelanggan untuk segera melakukan pembelian.
  4. Tujuan review produk dari pelanggan lainnya adalah yakni sebagai bahan evaluasi bagi para penjual. Evaluasi harus dilakukan demi terciptanya produk yang berkualitas. 
  5. Sebuah review produk juga akan membantu meningkatkan penjualan. Bagi pelanggan yang puas, mereka pun akan lebih mungkin untuk melakukan pembelian kembali.

Baik itu review positif atau negatif, jadikan hal tersebut sebagai alasan produkmu harus tetap berkembang dan terus mengeluarkan ide-ide terbaik.

Apa yang Diinginkan Pembaca dari Sebuah Review Produk?

laptop with hands typing

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya yang pembaca inginkan dari review produk tersebut? Berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

  • Pembaca ingin tahu kesan pertama pemakaiannya.
  • Pengalaman penggunaanya.
  • Pro dan kontra produk tersebut.
  • Siapa sasaran produk.
  • Bagaimana kualitas dan keefektifan produk.
  • Serta saran dan rekomendasi penggunaan.

SocialTester by Socialights

Jika Kamu ingin membuat review produk, sekarang Socialights juga memiliki program baru bernama SocialTester yang bisa Kamu manfaatkan untuk mendapatkan produk secara gratis untuk direview. Gimana, menarikkan?  

Untuk mengetahui lebih lanjut kamu bisa langsung download aplikasi Socialights dan daftarkan diri kamu menjadi SocialTester ya.

Play Store Download Button
App Store Download Button

Cara Menulis Review Produk

Sering kan liat review yang asal-asalan di kolom review sebuah marketplace atau aplikasi penjualan lainnya? Niatnya mau membantu malah jadi membingungkan karena informasi yang di copy begitu saja dari tempat lain. 

Berikut ini beberapa cara atau panduan ketika kamu ingin membuat produk review yang bisa membantu orang lain dalam keputusan pembelian yang lebih baik.

1. Selalu melakukan riset 

Ada dua riset yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

  • Riset data primer, yang berarti Kamu bakal ngumpulin data berdasarkan pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain yang juga menggunakan produk tersebut.
  • Riset data sekunder, yang berarti Kamu ngambil data dari sumber-sumber berupa buku, jurnal atau website. 

2. Cobain atau uji dulu

Kamu sebaiknya melakukan uji coba sendiri terlebih dahulu produk yang akan kamu review.

Misalnya, mau mereview sebuah produk makanan, berarti Kamu harus mencicipi makanan tersebut terlebih dulu.

Ingin mereview sebuah gadget? Paling tidak kamu akan melihat-lihat fitur gadget tersebut. 

Oh iya, SocialTester by Socialights akan memberikan kurun waktu tertentu untuk melakukan uji coba terhadap produk Socialty agar review produk yang kamu berikan terasa lebih faktual.

3. Riset audiens

Kamu juga perlu mengetahui produk tersebut biasanya digunakan oleh siapa. Karena ini akan menentukan cara kamu membawakan review yang kamu buat. Contohnya, apabila produk itu diperuntukkan untuk orang awam, maka sebaiknya kamu  menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak terkesan terlalu teknis. 

4. Menambahkan konten visual

Jika audiens kamu adalah anak muda dan pelajar, maka melengkapi review dengan konten visual menjadi salah satu kewajiban. Jadi, walaupun sebaik nya ketika kamu membuat review, Kamu bisa menambahkan foto atau video ke dalam konten kamu.

5. Call To Action

Call To Action atau CTA termasuk bagian yang sangat penting dalam me-review produk. Maksud dari CTA di sini adalah dalam me-review,  adanya kalimat ajakan yang dapat mengundang para pembacanya untuk mencoba atau membeli produk yang diulas. 

Itu dia beberapa tujuan review produk. Menulis review memang memerlukan keterampilan dalam memetakan apa yang kamu rasakan. Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk dapat menghasilkan review produk yang baik. Jadi, terus berlatih ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!