Mengenal Voice over dan Peranannya

Apakah kamu sering menjumpai video pada media sosial yang menggunakan tambahan audio berupa narasi? Seperti pada video di media sosial TikTok ataupun video Instagram reels dan IGTV. Jika pernah, maka kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah voice over. Voice over (VO) adalah teknik produksi video yang menggunakan tambahan suara di luar narasi (non-diegetik). Selain pada video di media sosial, teknik voice over juga seringkali digunakan pada radio, televisi, film, teater, atau presentasi. Bagi kamu yang ingin mengenal apa itu voice over dan informasi lengkap lainnya, yuk baca tulisan kami sampai akhir!

Seorang voice over

Secara lebih terperinci, voice over adalah sebuah teknik produksi yang merekam suara dari perspektif luar. Keberadaan voice over bertujuan menceritakan sebuah narasi atau memberikan informasi. Peran voice over pada sebuah video ataupun suara ialah memberikan kenyamanan kepada audiens yang menonton dan mendengarkannya. Keberadaan voice over pun sudah tersebar di kehidupan sehari-hari. Cobalah ingat lagi kapan terakhir kali kamu menonton atau mendengarkan sesuatu dan mendengarkan suara di luar layar. Hal yang kamu tonton atau dengar tersebut adalah bentuk dari voice over itu sendiri.  

Ketahui Fungsi-Fungsi Voice Over Pada Suatu Karya!

Terdapat perbedaan fungsi voice over bergantung kepada bentuk karyanya. Seperti pada video komersial, voice over artist memiliki fungsi dalam memberikan informasi terkait jasa dan produk. Pada acara televisi ataupun film, voice over artist berfungsi dalam menceritakan elemen tertentu dan mengisi suara dialog pada sebuah tontonan. Pada bidang jurnalistik, voice over digunakan untuk melengkapi penjelasan dalam suatu video. Pada bidang edukasi, voice over digunakan untuk menerjemahkan, pembuatan video instruksional, dan audiobook

Apa Aja Sih, Tugas dari Voice Over Artist?

Setiap profesi pun memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Bagi kamu yang penasaran dengan tugas dari para penekun voice over, berikut adalah rincian tugas mereka.

Tugas seorang voice over
  • Membacakan naskah rekaman

Pada naskah rekaman, kamu harus membaca dan mengerti terlebih dahulu konteks dari naskah tersebut. Setelah mengerti naskah milikmu, kamu dapat menyesuaikan intonasi dan emosional yang akan kamu berikan saat kamu membacakannya. Naskah rekaman juga mengandung informasi tambahan dan unsur visual. 

  • Memberikan informasi kepada pemirsa

Seperti bentuk komunikasi lainnya, seorang voice over artist memiliki kewajiban dalam memberikan informasi kepada pemirsanya. Voice over artist memiliki tanggung jawab dalam menentukan intonasi dan nada yang tepat guna menyampaikan pesan. Pada jasa voice over pada iklan, voice over artist dapat memberikan informasi produk dan jasa dengan cara yang engaging.

  • Merangkap suara kamu

Pada peran tertentu, voice over artist harus memberikan suara khusus. Penggunaan suara khusus ini memiliki tujuan yang beragam, seperti mendukung branding jasa dan produk dalam membuat iklan. Pada industri film, implementasi suara khusus digunakan saat mengisi suara karakter.

Kuasai Skill-skill Berikut Sebelum Menjadi Voice Over Artist!

Meskipun penerapan voice over terdengar mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang, seorang voice over memerlukan skill dan jam terbang yang tinggi. 

Skill yang dibutuhkan oleh voice over
  • Memperhatikan pelafalan

Voice over artist memiliki tanggung jawab dalam memberikan rekaman suara yang terbaik, salah satunya dengan memperhatikan pelafalan kalimat. Penggunaan pelafalan kalimat dapat mempengaruhi kenyamanan suara kamu untuk didengar audiens. Kamu dapat memulai latihan dengan berlatih mengucapkan kalimat tanpa bertele-tele.

  • Penggunaan tempo

Voice over artist harus memahami kecepatan yang tepat dalam berbicara. Dengan menguasai tersebut, kamu tidak akan membuat pendengar bosan karena berbicara terlalu lama ataupun kesulitan menerima informasi akibat berbicara terlalu cepat. 

  • Pemakaian Intonasi dan Penekanan

Pada saat voice over artist merekam suara mereka, penting sekali untuk memperhatikan intonasi dan penekanan. Kedua unsur ini pun memang penting untuk berbagai bentuk komunikasi verbal, terutama bagi voice over artist yang memang ahli pada bidang tersebut. 

  • Menemukan karakteristik suara

Kepemilikan karakteristik suara juga akan membantu voice over artist dalam mendalami peran saat mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan berakting. Melalui karakteristik suara, suara voice over artist dapat terdengar lebih ‘hidup’ dan menarik.  

Setelah mengetahui apa itu voice over dan informasi penting lainnya, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang voice over artist?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!